Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Dengan Menjual Novel

cara mendapatkan uang dari instagram
promo tahun baru 30%

Cara mendapatkan uang dari instagram dari menjual novel beberapa tahun belakangan banyak dicari-cari. Alasannya sederhana, karena sekarang banyak yang tertarik ingin mendapatkan uang tanpa harus bekerja kotor, keras dan jika perlu kerja bermain media sosial pun bisa dapat uang. 

Apalagi sekarang animo masyarakat terhadap digitalitasisasi sangat tinggi. Begitupun animo masyarakat memainkan media sosial sebagai ajang eksistensi diri, katarsis, agar update trend/perkembangan jaman. Nah, buat kamu yang juga ingin memanfaatkan instagram untuk menghasilkan uang. Berikut caranya. 

Membangun Kerjasama 

Cara mendapatkan uang dari instagram dengan menjual buku sudah pasti perlu membangun kerjasama dengan pihak perusahaan seperti bukunesia atau dengan brand tertentu. Bagi yang sudah memiliki follower banyak, mereka biasanya sudah dilirik oleh perusahaan atau produk tertentu. Meskipun demikian, kamu juga tetap bisa mengajukan kerjasama secara mandiri ke pihak perusahaan atau pemilik merek/produk loh. 

baca juga Cara Menulis Novel Trending dan Unik di 2023

Jika follower kamu tidak terlalu banyak, kamu bisa mengikuti manajemen atau mengikuti agensi seperti bukunesia, karena bukunesia mempunyai fasilitas memarkertingin bukumu juga di sosial media. Nah, keberadaan agensi inilah yang membukakan peluang kamu bisa mendapatkan tawaran membeli buku.

Mengikuti Program Afiliasi 

Adapun cara lain yang tidak terpatok pada follower yang tinggi. Cara ini adalah program afiliasi. Dimana siapapun boleh bergabung. Semakin tinggi follower, maka semakin tinggi pula potensi uang yang akan kamu dapatkan dalam menjual buku. 

Sistem kerja program afiliasi adalah kamu akan mendapatkan penghasilan berdasarkan orang yang membeli novel yang berhasil kamu tawarkan. Umumnya, kamu akan ngeshare link. Setiap ada yang mengklik link yang kamu share, dan membeli novel, maka kamu akan mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, jika link yang kamu share tidak ada yang klik dan cek out, maka kamu pun tidak akan mendapatkan keuntungan apapun. 

Mempromosikan Barang 

Tidak dapat dipungkiri jika cara mendapatkan uang dari instagram ada banyak cara. Salah satunya adalah mempromosikan barang dagangan sendiri. Jadi ketika kamu berhasil menjualkan novel di instagram, kamu akan mendapatkan keuntungan. Sistem ini seperti sistem reseller atau dropshipper. 

Ada juga yang mempromosikan barang dengan cara mencantumkan atau mengarahkan ke url ke toko online di marketplace. Sebenarnya ada banyak cara melakukan promosi barang dagangan. Tidak hanya melulu menggunakan foto. Kamu pun juga bisa membuat dalam bentuk video, atau dalam bentuk reels. 

Membuat Komunitas 

Sebagai bentuk update agar pengguna instagram merasakan keuntungan juga, maka pihak instagram pun akhirnya mengluarkan fitur baru berupa subscriptions (langganan) untuk para konten kreator. Subscription ini hadir untuk membantu kamu agar bisa menghasilkan uang dengan mempromosikan dengan konten2 yang membahas tentang novelmu. Sayangnya fitur ini mengharuskan pelanggan untuk membayar per bulan. Adapun kelebihan subscription, kamu bisa melihat konten eksklusif dar para konten kreator, dimana mereka pun juga mendapatkan subscriber badge di samping nama nya. 

Mengaktifkan Live Badge 

Cara mendapatkan uang dari instagram dari menjual novel dapat kamu lakukan dengan cara live badge. Mungkin ada yang asing dengan live badge? Fitur ini bisa dibilang adalah fitur penghasil uang bag influencer dan content creator. Caranya gampang, kamu cukup live di instagram. Jika ada follower yang ngefans, akan memberikan apresiasi berupa badge. Dimana pendapatan yang kamu peroleh dari live ini bagian dari bentuk rasa terimakasih saat siaran langsung 

Uangkan Konten Video Dengan Iklan 

Tahukah kamu, jika ternyata konten video yang sudah kamu buat di instagram dapat diuangkan dengan iklan in-stream loh. Berapa uang yang akan kamu dapatkan? Tentu saja bervariasi. Tergantung dari jumlah penayang video. Lalu bagaimana caranya? Kamu cukup mengaktifkan iklan video in-stream dengan mengatur di bagian setting. 

Kamu cukup masuk ke “account settings”, kemudian masuk ke “creator” dan barulah masuk ke “in-stream video ads”. Barulah pilih “get started”. Nah, kamu akan diarahkan pada persetujuan dan syarat ketentuan. Kemudian klik “allow monetization” dan kamu bisa klik continue. Maka semua pengaturan sudah selesai.

Dengan menonton saja bisa mendapatkan uang apalagi dengan orang yang menonton hingga beli novelmu, pasti kamu akan mendapatkan uang lebih banyak.

Jastip

Beberapa hari terakhir, jastip atau jasa titip barang sedang banyak dilirik juga. Kamu pun bisa memanfaatkan jastip ini sebagai ajang mendapatkan uang dari instagram dari menjual novel. Caranya seperti berjualan pada umumnya. Yaitu cukup mengupload novel ke instagram. Hanya saja di sini kamu butuh usaha dan tenaga lebih ekstra. Karena kamu harus rajin upload produk. Bahkan saat memotret produk pun perlu diperhatikan masalah resolusinya dan pastikan pula untuk rajin memantau tren. 

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari instagram. Dari beberapa tips cara dia tas, ada satu rahasia yang paling penting. meskipun konten yang kamu posting selalu sepi dan minim reaksi dari follower. Pastikan bahwasanya kamu konsisten dalam membuat konten. 

Fokus saja untuk membuat konten. Karena dari sekian banyak konten yang kamu buat, mungkin ada satu atau dua video yang akan viral. Nah, bagian yang viral inilah yang bisa memancing follower untuk kepo dengan akun kamu, dan akhirnya akan follow akun kamu. 

Ada hal penting lagi, hindari membeli follower. Karena memiliki follower banyak, jika tidak reaksi sama sekali buat apa? Toh sekarang supplier/perusahaan juga akan tahu jika follower kamu aktif atau tidak. Ingat, hal paling penting dalam menjalankan usaha bisnis adalah menjaga kepercayaan. Jadi, agar pembeli percaya dan nyaman dengan kita, pastikan bahwa follower pun harus aktif atau organic. 

Semoga sedikit ulasan tentang cara mendapatkan uang dari instagram dengan menjual noovel tidak sekedar membukakan wawasan kamu, tetapi juga memberikan ilmu marketing yang siap tidak siap harus mulai kamu pelajari juga.

(Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram Dengan Menjual Novel

cara mendapatkan uang dari instagram