Cara Agar Tidak Takut Sholat Tahajud, Ini Tipsnya!

Cara Agar Tidak Takut Sholat Tahajud
banner-download-ebook

Siapa yang takut sholat tahajud? Nah, berikut ini ada 3 hal penting supaya tidak takut sholat tahajud dan juga bisa khusu’ dalam ibadah.

Kita tahu bahwasanya mental setiap orang berbeda-beda. Ada yang takut dengan makhluk halus, seperti penampakan setan atau semacamnya. Ada juga yang tidak memiliki rasa takut terhadap mahluk halus sama sekali. Ada juga yang sebaliknya, ada orang yang justru lebih takut dengan jenis hewan tertentu daripada takut dengan makhluk halus. 

Jadi, rasa takut terhadap sesuatu hal setiap orang tidak perlu saling menjatuhkan. Karena pada prinsipnya setiap orang memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Terlepas dari alasan rasa takut, ternyata umumnya orang yang menanyakan bagaimana cara agar tidak takut sholat tahajud, karena takut makhluk halus, atau mungkin ada yang takut dengan kegelapan. 

Terlepas dari berbagai macam alasan takut sholat tahajud, namun memiliki dorongan ingin sholat, kamu bisa intip beberapa cara agar tidak takut sholat tahajud lagi. Penasaran? Simak ulasan berikut. 

Mengapa Seseorang Takut Sholat Tahajud?

Tidak dapat dipungkiri ada banyak faktor penyebab, kenapa orang takut terhadap sesuatu hal. Ada yang takut karena memang pengalaman traumatis atau memang takut karena pikiran yang tumbuh pada diri sendiri. 

Ada pula orang yang tidak memiliki rasa takut sama sekali. Ketika melihat orang-orang yang memiliki ketakutan seperti diatas, mereka mungkin hanya akan tertawa. Karena menganggap itu hal yang lucu. Namun bagi yang memiliki pengalaman traumatis dan memiliki ketakutan besar, tentu ini bukanlah hal yang sepele.

Bentuk rasa takut tiap orang pun berbeda-beda. Salah satu contohnya, rasa takut sholat tahajud karena faktor traumatis terhadap penampakan mahluk halus, atau takut dengan kegelapan. Bisa jadi karena dulu, jauh di masa lalunya (mungkin saja saat dia masih kecil) pernah mengalami pengalaman yang menakutkan, yang membuatnya merasakan ketakutan luar biasa. 

Jika rasa takut yang disebabkan oleh pengalaman traumatis, ini lebih sulit dihilangkan. Karena biasanya orang yang mengalami traumatis tidak mengetahui penyebab atau pemicu munculnya trauma. Salah satu solusinya adalah memeriksakan ke psikolog, atau 

Adapun mengapa seseorang takut sholat tahajud yang dipengaruhi hal-hal diluar takut dengan pengalaman traumatis. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Lemah iman
  2. Awam ilmu agama, karena ketidaktahuan terhadap agama tentang makhluk gaib, menjadikan makhluk lain menjadi hal yang menakutkan dan mengancam dirinya. Karena apa?Karena tidak tahu ilmunya. 
  3. Duniawi menjadikan pikiran dan hati tertutup, sehingga untuk melakukan hal-hal yang baik merasa berat dilakukan. 
  4. Budak nafsu
  5. Banyak makan minum dan haram juga akan mempengaruhi sensitivitas dan kepekaan seseorang. Sebaliknya, orang yang makan dan minum minuman yang halal, akan dilunakkan hati dan pikirannya. 
  6. Sering berbuat dosa

Dari beberapa alasan seseorang takut sholat tahajud di atas. Ternyata ada perspektif yang berbeda. Gus Baha dalam ceramahnya yang dipublikasikan di channel youtube Santri Gayeng.

Menceritakan kisah Abu Yazid Al-Busthami yang sangat senang solat tahajud, karena takut sisa Allah SWT. Karena beliau sangat senang sholat malam, Abu Yazid membenci orang islam yang hobinya hanya tidur saja. 

Lantas, suatu ketika Abu Yazid pun dipanggil Allah SWT. Singkat cerita, Gus Baha menyampaikan, kurang lebih bahwa belum tentu orang yang suka tidur itu buruk. Orang tersebut merasa berbaik sangka kepada Allah, bahwa Allah tidak akan menyiksanya. Allah pun ternyata bisa tersanjung dengan sangkaan hamba-Nya yang baik. 

“Kamu (Yazid) tahajud hanya karena takut. Seolah aku ini tukang siksa. Takut, terus tahajud,” cerita gus baha. Ia pun melanjutkan bercerita bahwa seolah Allah itu seperti polisi, orangtua, atau aparat yang ketat. Jika tidak tahajud, auto di siksa. “tidak seperti itu memandang Allah,” tegasnya. Intinya, perspektif Allah SWT itu tidak seperti cara pandang manusia.

Baca Juga: Keajaiban Sholat Tahajud 7 Hari 7 Malam

Cara Agar Tidak Takut Sholat Tahajud

Setelah mengetahui mengapa seseorang takut sholat tahajud, berikut ada beberapa cara agar tidak takut sholat tahajud lagi. Penasaran? Langsung simak ulasannya sebagai berikut.

1. Membersihkan Hati dan Sifat Dengki

Membersihkan hati dan sifat dengki salah satu cara tidak takut sholat tahajud. Salah satu alasan klise kenapa orang takut sholat tahajud karena hati penuh dengki. Banyak pikiran dan perasaan negatif terhadap orang lain ataupun banyak hal lain yang sifatnya lebih luas. 

Orang yang dengki condong memiliki keinginan yang bersifat duniawi, dengan kadar yang berlebihan. Dimana pola pikir atau teori yang tertanam segala hal yang bersifat dunia. Ketika disuruh untuk sholat tahajud, terasa lebih berat dikerjakan.

Maka dari itu, salah satu cara agar tidak takut sholat tahajud yang pertama kali adalah, membersihkan hati dan menghilangkan rasa dengki. Ketika hati bersih, pemikiran lebih positif. Prasangka terhadap orang lain selalu positif, dan setiap kali mengerjakan hal-hal kebaikan juga di ringankan. 

2. Angan-Angan Hal Positif

Cara agar tidak takut sholat tahajud yang kedua, pikirkan hal-hal yang baik, hal yang positif. Misalnya, memotivasi diri dengan membaca fadilah menjalankan sholat tahajud. Manfaat jangka panjang sholat tahajud dan masih banyak lagi yang bisa kamu jadikan motivasi. 

3. Memahami Keutamaan Sholat Tahajud

Berbicara tentang keutamaan sholat tahajud, ada banyak sekali. Diantaranya ditempatkan di tempat yang terpuji, menghapus dosa dan kesalahan, hati menjadi lembut dan rendah hati, sebagai jembatan masuk ke surga, menjaga kesehatan fisik, menghilangkan rasa malas, menjaga nafsu dan masih banyak lagi.

4. Keyakinan Kuat Allah Dekat dengan Kita

Cara agar tidak takut sholat tahajud, bisa dilakukan dengan meyakinkan diri. Bahwa segala kekuatan hanya Milik Allah. Mengimani adanya Allah SWT sang Yang Pemilik hidup, yang berhak menghendaki segala sesuatunya, terserah pada kehendakNya. 

Ketika pikiran, tubuh dan hati sudah menyatu dengan Allah SWT, segala hal yang membuat rasa takut akan hilang. Ketika yakin dengan Allah, tidak ada satupun yang membuat gentar. Ketika seorang hamba mencintai Tuhannya, segala apapun akan dilakukan tanpa pamrih. 

Salah satu bentuk dari rasa cinta Manusia kepada Tuhannya adalah, mendekatkan diri kepadaNya. Menjalankan kegiatan dan segala sesuatunya sesuai dengan niat yang tulus, ikhlas dan tanpa pamrih. 

5. Membaca Surat An-Nas

Saat sholat tahajud, ada beberapa bacaan dibaca. Selain membaca surat Al Fatihah, ada beberapa surat pendek, yaitu surat An Naas sebanyak tiga kali. Kamu juga boleh menambahkan surat pendek lain, yang memang kamu kuasai doannya. 

Akan lebih baik jika sholat tahajud dapat dimaknai artinya, agar merasuk dan mengena. Jadi tidak sekedar membaca surat-surat pendek saja. Tentu untuk bisa seperti itu, butuh latihan konsentrasi. Pastikan, luruskan niat.

Jalankan sholat tahajud karena Allah SWT, jangan sholat tahajud karena ada apa-apanya. Sebenarnya tiap niat melakukan sholat tahajud boleh apa saja. Satu hal yang pasti, jika kita menjalankan ibadah karena ada apa-apanya, saat tidak terkabul, jangan marah dan berontak. Untuk menghindari hal-hal semacam itu, jalani dengan hati ikhlas, lillahi Ta’ala. 

Itulah kelima cara agar tidak takut sholat tahajud. Semoga dari lima cara di atas bisa kamu coba lakukan. Atau mungkin kamu memiliki cara sendiri? Pada dasarnya, cara di atas hanya referensi. Tidak harus sama persis seperti itu. Karena setiap orang memiliki cara dan kemantapannya sendiri-sendiri. 

Buat kamu yang sudah mempraktekan sholat tahajud selama beberapa hari. Kemudian sudah merasakan fadhilah sholat tahajud. Boleh banget dituliskan di kolom komentar. Karena pengalaman kamu akan membantu banyak bagi teman-teman di luar sana yang masih mencari cara agar tidak takut sholat tahajud. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Baca juga: Ciri-Ciri Wanita Rajin Sholat

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Cara Agar Tidak Takut Sholat Tahajud, Ini Tipsnya!

Cara Agar Tidak Takut Sholat Tahajud