⚡ Promo Diskon Akhir Tahun | diskon 30% + 20% dan bonus eksemplar up to 10

Lihat Selengkapnya

Kenali Komposisi Fotografi dan Tips & Trik yang Akan Hits di 2023

komposisi fotografi

Dalam menggeluti dunia fotografi, tak hanya dibutuhkan kepekaan dan juga kreativitas namun juga pengetahuan mengenai update yang saat ini berlangsung. Salah satu hal yang harus mengikuti perkembangan zaman dalam dunia fotografi adalah mengenai komposisi fotografi yang hits pada zaman sekarang.

Di tahun 2022 ini, tentu ada komposisi fotografi hits 2022 yang biasa dianut para fotografer, ketika Anda sebagai fotografer, tentu Anda harus mengikuti perkembangan zaman tersebut. Jika tidak, bisa jadi jasa Anda menjadi kurang menarik dan calon konsumen juga akan kurang tertarik dengan jasa yang Anda tawarkan.

Tapi apa sebenarnya komposisi fotografi itu? Untuk mengetahui lebih jelas apa itu komposisi fotografi dan juga macam-macam komposisi yang harus dikuasai, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Komposisi Fotografi

Dikutip dari Digital Photography School, komposisi dalam fotografi mengacu pada posisi elemen dalam bingkai dan bagaimana mereka dapat berinteraksi antara satu sama lain, sehingga bisa dikatakan bahwa komposisi dalam fotografi merupakan struktur visual gambar yang dihasilkan.

baca juga Tips & Teknik Fotografi Dari Newbie Jadi Profesional

Sederhananya, komposisi fotografi merupakan cara bagaimana seseorang dapat menempatkan subjek ke dalam fotonya. Penerapan komposisi fotografi ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan dampak suatu pemandangan, sehingga teknik ini sangat penting untuk diterapkan.

Sebelum melanjutkan membaca, ada kabar baik buat kamu, buknes lagi ada promo PDKT bareng Bukunesia, Diskon hingga 50% dan bonus eksemplar up to 10. Baca lebih lanjut yuk!

Hal ini dilakukan untuk memengaruhi sudut pandang dalam melihat foto dari sudut pandang fotografer. Penggunaan komposisi fotografi tersebut juga akan membantu mengambil foto yang lebih menarik, misalnya memberi keseimbangan yang alami, menarik perhatian ke bagian penting dari pemandangan, serta mengarahkan mata khalayak umum melalui gambar. 

Macam-macam Komposisi dalam Fotografi

Untuk mengetahui komposisi apa saja di dalam dunia fotografi, simak beberapa macam-macam komposisi di dalam dunia fotografi yang harus Anda kenal dan juga kuasai.

1. Motion Blur

motion blur

Jenis komposisi yang pertama adalah komposisi motion blur. Jenis komposisi ini memungkinkan adanya pergerakan yang terdapat di belakang atau pada objek utamanya. Dengan pengambilan komposisi motion blur, biasanya akan menghasilkan gambar yang blur di bagian belakang objek utama, akan tetapi tetap memberi kesan yang bergerak.

Sehingga komposisi pengambilan gambar motion blur ini akan menghasilkan gambar yang cukup estetik. Saat ini, apalagi pada 2022 ini, komposisi motion blur ini sangat sering digunakan dan juga diminati. Hal ini karena membuat tangkapan foto semakin hidup. 

Selain itu, dengan pengambilan gambar menggunakan komposisi motion blur bisa diterapkan di banyak objek foto. Meski demikian, diperlukan adanya keahlian atau kemampuan untuk mengambil komposisi motion blur ini karena fotografer harus mengambil gambar dan sudut pandang dengan tepat, agar hasil tangkapan layar seperti yang diinginkan.

2. Golden Ratio

golden ration

Teknik komposisi fotografi yang kedua adalah teknik komposisi golden ratio. Dalam pengambilan teknik golden ratio ini biasanya menggunakan angka tertentu untuk penentuannya. Yakni 1,618 yang digunakan untuk dapat menciptakan komposisi yang dinamis, seimbang, dan juga menyenangkan secara visual.

Komposisi golden ratio ini juga menggunakan rasio untuk memposisikan berbagai elemen yang berbeda karena diperlukan teknik pembagian. 

baca juga 5 Angle Fotografi yang Membuat Hasil Fotomu Makin Kece

3. Rule of Thirds

Rule-of-Thirds

Komposisi selanjutnya adalah komposisi rule of thirds. Komposisi ini menjadi komposisi dasar yang harus dikuasai dalam dunia fotografi. Biasanya dengan penggunaan komposisi ini, objeknya akan dibagi ke dalam 9 bidang dengan ukuran yang sama besar, sehingga mampu memberikan gambar dengan hasil yang simetris.

Selain itu, komposisi ini juga mampu memberikan sudut pandang yang berbeda pada setiap pengambilan gambarnya. Bisa diartikan juga jika komposisi rule of thirds ini membagi objek foto menjadi tiga secara merata, dengan dua garis horizontal dan juga vertikal yang membentuk kisi-kisi imajiner yaitu 3 x 3, yang menjadi 9 segmen.

Subjek pengambilan komposisi ini diposisikan pada perpotongan garis pemisah atau pada sepanjang salah satu garis yang digunakan tersebut. Ada empat titik sebagai hasil perpotongan beberapa garis tersebut yang merupakan titik yang ideal untuk menempatkan subjek ke dalam situasi atau ketika memotret suatu objek yang diam.

4. Golden Shape

Pengambilan komposisi dengan menggunakan teknik golden shape ini artinya, sama halnya melakukan pembagian antara foto yang bertepi garis nyata atau maya. Komposisi ini akan memberikan hasil yang kontras antara objek utama dan juga beberapa objek yang berada di sekitarnya.

Dengan adanya garis, maka teknik ini akan membagi antara bidang utama dan juga sekitarnya dengan pas dan sejajar yang kemudian membuat garis baik nyata maupun bertepi maya tersebut menjadi positif-negatif sehingga terlihat nampak kontras antara kedua bidang tersebut dan akhirnya dapat membentuk satu kesatuan yang harmonis.

Prinsip pengambilan foto dengan komposisi golden shape ini adalah membagi bidang positif-negatif dengan pas dan seimbang, sehingga foto akan terlihat terkomposisi dengan baik.

5. Frame in Frame

Selanjutnya adalah komposisi frame in frame. Komposisi frame in frame ini sama halnya dengan membuat sebuah komposisi foto dengan mengarahkan atau menuntun mata untuk dapat memerhatikan apa yang ada pada sebuah frame dengan mengesampingkan apa yang ada di luar frame.

Frame yang dimaksud di sini bukan merupakan frame foto dalam bentuk fisik, melainkan fotografer akan mencari objek yang bisa dijadikan frame baik berbentuk garis nyata maupun garis maya. Untuk dapat menghasilkan komposisi yang baik, Anda bisa mencari elemen misalnya jendela, spion, koridor, pintu, pilar gedung, lengkungan atau objek apapun yang berbentuk geometris tertutup sehingga mampu membingkai POI (point of interest).

6. Change Your Point of View

Komposisi lainnya adalah komposisi foto change your point of view. Artinya, komposisi fotografi ini mengubah angle atau sudut pandangs esuai dengan bagaimana cara mengambil foto dengan cara mengangkat tinggi kamera atau diambil dari ketinggian atau dengan cara menurunkan kamera.

Biasanya, komposisi ini dilakukan para fotografer cityscape atau wild life yang sengaja berbaring di tengah jalan atau di tengah lumpur agar dapat menangkap objek supaya memeroleh hasil yang bagus dan juga maksimal. Teknik angle yang digunakan biasanya menggunakan low angle.

Tips dan Trik dalam Komposisi Fotografi

Untuk dapat menguasai dan menerapkan komposisi fotografi dengan tepat, diperlukan tips dan trik yang tepat juga. Berikut adalah tips dan trik dalam komposisi fotografi.

1. Tampilkan Kesederhanaan

Semakin sederhana tampilan yang dibuat, maka kesan yang ditimbulkan pada foto tersebut akan semakin kuat. Hal ini karena kamera tidak mampu melakukan hal yang secara otomatis dapat dilihat seperti mata telanjang, oleh sebab itu, fotografer harus menampilkan kesederhanaan agar mampu menonjolkan titik fokus yang ada di dalam gambar.

2. Gunakan Leading Leads

Agar komposisi bisa diambil dengan baik, maka penting untuk menggunakan leading leads dengan tujuan mengarahkan pandangan mata kepada subjek utama yang berguna untuk membangun perspektif, menegaskan kesan 3 dimensi, dan memandu mata dapat menemukan fokus utamanya.

3. Latar Belakang

Perlu diketahui, latar belakang menjadi bagian cerita yang tak terpisahkan dari subjek, sehingga Anda juga harus berkonsentrasi dengan latar belakangnya. Anda bisa menyertakan teknik bokeh agar latar belakang tetap terlihat indah meskipun dalam kondisi yang buram.

4. Framing

Perhatikan framing pada komposisi foto Anda karena tak bisa dipungkiri, banyak yang terlalu sering meninggalkan ruang kosong sehingga terjadi kesalahan komposisi yang membuat subjek tidak lebih menonjol dari sebenarnya karena framing yang kurang sesuai.

5. Perhatikan Point of View

Sebelum memulai memotret, luangkan waktu untuk memikirkan posisi yang tepat dalam pengambilan gambar. Anda bisa memaksimalkan penggunaan point of view secara menarik dan jangan selalu mengambil gambar dari dengan subjek saja, tetapi manfaatkan berbagai sudut pandang sebaik mungkin.

Setelaha memahami komposisi fotografi dan tips komposisi totografi diharapkan hasil foto kamu semakin kece dan bisa mengikuti hits di tahun 2022 ini.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Kenali Komposisi Fotografi dan Tips & Trik yang Akan Hits di 2023

komposisi fotografi