11 Tips Menemukan Ide Menulis Cerita

Ide menulis cerita

Memunculkan ide menulis cerita ternyata tidaklah mudah. Penulis yang memiliki jam terbang saja masih kesulitan menemukan ide menulis cerita. Apalagi bagi penulis pemula. Ternyata menemukan sebuah ide dibutuhkan keterampilan dan butuh diasah. 

Jadi buat kamu nih yang sedang menekuni dan mendalami ilmu tentang kepenulisan, perlu mengasah panca indra. Oh iya, berbicara bagaimana seorang menemukan ide menulis cerita mereka ada banyak cara yang beragam. Kita tahu bahwa setiap manusia itu pribadi yang unik. Setiap pribadi manusia itu memiliki teori hidupnya sendiri-sendiri. 

Jadi pada artikel kali ini saya akan berbagi ide menulis cerita. Dimana tips di bawah ini bukanlah ilmu mutlak, melainkan perspektif berbeda. Apa saja si Tips menemukan ide menulis? Yuks langsung kita simak. 

Tips Menemukan Ide Menulis

Pertanyaan klasik bagi penulis pemula yang sering saya terima adalah bagaimana sih menemukan ide menulis? Secara umum, kamu bisa menemukan ide menulis dengan beberapa tips berikut ini. 

1. Perbanyak Membaca Buku

Tips umum yang bisa juga kamu lakukan agar menemukan ide menulis adalah banyak membaca buku. Membaca adalah jendela dunia. Membaca adalah sumber utama menambah pengetahuan, dan perspektif baru. 

Semakin banyak buku yang kamu baca, semakin banyak pula informasi dan ilmu yang akan kamu dapatkan. Ilmu yang tersimpan di dalam otak ini lah yang akan merangsang kita untuk berfikir kritis, dan menganalisa. Dari hasil olah berpikir inilah yang memudahkan kamu menemukan ide-ide menulis. 

2. Jalan-Jalan

Sebenarnya ada banyak sekali cara menemukan ide menulis. Salah satunya dengan jalan-jalan. Tahukah kamu, ternyata jalan-jalan juga melatih otak kita untuk berfikir kritis dan merangsang otak kita berkembang. 

Konon katanya, saat kita melewati jalanan yang tidak biasa dan belum pernah kita datangi, dapat melatih ketajaman otak kita. Sementara dari pengalaman pribadi, saat saya berkendara atau sedang piknik, justru banyak sekali ide-ide bermunculan secara spontanitas. 

Ide yang muncul pun terbilang abstrak. Nah, jika kamu mengalami pengalaman yang sama, kamu cukup mencatat ide tersebut ke ponsel. Agar sewaktu-waktu kita siap menulis, kita bisa tinggal mengembangkan. 

3. Angkat Pengalaman Pribadi

Ide menulis cerita juga dapat dilakukan dengan cara mengangkat pengalaman pribadi. Ini cara yang paling mudah dan paling banyak dilakukan oleh penulis-penulis pemula. Barangkali kamu juga bisa mencoba cara ini. 

Bisa juga mengangkat pengalaman dari orang lain yang kemudian diotak-atik dengan imajinasi yang kamu miliki, agar lebih hidup dan menarik. Menuliskan pengalaman pribadi tanpa dibubuhi imajinasi dan emosi, justru terkesan tulisan monoton dan membosankan. Tentu saja kemampuan mengolah kata, kalimat dan pengolahan majas juga perlu.

4. Menonton Film

Sebenarnya tips menemukan ide tidak harus dilakukan dengan cara-cara serius seperti membaca buku, atau melakukan penelitian. Bisa juga dengan hal-hal menarik dan seru bagi kamu. misalnya menonton film. 

Ternyata menonton film juga salah satu tips jitu mendapatkan ide menulis. Hanya saja, pastikan untuk meminimalisir kesamaan ide pada film yang sedang ditonton. Karena nanti bisa masuk ke pelanggaran karena sudah menjiplak karya orang lain. Hal-hal seperti ini harus dihindari. 

5. Bertemu Orang Baru

Dari kegiatan sepele dan lumrah, seperti bertemu dengan orang baru pun juga dapat membantu menemukan ide cerita loh. Saat kita bertemu dengan orang lain, kita akan berinteraksi dan bertukar cerita. 

Seringkali saat kita bertemu dengan orang lain, tidak sekedar bertegur sapa. Tetapi juga kita saling bertukar informasi dan pendapat. Setidaknya kita dapat memperoleh pandangan baru dalam menyikapi permasalahan. Hal-hal baru dari orang lain inilah yang akan mendorong kita untuk berpikir kritis, dan dapat dijadikan sebagai ide cerita yang inspiratif dan memiliki nilai manfaat bagi orang lain.

6. Mencari Mentor

Bisa juga dengan cara mencari mentor menulis. Barangkali ada yang bertanya, gimana cara mentor menulis? Ada banyak cara sebenarnya. Bisa dengan mencari mentor spesialis menulis. Jika kamu tidak punya cukup uang untuk membayar mentor, kamu bisa melakukan saran yang perna saya lakukan dulu. 

Yap, betul sekali. Mengikuti atau melamar ke media cetak, media surat kabar atau komunitas tulis menulis. Memang untuk bisa masuk salah satu dari mereka butu seleksi panjang dan dibutuhkan keseriusan. Nah, jika kamu berhasil lolos dan masuk menjadi bagian di dalamnya, maka kamu bisa bekerja sekaligus belajar tentang dunia pertulisan. 

7. Mendengarkan Lagu

Cara menyenangkan mendapatkan ide menulis yang mungkin sering kamu lakukan. Yap, benar sekali! Mendengarkan lagu. Jadi ketika mendengarkan lagu ternyata dapat membantu menstimulasi otak kita untuk merenung, berpikir dan akhirnya melahirkan ide menulis cerita. 

Caranya gimana? Caranya mudah kok. Rahasianya nikmati saja music dan lirik lagunya. Kemudian resapi dan rasakan. Jangan paksakan diri HARUS MENDAPATKAN IDE. Nikmati saja. ikuti pengalaman perasaan kamu mendengarkan lagu. Biarkan otak santai sambil mendengarkan. Maka ide pun lebih muda muncul. 

8. Mencari Tempat Paling Nyaman

Buat kamu yang tipe introvert, yang suka keheningan, maka tips menemukan ide menulis cerita dapat dilakukan dengan cara mencari tempat paling nyaman. Jika betah dirumah saja, dan bisa menemukan banyak ide di rumah, kenapa harus mengikuti beberapa tips yang disebutkan sebelum-sebelumnya? 

Jadi tips memperoleh ide menulis cerita setiap orang itu berbeda-beda. Definisi setiap orang terhadap kata nyaman pun berbeda. Orang introvert mendefinisikan “Nyaman” dalam maksud sepi, tidak bising dan lain sebagainya. Sebaliknya, orang-orang ekstrovert mendefinisikan “nyaman” sebagai situasi yang rame, berkumpul bersama teman, keluar kesana dan kesini. 

9. Perbanyak Riset

Buat kamu yang suka dengan hal-hal sains, ilmu pengetahuan yang sifatnya objektif dan mengutamakan data dalam menulis cerita. Maka dengan cara melakukan riset bisa membantu kamu menemukan ide menulis. 

Berbicara tentang cara melakukan riset ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan. Misalnya dengan membaca-baca buku, melakukan penelitian, melakukan observasi dan melakukan wawancara. Umumnya cara ini dilakukan agar mendapatkan ide cerita yang menarik, dan tidak asal-asalan. 

Jadi membuat cerita fiksi itu ada yang dibuat berdasarkan imajinasi secara utuh. Ada juga yang menggabungkan antara imajinasi pengarang, kemudian dikolaborasikan dengan data yang suda ditemukan si pengarang. Tentu saja pengemasan dan penulisan data tidak ditulis secara objektif, tetapi dikemas tetap renyah dan enak untuk dinikmati. 

10. Suasana Sedang Patah hati/kecewa/sedih 

Ide menulis cerita tidak melulu kamu peroleh dengan cara-cara bahagia, senang, fokus dan dalam kondisi nyaman. Namun dalam kondisi sedih, patah hati dan kecewa juga moment terbaik untuk mendapatkan ide menulis. 

Orang yang habis patah hati/sakit hati ataupun kecewa, tiba-tiba pandai menulis update status. Tiba-tiba pandai pandai menjadi seorang penyair di status dan stori. Mendadak banyak orang menjadi seorang penulis handal saat hati terluka dan patah hati. Sayangnya, mereka buang di story dan di status media sosial mereka. 

Mungkin akan lebih menarik jika dituangkan dalam sebuah cerpen ataupun buku. Kemudian dari hasil tersebut dapat dikirimkan ke surat kabar, tabloid atau media elektronik. Lumayan, jika dimuat kamu bisa mendapatkan sedikit fee untuk jajan. Dan cara ini adalah cara positif meluapkan emosi negatif. Dan ini juga berlaku bagi mereka yang dalam kondisi terlalu bahagia. 

11. Diskusi 

Diskusi yang berkualitas juga dapat membantu kamu menemukan ide menulis. Diskusi sebagai stimulus merangsang otak untuk berfikir bebas. Sementara bentuk stimulus itu sendiri sebenarnya ada banyak sekali. Setiap stimulus satu dengan yang lain memiliki respons yang berbeda-beda, tergantung pada perbendaharaan otak kita menampung informasi. 

Pada dasarnya ide itu akan lahir jika kita mau berfikir. Ide dapat muncul karena kebebasan berfikir. Maksudnya, tidak ada aturan dan kekangan yang mengharuskan untuk melakukan ini dan itu. 

Kreativitas itu lahir berkat adanya kebebasan untuk berfikir. Dengan kata lain, jangan memaksakan untuk mengeluarkan ide, justru lepaskan pikiran dan perasaan, biarkan informasi yang tersimpan di dalam otak kita berjalan, menganalisis dan pada akhirnya, munculnya satu ide. 

Rahasia Menjadi Seorang Penulis 

Setelah mengetahui tips menemukan ide di atas, ternyata banyak calon penulis yang memiliki ide-ide luar biasa. Namun sebagian dari mereka kesulitan untuk menuliskannya. Alasannya pun beragam, ada yang karena terbentuk alasan waktu, sibuk dan merasa takut ataupun kurang percaya diri. 

Rahasia menjadi seorang penulis itu 99% ditentukan oleh action. Ide menulis hanya 1% saja. Berdasarkan observasi kecil-kecilan yang saya lakukan selama mendampingi pelajar yang “katanya” ingin menjadi penulis, sebagian mereka terkendala ole action. 

Mereka memiliki ide brilian yang luar biasa. idenya banyak dan idenya bagus-bagus. Sayangnya, mereka tidak segera menuliskannya. Mereka takut untuk melangkah kan kaki mereka. Sementara yang secara ide biasa-biasa saja. namun karena ada dorongan “action” lebih besar, justru mereka yang biasa-biasa inilah yang lebih dulu melahirkan sebuah karya, meski masih ala kadarnya. 

Masalah karya yang ala kadarnya, menurut saya lebih bagus, dan ini setengah keberhasilan dari mereka. Karena mereka sudah berani melawan dan mengalahkan rasa takut pada diri mereka. saya tahu betul bagaimana perasaan pertama kali menulis. Tahu betul ketakutan-ketakutan yang terpikirkan di dalam kepala. 

Dimana apa yang kita cemaskan belum tentu terjadi. Jadi buat kamu yang memang memiliki dorongan memiliki karya. Entah itu karya cerpen, puisi atau buku, adalah keberanian untuk memulai. Jangan pedulikan isi tulisan yang mungkin saja typo, gagasan kurang menarik, gaya bahaya juga kurang tepat. Buanglah rasa takut seperti itu. 

Karena rasa takut yang dibiarkan dan dipelihara hanya akan menghambat kamu untuk segera menuliskannya. Jika kamu tipe orang yang sulit menemukan ide menulis cerita yang cemerlang, tidak apa-apa. Karena ide menulis yang sederhana pun kamu tetap bisa menulis. 

Cemerlang tidaknya ide, tergantung dari gaya bahasa dan alur yang kita buat. Sekeran apapun ide, dan sebanyak apapun ide yang kita peroleh, jika dari segi penyampaian, pembawaan alur cerita kurang menarik. Maka tulisan tetap akan monoton dan begitu-begitu saja. 

Nah, semoga sedikit ulasan tentang ide menulis cerita dari Bukunesia tidak hanya memberikan wawasan dan pengetahuan tentang dunia tulis menulis. Tetapi juga memotivasi kamu agar fokus berani menulis.

Penulis: Irukawa Elisa

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram

Artikel oleh

Artikel Terbaru