Untuk Mahasiswa! Ini Cara Menemukan Passion Agar Dapat Kerjaan Cepat

cara menemukan passion
promo tahun baru 30%

Saat ini banyak sekali pekerja diluar sana berkerja yang tidak sesuai passion atau tidak sesuai jurusan diwaktu kuliah atau sekolah. Lalu Kamu saat ini pasti masih kebingungan setelah lulus mau kerja dibidang apa sedangkan kamu masih belum tau passionmu dimana dan bingung bagaimana cara menemukan passion kita?

Jangan khawatir bukunesia punya solusi cara mengetahui passion kita. Yuk simak dari pengertian passion hingga cara menemukan passion kita.

Apa Itu Passion?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Passion artinya adalah gairah, semangat, keinginan yang tinggi, kecemasan dan kemarahan. Jika diartikan lebih sederhana, passion adalah keinginan atau antusiasme seseorang terhadap sesuatu hal yang melibatkan emosi yang kuat, dan membangkitkan motivasi seseorang untuk mewujudkan atau melakukan apa yang diinginkannya. 

Baca juga : Contoh Passion yang Bisa Menghasilkan Uang Banyak

Menurut Profesor J Vallerand passion dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe passion obsesi dan passion harmoni. 

  1. Passion harmoni 

Passion harmoni bersifat positif. Jadi yang dimaksud passion harmoni adalah segala hal, dorongan atau keinginan seseorang terhadap sesuatu, yang dilakukan dengan rasa senang, atas dasar cinta dan dilakukan seirama dan senada. 

Passion harmoni juga disebut-sebut passion yang tidak memberikan tekanan, justru memunculkan perasaan bahagia. DImana tetap memperhatikan tujuan yang jelas dan dilakukan secara terorganisir. 

Contoh passion harmoni adalah, berkebun. Berawal dari berkebun, akhirnya memiliki usaha bisnis jual beli tanaman dari hasil yang selama ini dilakukan. 

  1. Passion Obsesi 

Sementara yang dimaksud dengan passion obsesi adalah passion yang dilakukan seseorang atas dasar faktor eksternal. Misalnya, mereka melakukan passion tersebut karena dorongan keluarga, pengaruh lingkungan pergaulan atau karena masalah gaji dan finansial. 

Kebalikan dari passion harmoni. Passion obsesi tidak melahirkan rasa bahagia bagi pelakunya. Sebaliknya, justru menciptakan tekanan, keterpaksaan dan ketidakbahagiaan terkait aktivitas yang sedang dilakukan. Karena memang apa yang dilakukan tidak sesuai dengan nilai pribadinya.

Dari arti passion di atas, setidaknya sudah ada gambaran apa itu passion. Dari pengertian di atas, apakah kamu sudah memiliki passion? Jika sudah, apakah kamu sudah cukup bahagia dengan apa yang kamu lakukan? Tulis pengalaman kamu di kolom komentar. 

Cara Menemukan Passion Kita

Sudah menjadi rahasia umum jika tidak semua orang menemukan passion mereka. Banyak orang yang merasa depresi dengan pekerjaan mereka, dengan aktivitas mereka, semata-mata karena tidak mengetahui passion yang sebenarnya dimiliki. 

baca juga Begini Cara Keluar Dari Zona Nyaman

Cara menemukan passion, butuh seni mengenali diri sendiri. Orang yang tahu betul dirinya sendiri, mudah menemukan passion. Kategorisasi mengenal diri sendiri ketika kita memiliki perspektif/pandangan/prinsip sendiri, tidak mudah terpengaruh oleh pengaruh orang lain, dan tahu betul tugas kita sebagai manusia di dunia ini untuk apa. 

Secara spiritual, orang yang mengenal diri sendiri adalah orang yang mengenal siapa Tuhan dan agamaNya. Sehingga hidup tidak melulu mengejar dan memuaskan nafsu. Tetapi hidup dengan cara sederhana, dengan pemaknaan yang luar biasa. 

Barangsiapa yang mampu menemukan passion harmoni, maka orang tersebut mampu merasakan dan menciptakan kebahagiaannya sendiri, tanpa bergantung pada pandangan dan pengaruh orang lain. Dialah orang sudah bisa menikmati hidupnya sendiri secara independen. Karena disinilah, kamu bisa menciptakan kebahagian dengan cara-cara sederhana. 

Dari sedikit uraian di atas, maka cara menemukan passion dapat saya ringkas menjadi beberapa poin sebagai berikut. 

  1. Mengenali diri sendiri, termasuk mengenali kelebihan dan kelemahan diri sendiri. 
  2. Mengenali tujuan sejatinya hidup. Jika saat ini kamu merasa sudah menemukan passion, namun belum menikmati dan merasakan bahagia. Bisa jadi tujuan hidup yang kamu buat masih bergantung pada pandangan orang lain, dan berharap pujian dari orang lain. Karena sebaik tujuan hidup adalah yang memiliki nilai sentimentil bagi diri sendiri.
  3. Mengenali Tuhan dan agamaNya. Bahwasanya semua hanya titipan. Ketika seseorang menyadari bahwa semuanya sementara, maka mereka tidak akan bersusah payah mengejar ambisi. Tetapi fokus pada pencapaian diri sendiri yang sifatnya tidak duniawi, tetapi menekankan ada kemaslahatan dan keberkahan hidup. 
  4. Eksplorasi apa yang membuatmu bahagia. Teruntuk buat kamu yang belum mengetahui apa passion kamu. Maka kamu bisa fokus pada hal-hal yang membuat kamu bahagia. Apa yang kamu rasa membuat bahagia, lakukan eksplore, gali, dan cobalah. Jika semakin rumit dan sulit, kamu tetap menjalani dengan hati senang dan bahagia, itulah tanda passion kamu. 
  5. Konsistensi terhadap passion. Jika kamu ingin passion yang kamu eksplore menghasilkan sesuatu hal, maka konsisten. Lakukan dan kerjakan tanpa memperhitungkan imbalan. Karena passion itu seperti kita sedang bermanifestasi waktu. Hasil yang akan kita peroleh setelah 5 sampai 10 tahun yang akan datang, dalam bentuk/wujud beragam. 

Itulah kelima cara menemukan passion yang sifatnya membangun. Jika kamu menginginkan passion harmoni, kuncinya mampu membuatmu bahagia, dan menikmati tanpa mengeluh. Sebaliknya, jika saat ini kamu merasa passion kamu justru memberi tekanan, maka tanda bahwa kamu harus berani mengambil keputusan. Apakah akan tetap bertahan pada passion obsesi, atau keluar dari zona nyaman demi menemukan passion harmoni. 

Ingat, passion harmoni tidak memberikan dampak keuntungan secara langsung. Karena sifatnya adalah investasi waktu. Fokusnya bukan hasil secara finansial, tetapi passion harmoni fokus pada kepuasan batin. Semoga sedikit ulasan tentang passion ini memberikan perspektif baru dan semangat buat kamu ya. (Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Untuk Mahasiswa! Ini Cara Menemukan Passion Agar Dapat Kerjaan Cepat

cara menemukan passion