Cara Cari Uang Tambahan Mahasiswa Yang Trend di 2023

cari uang tambahan mahasiswa
promo tahun baru 30%

Cara cari uang tambahan mahasiswa yang mudah dikerjakan, namun jumlah uang yang diperoleh cukup menjanjikan. Tentu banyak yang menginginkannya. Maka tidak heran jika banyak yang kepo bagaimana cara melakukannya. 

Pastinya, butuh skill dan pengetahuan di bidangnya. Penasaran bagaimana cara mencari uang tambahan untuk mahasiswa? atau fresh graduate? berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba. 

1. Menjadi Penulis Online

Penulis Novel

Cara mencari uang tambahan yang direkomendasikan yang pertama adalah menjadi penulis online. Penulis online menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan. Apalagi di era serba digital seperti sekarang. 

Tiga puluh tahun yang lalu, peluang menulis lebih banyak dicari untuk penulis buku, kolumnis, ataupun penulis artikel yang sifatnya dipublikasikan secara cetak. Sementara sekarang, semua serba digital.  Peluang menjadi penulis online semakin lebar dan banyak dicari. 

baca juga 5+ Cara Jadi Penulis Online Yang Menghasilkan Uang [Freelance]

Apalagi didukung semakin banyaknya perusahaan dan start up yang menjalankan website mereka. dimana di website tersebut, pasti membutuhkan penulis yang akan mengisi. Nah, peluang inilah yang sekarang banyak dilirik, dengan bayaran yang cukup menjanjikan. 

Meskipun jasa penulisan online pemula dengan yang sudah berpengalaman memiliki tarif yang berbeda. Namun secara tenaga, menjadi penulis online tidak mengharuskan kita bekerja berpanas-panasan. 

2. Menerbitkan Buku

Cara cari uang tambahan mahasiswa yang kedua adalah menerbitkan buku. Cara ini cocok buat kamu yang memiliki skill di bidang menulis. Kamu bisa menuliskan apapun yang kamu kuasai dan yang kamu senangi. 

Misalnya kamu memiliki ketertarikan didunia tanaman. Maka kamu bisa menuliskan tips seputar tanam menanam. Atau kamu suka dengan dunia khayalan? Maka kamu bisa membuat novel dengan khayalan tinggi. 

Apa sih keuntungan yang akan kamu peroleh dari menerbitkan buku? Tentu ada banyak sekali benefit yang akan kamu peroleh. Diantaranya, kamu akan mendapatkan royalti atau mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan buku. 

Ada dua cara menerbitkan buku. Yaitu bisa lewat jalur penerbit mayor atau lewat penerbit indie. Penerbit mayor adalah penerbit yang tidak membebankan biaya apapun kepada penulis. Penulis terima bersih keuntungan dari hasil penjualan yang disebut dengan royalti. Hanya saja kelemahan penerbit mayor adalah, seleksi ketat dan memakan waktu lebih dari tiga bulan, bahkan saya pernah sampai memakan waktu tahunan. 

Semntara jika kamu menerbitkan buku secara indie, bisa jauh lebih cepat. Kamu juga bisa mencetak buku dalam jumlah satuan. Misalnya hanya mencetak 20 eksemplar saja. Kebalikan dari penerbit mayor, penerbit indie membebankan biaya cetak kepada penulis. Kelebihan dari sistem self publishing di penerbit indie adalah, kamu bisa menjual buku sendiri dan kamu bisa mendapatkan keuntungan sesuka yang kamu inginkan. 

Nah semua itu ada dibukunesia, tidak hanya itu namun banyak fasilitas tambhan sesuai eksemplar yang akan kamu terbitkan. Simak promo menarik lengkapnya disini

3. Menjadi Fotografi

passion fotografi

Buat kamu yang tidak memiliki sama sekali bakat di dunia tulis menulis. Maka cara mencari uang tambahan yang kerjanya menyenangkan adalah menjadi fotografi. Terutama buat kamu yang memiliki seni mengambil foto atau melakukan proses editing foto. 

Apalagi jika kamu memiliki sensitivitas terhadap hal-hal sederhana, namun itulah moment paling istimewa. Maka kamu bisa menghasilkan karya foto yang hidup dan bisa diikutkan dalam ajang perlombaan ataupun mengikuti sebuah pameran fotografi. 

Baca juga Tips & Teknik Fotografi Dari Newbie Jadi Profesional

Atau kamu seorang yang aktif di media sosial dan melek digital. Maka kamu bisa menjual hasil jepretan kamu di internet. Dimana hanya bermodal kamera, skill memotret dan kemampuan melihat moment. Kamu bisa mendapatkan uang jutaan rupiah tiap bulannya. 

4. Menjadi Influencer 

cara menjadi influencer

Menjadi influencer beberapa tahun terakhir banyak dilirik kawula muda. Pasalnya, cara mencari uang tambahan dengan menjadi influencer lebih menjanjikan dengan kerja yang sangat mudah. Cukup hanya bermain-main di media sosial, maka kamu akan mendapatkan cuan dari sana. 

Sumber cuan yang masuk pun ada banyak peluang. Mulai dari peluang dari jasa endorse, ataupun dari live instagram. Hanya saja, syarat menjadi influencer adalah memiliki follower yang tinggi. Setidaknya dengan follower yang tinggi, semakin tinggi pula tarif yang akan kamu peroleh. 

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai follower kamu adalah follower pasif. Auto follower yang diperoleh dengan membeli. Karena pihak pemasaran iklan tidak akan melirik follower pasif. Sebaliknya, pemasang iklan lebih banyak melirik follower aktif. 

5. Bergabung Menjadi Reseller/Dropshipper 

Buat kamu yang merasa tidak memiliki skill seperti yang disebutkan di atas. Mungkin cara mencari uang tambahan dengan cara menjadi reseller atau dropshipper solusinya. hanya bermodal memiliki smartphone dan menjalin kerjasama dengan supplier. Maka kamu pun sudah bisa menjual produk dan mendapatkan keuntungan. 

Kini menjadi reseller dan dropshiper salah satu peluang yang paling banyak dilirik. Tidak hanya di lirik oleh mahasiswa, tetapi juga pelajar dan pekerja kantoran pun juga mulai banyak yang melirik pekerjaan satu ini loh. 

Apalagi buat kamu yang tidak punya modal cuan sama sekali. Kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu bisa tetap menjual produk. Oh iya, berbicara soal produk. Pastikan mencari produk yang tidak memiliki kadaluarsa yang terlalu cepat. Misalnya, menjadi reseller buku, menjadi reseller pakaian, kerudung dan lain sebagainya.

6. Berani Berwirausaha 

Buat kamu yang memiliki jiwa entrepreneur. Maka cara mencari uang tambahan bisa dengan berdagang atau membuat produk yang sesuai dengan skill yang kamu miliki. Misalnya, kamu memiliki skill dalam dunia memasak. Maka kamu bisa menjual hasil masakan kamu, dan kemudian ditawarkan ke media sosial dan marketplace. 

Atau kamu memiliki skill dalam membuat kerajinan tangan. maka, kamu bisa menciptakan produk kerajinan tangan, dan kemudian menjualnya. Mungkin pertama kali akan terasa berat karena belum memiliki pelanggan setia. Namun ketika kamu bisa konsisten, kamu akan menikmati hasilnya. 

Salah satu keuntungan menjalankan wirausaha adalah, ketika laris akan mendapatkan keuntungan dua kali lipat, bahkan tiga kali empat. Peluang menjadi kaya lebih tinggi dan lebih cepat. Hanya saja risiko gagal pun juga lebih besar. Meskipun demikian, itulah tantangan dari berwirausaha. 

Dimana smakin tinggi dan semakin besar risiko yang diambil. Maka ketiga berhasil juga akan untung lebih banyak. Dan berlaku sebaliknya. Itu sebabnya, butuh mental baja agar bisa menjadi pribadi yang kuat dan tahan banting. 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara cari uang tambahan mahasiswa yang bisa kamu coba praktekan. Sebenarnya masih ada banyak cara mencari uang tambahan lain yang belum disebutkan satu persatu. Misalnya menjadi guru les untuk anak-anak SD, melakukan investasi, menjadi desainer grafis lepas, menjadi translator dan masih banyak lagi peluang yang bisa membantu mengumpulkan uang. 

Dari beberapa cara mencari uang tambahan di atas. Semoga kamu tidak lagi kebingungan dalam mencukupi kebutuhan. Yakinlah, bahwasanya rezeki setiap manusia sudah ada jatahnya masing-masing. Tugas seorang hamba adalah mengupayakan dan berusaha. 

Karena sebaik-baik upaya adalah orang yang bekerja keras dan pantang meminta. Semoga cara mncari uang tambahan ini memberikan semangat, untuk berusaha lagi.

(Irukawa elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Cara Cari Uang Tambahan Mahasiswa Yang Trend di 2023

cari uang tambahan mahasiswa