Cara Agar Sholat Khusyu Saat Menghadap ke ALLAH SWT

cara agar sholat khusyu
promo tahun baru 30%

Dalam menjalankan ibadah sholat, umat Muslim wajib melakukan sholat dengan khusyu agar ibadah sholatnya diterima dan dianggap sah. Sayangnya, fokus atau khusyu saat sholat ini sulit dilakukan bagi beberapa orang. Lalu bagaiamana cara agar sholat khusyu?

Pada dasarnya, fokus atau khusyu dalam sholat yang dimaksud artinya segala pikiran, jiwa, dan raganya dipusatkan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Sehingga saat menjalankan ibadah sholat, pikiran kita menjadi terarah dan fokus beribadah dan tidak memikirkan hal lain atau melenceng ke hal lainnya.

Khusyu sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu خَشَع- يَخْشَعُ- خُشوعاً yang secara bahasa artinya tunduk, takluk, dan juga menyerah. Khusyu dalam menjalankan ibadah sholat merupakan salah satu keberuntungan yang didapatkan oleh seorang Muslim. Seperti halnya yang dijelaskan di dalam firman Allah SWT sebagai berikut:

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ, الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلَاتِهِمْ خٰشِعُوْنَ

Artinya: “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyu’ dalam shalatnya.” (QS. Al-Mu’minun: 1-2)

Tujuan dari menjalankan ibadah sholat dengan khusyu agar kita mendapatkan ketenangan hati dan juga dapat menundukkan pandangan mata dan dapat merendahkan diri di hadapan Allah SWT, Sang Pencipta.

Cara Agar Sholat Khusyu

Lalu bagaimana cara agar kita dapat menjalankan ibadah sholat dengan khusyu? Berikut adalah cara gar sholat kamu khusyu dan diterima oleh ALLAH SWT:

1. Menyiapkan diri sebelum sholat

Agar Anda dapat menjalankan ibadah sholat dengan khusyu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan diri sebelum sholat. Pertama, yang harus dilakukan adalah menyempurnakan wudhu, kemudian mengenakan pakaian yang bersih dan baik, dan menyegerakan pergi ke masjid dengan tetap tenang dan tawadhu, sembari menanti waktu ibadah sholat ditegakkan dengan membaca dzikir atau Al-Quran.

Kemudian saat sudah menjalankan ibadah sholat, jalankan dengan fokus dan tidak terburu-buru baik itu dalam bacaan maupun gerakannya.

2. Bersikap tenang dalam sholat

Hal selanjutnya yang harus dilakukan agar kita dapat menjalankan ibadah sholat dengan khusyu adalah bersikap tenang saat menjalankan ibadah sholat. Para ulama biasa menyebut hal tersebut sebagai istilah tuma’ninah. Artinya, kita harus menyempurnakan kembali posisi anggota tubuh dalam setiap gerakan sholat.

Misalnya saat melakukan takbir, Anda harus mengangkat tangan dengan tenang dan tidak terburu-buru, lalu letakkan kembali posisinya semula secara sempurna. Begitu juga dengan gerakan-gerakan lain yang harus dilakukan dengan tenang dan tidak terburu-buru atau secara berlebihan.

3. Menjalankan ibadah sholat sembari mengingat kematian

Cara ampuh menjalankan ibadah sholat dengan khusyu adalah dengan mengingat kematian. Cara ini dianggap paling ampuh dan manjur agar setiap orang menjalankan ibadah sholat dengan khusyu.

Hal ini karena dengan melepaskan berbagai ikatan di dunia dan juga menghadirkan kematian saat menjalankan ibadah sholat, maka akan membuat seseorang berusaha memperbaiki sholatnya menjadi lebih baik dengan tujuan agar ibadahnya dapat diterima oleh Allah SWT.

4. Berusaha memahami bacaan yang ada di dalam sholat

Meski kita tak bisa sepenuhnya langsung bisa memahami makna dalam bacaan sholat, tetapi setidaknya, Anda harus belajar memahami bacaan yang ada saat menjalankan ibadah sholat. Sehingga saat sholat, Anda tak hanya membaca surat dan bacaan lainnya tetapi juga memahami makna dan artinya.

Dengan demikian, biasanya umat Muslim akan tersentuh dan bahkan menangis ketika membaca dan juga mendengar lantunan ayat suci. Akan tetapi akan jauh berbeda rasanya jika Anda hanya menjalankan sholat tanpa mengetahui makna dan bacaannya. Oleh sebab itu, berusahalah sedikit demi sedikit untuk memahami makna dan arti pada bacaan sholat agar bisa mendapatkan kekhusyuan dalam menjalankan ibadah sholat.

5. Bertaubat kepada Allah SWT

Sholat adalah menjadi cara yang paling tepat di mana seorang hamba berkomunikasi dengan Sang Penciptanya. Oleh sebab itu, manfaatkan momen ibadah sholat ini untuk melakukan taubat atas berbagai perbuatan menyimpang yang telah Anda lakukan. Dengan demikian, maka Anda akan lebih khusyu dalam menjalankan ibadah sholat.

6. Sholat di awal waktu

Agar Anda khusyu dalam menjalankan ibadah sholat, hal utama yang tak boleh dilalaikan adalah menunaikan sholat di awal waktu secara berjamaah. Cara tersebut akan menambah tingkat kekhusyuan seseorang dalam menjalankan ibadah sholat. Hal ini karena waktu sholat yang masih panjang maka Anda akan merasakan ketenangan ketika sudah menjalankannya.

Berbeda jika Anda melakukan sholat di akhir waktu, tentu Anda akan tergesa-gesa sehingga tidak khusyu dalam menjalankan ibadah sholat.

Itulah 6 cara agar sholat kamu khusyu dan bisa tenang ketika setelah melaksanakan sholat. Jika kamu masih belum tenang kamu bisa melaksanakan sholat sunnah juga untuk menutupi kekuranganmu saat melaksanakan sholat 5 waktu.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Cara Agar Sholat Khusyu Saat Menghadap ke ALLAH SWT

cara agar sholat khusyu