Kesepian Menurut Islam & 5 Cara Mengatasinya Disukai Allah SWT

kesepian menurut islam
banner-download-ebook

Kesepian menurut islam bisa terjadi kapanpun, dimanapun, dan ke siapapun. Banyak faktor yang mempengaruhi, dari usia, keadaan, atau sering menyendiri. 

menurut penelitian kesepian lebih berbahaya dari pada merokok 15 batang setiap hari. Perasaan kesepian juga bisa berakibat fatal yang bisa menyebabkan bunuh diri.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan kesepian? Dan bagaimana cara mengatasi perasaan seperti merasa kesepian menurut islam? Langsung saja temukan jawabannya di sini. 

Pengertian Kesepian

Kesepian adalah perasaan negatif yang hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Kadar kesepian setiap orang pun berbeda-beda. Ada yang kadarnya sedang, biasa hingga berat. Rasa kesepian berat dapat mengarah pada stress atau depresi. 

Kesepian itu sendiri dapat diartikan sebagai perasaan yang dirasakan seseorang, bahwasanya dirinya sendirian, ‘merasa’ tidak dicintai, ‘merasa’ tidak disayangi dan memiliki perasaan khawatir lainnya. 

Dari perspektif yang lain, kesepian dapat pula diartikan sebagai timbulnya rasa ‘gelisah’ yang bersifat subjektif ketika melakukan interaksi sosial. Menurut sosiolog baron dan byrne dampak kesepian memicu muncul rasa tidak bahagia dan rasa ketidakpuasan terhadap dirinya sendiri. 

Salah satu ciri orang yang kesepian menurut baron dan byrne adalah tidak bisa membuka diri dan memiliki rasa putus asa lebih tinggi daripada normalnya orang. Secara umum, orang yang merasa kesepian memiliki perasaan subjektif sehingga menganggap dirinya terisolasi, merasa tidak ada orang lain yang bisa memahami dirinya.

Perspektif Kesepian Menurut Islam

Kesepian dalam pandangan islam ternyata menjadi hal yang biasa. Bahkan di dalam islam sendiri pun secara tidak langsung memberikan jawaban agar hati tidak kosong, dan merasa sendirian. 

Allah swt telah berfirman dalam quran surat  ar-rad ayat ayat 28 yang artinya sebagai berikut. 

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat allah hati menjadi tentram” (q.s. ar-rad: 28)

Dari ayat di atas sudah jelas bahwasanya solusi terbaik mengisi kesepian dan kekosongan hati dengan cara mengingat Allah. Salah satu caranya dengan berdzikir. Dzikir mampu mengisi lubang di dalam hati, seperti judulnya Letto..

Baca juga 6 Amalan Pembuka Rezeki Untuk Anak Muda [Paling Mustajab]

Cara Menghilangkan Kesepian Menurut Islam

Setiap masalah pasti ada solusinya. Banyak alternatif pilihan solusi. Ada  yang dilakukan dengan cara modern, secara psikologis hingga cara mengatasi kesepian secara islam. Nah, berikut adalah cara mengisi kekosongan hati menurut islam: 

1. Berdzikir 

Merasa kesepian menurut islam hal yang lumrah, hampir semua orang merasakannya. Adapun cara mengatasinya menurut islam, yaitu dengan berdzikir kepada Allah SWT. Sumber rasa kesepian pada dasarnya karena adanya lubang di dalam hati. 

Dimana hati kurang asupan, salah satu cara memberi asupan dengan berdzikir. Ada banyak fadhilah berdzikir, diantaranya memberikan rasa ketenangan, ketentraman dan kedamaian. Termasuk juga menjaga hati dan pikiran agar tidak berpikiran ke hal-hal yang negatif. 

Energi negatif akibat pikiran dan perasaan iri, dengki, ingin terlihat seperti ini dan itulah yang membuat jiwa kita lelah. Kita sibuk mengejar dan mencari, hingga ada satu hal yang kurang dalam diri, sehingga menimbulkan perasaan kesepian akibat kering dan hampa.

2. Sholat Berjamaah

Merasa kesepian menurut islam dapat dipecahkan dengan sholat berjamaah. Ketika menjalankan sholat berjamaah, selain akan dijanjikan syurga, ternyata kamu juga akan mendapatkan manfaat selama di dunia. Salah satunya diberikan hati yang damai dan tenang. 

Seperti Riwayat HR Al-Bukhari bahwasanya sholat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada sholat sendirian. Adapun manfaat lain dari sholat berjamaah. Pasalnya tidak hanya akan dijamin kebahagiaan dan kegembiraan selama di akhirat, tetapi juga diberikan rasa itu selama di dunia.

3. Membuat Diri Sibuk Dengan Kegiatan Yang Disukai

Kamu juga bisa mengisi kesepian hati dengan cara menyibukkan dengan hal-hal yang disukai. Nah, cara ini juga tidak kalah efektif. Hanya saja, masalah yang paling sering ditemukan, tidak semua orang tahu apa yang disukai. 

Sementara seseorang yang tahu apa yang disukainya, lebih mudah menghilangkan rasa sepi di dalam hatinya. Setidaknya dengan menyibukan diri dengan kegiatan yang disukai tidak hanya melatih kamu menjadi pribadi yang lebih produktif. Tetapi juga akan memberikan rasa kepuasan tersendiri. 

4. Sholat Sunnah Dan Sholat Tahajud

Jika beberapa cara yang sudah disebutkan di atas masih juga merasa kesepian, maka kamu bisa menambah amalan lain. Menambah sholat sunnah dan sholat tahajud. Mungkin pertama kali praktek  biasa-biasa saja, tidak ada perubahan yang signifikan. 

Namun, ketika sudah dilakukan secara konsisten dalam waktu tertentu, maka kamu akan merasakan banyak manfaat. salah satunya hati akan menjadi tenang dan tentram. Memang tidak mudah bagi yang sedang akan memulai. 

Tapi yakinlah, bahwasanya cara yang dilakukan dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT lebih baik dibandingkan dengan cara-cara yang bersifat duniawi. Karena solusi yang bersifat duniawi hanya bersifat sementara. Sementara jika mengembalikan dan memasrahkan kepada Allah, sang maha kekal, akan memberikan kedamaian. 

5. Berikan Salam Satu Sama Lain

memberikan salam satu dengan yang lain juga dapat dijadikan sebagai obat kesepian. Terdapat hadist An-Nawawi yang berbunyi 

“… dan Allah (SWT) akan membantu hamba-Nya selama dia membantu saudaranya”. 

Dari hadits di atas menegaskan bahwasanya menghulurkan tangan atau memeluk sesama saudara seiman adalah perbuatan baik yang disukai oleh Allah SWT. 

Itu sebabnya, dalam ajaran islam pentingnya menjaga silaturahmi. Silaturahmi dalam islam menjanjikan panjang umur. Dari perspektif lain membangun relasi yang tidak hanya memudahkan kita mendapatkan rezeki (pekerjaan) tetapi juga juga dapat sebagai bentuk saling mengisi hati kesepian satu sama lain.

Itulah beberapa cara mengatasi kesepian menurut islam. Semoga sedikit tips di atas memberikan kemudahan buat kamu untuk kembali menemukan ruh yang penuh. Sehingga bisa merasakan hidup menjadi lebih bersemangat. 

Kesimpulan

Jika dibuat kesimpulan, rasa kesepian itu hal yang wajar dan lumrah dirasakan oleh manusia. Bisa jadi munculnya rasa sepi hanya cara Allah mengingatkan kita agar kembali kepadaNYA. Barangkali kita sudah terlalu jauh dari jalanNYA, sehingga Sang pemegang hati memberikan kesepian tersebut. 

Bahwasanya rasa kesepian yang kita rasakan bukti bahwasanya hati dan sumber kebahagiaan kita ada di dalam genggamanNya. Manusia hanya lakon di sebuah panggung yang penuh tipu-tipu. Rasa kesepian juga mengingatkan kepada kita, bahwasanya saat bergantung pada orang lain, dan dunia ini, maka ada banyak kekecewaan dan kegelisahan.

Sehingga memicu banyaknya perasaan negatif dalam diri kita yang sifatnya merusak mental dan psikis. Sementara, ketika kita kembali pada sang Pemilik Hidup, maka ketidakidealan yang ada di bumi ini hal yang lumrah, yang tidak perlu kita pikirkan dan dimasukan hingga perasaan. 

Dari pembahasan merasa kesepian menurut islam di atas, apakah kamu punya perspektif dan pandangan lain? Kamu bisa tulis di kolom komentar.

(Irukawa Elisa)

Baca artikel lainnnya:

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Kesepian Menurut Islam & 5 Cara Mengatasinya Disukai Allah SWT

kesepian menurut islam