Amalan Penenang Hati Jika Sedang Gelisah

Salat Tahajud untuk Ketenangan

Siapa sih yang tidak pernah gelisah? Perlu yang namanya kegiatan atau amalan penenang hati yang mudah diamalkan oleh umat muslim. Apa aja? Nah, mari kita bahas dalam artikel penting berikut ini.

Suatu kewajaran apabila seseorang merasakan kegelisahan dalam jiwa manusia. Nah, merasa putus asa dan sedih inilah pasti akan menimpa semua manusia sebab kita banyak keinginan yang harus dipenuhi. Kadang kala ekspektasi tidak sesuai dengan yang kita harapkan membuat kita gelisah dan gusar.

Terus bagaimana dong, cara menenangkan hati atau kalbu yang sedang mengalami kegelisahan? Sebab, saat hati gelisah maka akan susah sekali untuk bersyukur dan mendapatkan hal-hal yang seharusnya bisa positif dan malah menjadi negatif.

Tidak seperti masalah pada keuangan yang harus kerja untuk menutupi, atau sakit badan harus berobat ke dokter. Kegelisahan ini obatnya ya dekat dengan Sang Penciptanya, entah itu dengan selalu ibadah, berdoa maupun dengan cara beramal. Sebab, ketenangan yang utama diberikan oleh Allah SWT sebagai tuhan semesta alam.

Amalan Penenang Hati yang Mudah Diamalkan

Banyak jalan menuju roma dan banyak cara untuk menenangkan hati yang bermasalah dan bergelisah. Apa saja caranya? Berikut ini beberapa rangkuman yang bisa menjawab masalah tersebut.

1. Senantiasa Memanjatkan Doa

Cara yang pertama adalah kita harus senantiasa memanjatkan doa untuk mendaptakan ketenangan jiwa karena kegeliasahan dunia. Sebab, hanya Allah SWT yang bisa memberikan kita jalan untuk mencapai ketenangan jiwa tersebut. Salah satunya Q.S. Al Baqarah, Ayat 250.

وَلَمَّا بَرَزُوْا لِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ قَالُوْا رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا

ۗوَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya: Dan ketika mereka maju melawan Jalut dan tentaranya, mereka berdoa, “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

2. Tetap Sabar

 Allah SWT telah berfirman dalam Q.S. Ayat 153,

اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar. Nah, dengan selalu mengutamakan kesabaran yang nomor satu, maka kita akan menghindari amarah yang menjerumuskan kepada pilihan yang salah. Apabila memang ada masalah keraguan, tetap yang pertama harus sabar.

banner-di-artikel (1)

3. Membaca dan mendengarkan Alquran

Cara mustajab yang paling mudah dan hasilnya besar adalah dengan membaca Al Quran. Nah, ini merupakan salah satu obat yang paling mujarab. Al Quran disebut juga sebagai asy-syifa yang artinya obat penyembuh. Manfaat membaca Al Quran, membuat hati menjadi tenang, bisa lebih santai dan bisa lebih lebih tentram.

4. Perbanyak Dzikir

Dzikir berasal dari kata dzakara yang artinya menyebut atau menuturkan lafadz Allah. Dalam Dzikir, kita diajak selalu menyebut nama Allah SWT, selalu mengangungkan-Nya sebagai seorang pencipta dan memohon ampun dengan istighfar.

Dzikir yang bisa dibaca antara lain:

  • Lafadz Istigfar
  • Lafadz Hamdalah dan Subhanallah
  • La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin
  • dan masih banyak lagi ya. Tidak terbatas pada lafadz diatas aja.

5. Membaca Sholawat Atas Nabi

Amalan penenang hati yang kelima adalah dengan membaca sholawat nabi. Apalagi jika dilantunkan dengan nada yang santai dan menenangkan jiwa. Selain kita mendapatkan syafaat kita juga mendapatkan ketenangan jiwa karena mendapatkan keberkahan atas Nabi Muhammad SAW.

6. Salat Tahajud

Cara terkahir adalah dekat dengan Allah SWT di sepertiga malam. Ketika Nabi Muhammad SAW ditanya mengenai salat yang paling utama, Beliau menjawab “Salat Tahajud”.

“Sholat manakah yang paling utama setelah shalat wajib?” Rasulullah menjawab: ”Shalat tahajud.” (HR Muslim).

Pertama, ibadah di sepertiga malam sangat tenang untuk mendapatkan suasana yang nyaman dan tentram. Artinya, ketenangan bisa terwujud ketika kita ibadah pada malam hari. Kedua, kita bisa berkeluh kesah dengan Allah SWT lebih dekat sebab kita bisa lebih depan daripada yang lain dalam mendekatkan diri kepada-Nya.

Artinya, salat sunnah yang utama tahajud juga salat sunnah yang paling disukai oleh Allah SWT. Banyak sekali keajaiban ketika kamu mau mengerjakannya secara rutin. Sebelumnya, saya sudah rangkum dalam artikel Keajaiban Salat Tahajud 7 Hari 7 Malam.

Terus bagi yang belum bisa salat tahajud, perlu panduan atau banyak pertanyaan mengenai salat tahajud yang mengganjal bagaimana? Santai, sebab ada buku yang bisa menjawab semua problematikamu terkait ketenangan jiwa dan tahajud di Buku 2 Rakaat Dulu Aja.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Amalan Penenang Hati Jika Sedang Gelisah

Salat Tahajud untuk Ketenangan