Jenis-Jenis Cinta Secara Luas

jenis cinta dalam arti luas
banner-download-ebook

Allah SWT menciptkan manusia itu sangatlah sempurna salah satunya adalah adanya nafsu dan cinta. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih dalam terkait dengan apa itu cinta dan juga jenis cinta itu sendiri.

Secara umum, cinta merupakan bagian dasar dalam manusia yang berkaitan dengan persaudaraan antarmanusia dan perasaan yang menghubungkan antar makhluk ciptaa-Nya seperti pada manusia lain, hewan dan tumbuhan.

Nah. Kemudiacinta sebagai dasar persaudaraan antarmanusia dan perasaan yang melandasi hubungannya dengan makhluk lain seperti pada hewan dan tumbuhan.

Kemudian, apa saja sih sebenarnya jenis cinta secara luas yang banyak tidak diketahui oleh banyak orang. Sebenarnya cinta itu tidak hanya sekadar tentang sebuah hubungan spesial lawan jenis. Namun, lebih dari itu. Cinta bisa dibagi menjadi banyak bagian penting.

7 Jenis Cinta

Nah, berikut ini beberapa jenis cinta yang disadur dari buku berjudul “Cara Mudah, Cepat, dan Tepat Mendapatkan Suami/Istri yang Ideal dan Sempurna”.

1. Cinta Romantis

Pertama merupakan cinta yang romantis. Cinta romantis merupakan cinta yang kita kenali sekarang ini umum dipahami, yaitu lebih kedalam hubungan spesial antara laki-laki dan perempuan yang ingin memadu kasih dan juga ingin memiliki bersama.

Cinta ini biasanya memiliki cita-cita masa depan yang panjang. Selain masalah cinta, romantisme diwujudkan dalam pemenuhan nafsu setelah menikah itu sendiri.

2. Cinta Pragmatik (Negara)

Kedua, ada yang disebut dengan cinta pragmatik. Cinta ini merupakan akuatualisasi diri untuk mengabdi kepada sebuah kerajaan maupun negara karena saking cintanya kepada negara dan untuk mempertahankan kedaulatan negaranya.

Perwujudan cinta prakmatik ini bisa seperti nasionalisme, patriotisme, dan bahkan sampai kepada bela negara sebagai buktinya. Biasanya yang memiliki negara yang berdaulat, warganya memiliki nasionalisme yang tinggi.

3. Cinta Altruis (Agama)

Cinta yang ketiga berkaitan dengan cinta agama. Nah, cinta inilah yang sejatinya setiap manusia wajib pupuk dan tanamkan dalam diri seorang manusia kepada Tuhannya. Kita dicipatkan Allah SWT untuk menyebah dan mengabdi kepada-Nya. Allah SWT saja mengajarkan kepada kita tentang kasih sayang dan sifat Allah juga salah satunya Rahman dan Rahim yang artinya maha pengasih lagi maha penyayang.

Kita sebagai makhluk Allah SWT yang paling sempurna, mengenal dan mencitai-Nya adalah sebuah kewajiban yang mutlak adanya.

4. Cinta Obsesif (memiliki obsesi)

Cinta akan sebuah obsesi. Obesesi disini diartikan sebagai memiliki keinginan lebih untuk menjadi tuan dari apa yang diingininya. Misalnya, memiliki seorang suami ataupun istri, memiliki sebuah barang berharga atau memiliki hal-hal lainnya.

Obsesi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya sebagai hakikat manusia yang juga haus akan nafsu dunia. Perlu juga mengontrol sebuah cinta supaya tidak berlebihan dan malah mengalahkan cinta kita kepada Allah SWT.

5. Cinta Persaudaraan

Selanjutnya, cinta persaudaraan adalah cinta yang terikat oleh hubungan antar manusia sebagai saudara. Cinta ini merupakan sebuah perwujuduan ukhuwah. Jenis ukhuwah antara lain ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), ukhuwah Wathaniyah (persaudaraan antar bangsa), dan ukhuwah Basyariyah (persaudaraan umat manusia)

6. Cinta Umum

Jenis Cinta yang keenak merupakan cinta secara umum. Cinta ini kadarnya ya normal saja kepada hal-hal yang umum dan menarik perhatiannya. Cinta ini biasanya diukur dengan hal-hal yang membuat seseorang semakin positif dalam kerja, berhubungan sosial dan juga menjalani sebuah kehidupan baik sendiri maupun dengan yang lainnya.

7. Cinta Cinta Keluarga

Jenis cinta yang umum dikenali yang terakhir adalah cinta keluaraga. Cinta keluarga ini cinta yang diakibatkan oleh hubungan antara saudara kandung (kakak dan adik), ayah, ibu, kakek, nenek dan juga anak-anak kita.

Nah, bagaimana penjelasan mengenai cinta diatas? Sebenarnya bahasan diatas sangatlah singkat untuk menjelaskan. Namun, untuk bisa memahami cinta lebih luas lagi apalagi untuk kamu yang sedang mencari jodoh yang tepat, saran saya adalah baca Buku Cara Mudah, Cepat, dan Tepat Mendapatkan Suami/Istri yang Ideal dan Sempurna.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Jenis-Jenis Cinta Secara Luas

jenis cinta dalam arti luas