Ada 8 Ciri Suami yang Takut Kehilangan Istri

suami tidak ingin kehilangan istri

Siapa sih istri yang tidak mau disayang suaminya dan menjadi paling disayang? Yaps, pasti semua istri seperti itu, kan? Nah, mungkin artikel ini akan cocok untuk kamu yang sedang mencari tanda atau ciri suami yang takut kehilangan istri.

Pasti kamu mikir, suami takut kehilangan bukan karena sayang tetapi pernah membuat kesalahan. Namun, ada lho yang benar-benar tanpa sebab tersebut. Sudah penasaran untuk menyimak ciri-cirinya seperti apa dan biar kamu sebagai istri juga memahami apa yang sebaiknya harus kamu lakukan supaya bisa menyenangkan suamimu.

Tanda Suami Takut Kehilangan Istri

1. Istri adalah Prioritas

Siapa sih yang tidak ingin diprioritaskan oleh orang lain, apalagi ini adalah suamimu sendiri. Idaman seorang istri adalah bisa dianggap ada oleh suaminya sampai tua nanti dan menikmati hari tua. Nah, salah satu suami yang memang benar-benar sayang serta takut kehilanganmu adalah kamu dijadikan prioritas utama dalam hidupnya.

Pastinya prioritas ini juga kepada ibunya ya, sebab seorang suami yang baik adalah suami yang memprioritaskan bapak dan ibu (baik kandung maupun mertua). Apabila keduanya disayang pastilah ia juga menyayangimu sebagai seorang istri yang diminta untuk menemaninya hidup bersama.

2. Suka Memberi Kejutan

Kebanyakan pasangan atau suami sering memberi kejuatannya adalah ketika ada momen hari-hari besar saja kan, misalnya hari ulang tahun istrinya, hari pertama jadian ataupun hari anak-anaknya dilahirkan mungkin.

Nah, biasanya suami yang memberi kejutan tanpa ada sebab hari-hari penting seperti diatas, dia termasuk suami yang setia dan selalu ingat sama keluarganya (baik itu istri maupun anak-anaknya). Kenapa? Sebab suami yakin kalau dia bisa membahagiakan istrinya, maka ia akan bahagia juga dan istrinya bisa membahagiakan dirinya.

Sudah berapa kali diberi kejutan nih?

3. Menghindari Perdebatan

Salah satu perpecahan dalam rumah tangga salah satunya adalah selalu ada perdebatan yang tidak mau ada yang kalah. Suami yang baik dan sayang adalah yang selalu menjaga hubungan baik sehingga ketika ada perdebatan atau istri marah, suami lebih banyak memilih untuk diam.

Kalaupun selain diam, suami yang baik ketika menanggapi menghindari perdebatan ini, yaitu dengan merendahkan nada ketika ngobrol untuk menjaga tensi. Apakah suamimu salah satunya? Semoga iya ya.

4. Peduli Keluarga dan Orang Tua

Suami yang penyayang tidak hanya menyayangi istrinya saja, tetapi juga diwujudkan dalam bentuk tanggung jawab kepada anak-anak dan keluarganya serta perhatian kepada orang tua. Baik itu orang tua dari istri maupun orang tua kandungnya.

suami yang sayang keluarganya
suami yang sayang keluarganya

Mengapa demikian? Sebab dalam berumah tangga tak lepas dari peran anak-anak dalam keluarga, harmonis, serta juga ikatan suami istri dengan orang tua masing-masing. Semakin baik dan nyaman maka suami juga akan banyak waktu untuk mencintai istrinya bahkan tidak ingin kehilangan istri.

5. Rencana Masa Depan

Ciri suami yang takut kehilangan istri yang kelima ini yang mungkin sangat realistis apakah seorang suami benar-benar perhatian atau tidak. Hidup bersama istri dalam membangun keluarga sakinah, mawaddah dan warrohmah haruslah sepanjang hayat bukan hanya sebentar sebulan dua bulan setelah nikah aja.

Rencana masa depan dan cita-cita yang matang membuat kerjasama antar suami-istri menjadi lebih dekat dan raket untuk meraih masa depan yang aman. Apabila suami sudah mengajak dan selalu ngobrol merencakan masa depan dengan istrinya, maka dia sebenarnya tak ingin kehilangan istrinya sampai kapanpun.

6. Bisa Memenuhi Kebutuhan

Kebutuhan keluarga pastinya sangat banyak mulai pangan, sandang dan papan. Bahkan kebutuhan yang lebih banyak lagi adalah kebutuhan sosial itu sendiri, mulai dari kegiatan masyarakat, kondangan dan lain sebagainya.

Dengan kebutuhan yang sebanyak itu, setiap istri sebagai seorang wanita yang ingin terlihat cantik di depan suaminya pastinya juga butuh kebutuhan lainnya kan? Nah, suami yang tidak ingin kehilangan istri, pasti akan berusaha buat bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Tujuannya apa? Ya supaya istrinya bahagia yang paling utama. Kedua, biar dia satu-satunya orang yang bisa membahagiakan istrinya yang paling utama jangan orang lain. Hal yang perlu digarisbawahi adalah semua juga perlu diskusi ya, tidak langsung semena-mena meminta kapanpun ia pengen.

7. Suka Cemburu

Suka cemburu bisa diartikan sebagai tanda tidak kehilangan. Cemburu disini tidak sekadar cuma ‘kata-kata’ cemburu aja lho ya. Tetap harus ada sebabnya kenapa cemburu. Misalnya, kamu sebagai istri ada yang mungkin bisa ngobrol kesana kemari dengan yang lain. Nah, kalau suami cemburu pasti tepat karena ada alasannya.

Lain halnya apabila tidak ada penyebabnya, tetapi suami sok-sokan cemburu. Hal ini perlu dipertanyakan lebih sih ya.

8. Taat Beribadah

Ini bukan hal sederhana. Perencanaan masa depan pada poin 5 diatas sangat penting, namun sifatnya masih duniawi. Suami yang bener-bener menjadi pemimpin yang baik adalah yang bisa menjaga istrinya dan membawanya sampai ke surganya Allah SWT. Kalau dia selalu mengajak kepada kebaikan, beribadah dan beramal, maka ia suami yang sangat baik untukmu.

Nah, bagaimana penjelasan diatas mengenai suami yang sayang istrinya sampai dia tak mau kehilanganmu? Intinya dalam keluarga tidak hanya satu pihak saja yang menjalankannya ya. Namun, semua anggota keluarga harus bisa saling kerjasama untuk membangun suasana yang harmoni dan selalu dalam jalan kebeneran Allah SWT.

Semoga artikel diatas mengenai ciri suami yang takut kehilangan istri bermanfaat dan pastinya tetap semangat untuk menjaga hubungan sampai surganya Allah SWT. Amiin yaa robbal’alamiin.

Nah, ada buku rekomendasi untuk suami ataupun istri yang ingin menjaga hubungan dengan baik, yaitu harus tau kebutuhan dasar suami dan istri itu sendiri. Sebab, banyak dari istri yang tidak tau sebenarnya kebutuhan suami itu seperti apa. Untuk mengetahuinya, silakan baca pada Buku Mencari Suami atau Istri yang Sempurna. Buku ini tidak hanya cocok untuk yang mau mencari pasangan tetapi juga sangat relevan untuk yang sudah menikah.