Macam Macam Sholat Sunnah yang Mendatangkan Rezeki

macam-macam-sholat-dhuha
promo tahun baru 30%

Sholat dalam muslim tidak hanya sholat wajib saja, melainkan ada sholat sunnah. Bagi yang sudah sholat sunnah mungkin itu hanya sholat sunnah dhuha atau tahajud, namun kamu perlu tau ada macam macam sholat sunnah yang lebih baik dilakukan untuk mendatangkan banyak pahala dan rezeki.

Namun kamu harus tau bahwa sholat sunnah seperti artinya jika tidak dilakukan tidak mendapatkan dosa. Untuk informasi macam macam sholat sunnah baca dibawah ini dengan seksama

Macam Macam Sholat Sunnah

Berikut adalah macam macam sholat sunnah dari sunnah sholat wudhu, sholat dhuha, sholat tahajud, dan sholat hajat. Untuk informasi lebih lengkap manfaat sholat sunnah simak dibawah ini:

1. Sunnah Sholat Wudhu

Sholat sunnah wudhu atau yang juga disebut sebagai sholat syukrul wudhu.

baca juga Macam-Macam Arti Mimpi Sholat yang Bikin Kamu Takjub

a. Pengertian Sunnah Sholat Wudhu

Sholat sunnah wudhu merupakan sholat yang dilaksanakan usai berwudhu sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas pertolongan yang telah diberikan oleh-Nya karena telah mendapatkan air wudhu untuk dapat melaksanakan ibadah sholat kepada-Nya. Sholat sunnah wudhu sama seperti sholat sunnah pada umumnya yaitu dikerjakan sebanyak 2 rakaat.

b. Manfaat Sunnah Sholat Wudhu

Keutamaan sholat sunnah wudhu disebutkan di dalam HR Muslim nomor 234 yang berbunyi:

مَا مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ يُقْبِل بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إِلاَّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ

Artinya: Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu salat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga. (HR. Muslim, no. 234).

2. Sunnah Sholat Dhuha

Sholat sunnah yang kedua adalah sholat sunnah dhuha. Berikut adalah pengertian dan juga manfaat menjalankan sholat sunnah dhuha.

a. Pengertian Sunnah Sholat Dhuha

Sholat sunnah dhuha dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zuhur. Afdholnya, sholat sunnah dhuha ini dilakukan di pagi hari saat matahari sedang naik, atau kira-kira pada pukul 09.00 WIB.

b. Manfaat Sunnah Sholat Dhuha

Sholat sunnah dhuha ini lebih dikenal dengan sholat sunnah yang dilakukan untuk memohon rizki dari Allah SWT, sebagaimana hadist nabi yang berbunyi:

حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مُرَّةَ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ أَبِي لَيْلَى يَقُولُ مَا حَدَّثَنَا أَحَدٌ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى غَيْرُ أُمِّ هَانِئٍ فَإِنَّهَا قَالَتْ إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ بَيْتَهَا يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ فَاغْتَسَلَ وَصَلَّى ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ فَلَمْ أَرَ صَلَاةً قَطُّ أَخَفَّ مِنْهَا غَيْرَ أَنَّهُ يُتِمُّ الرُّكُوعَ وَالسُّجُودَ 

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Adam telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari ‘Amru bin Murrah Aku mendengar ‘Abdurrahman bin Abu Laila berkata: Tidak ada dari orang yang pernah menceritakan kepada kita bahwa dia melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan shalat Dhuha kecuali Ummu Hani’ yang dia menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah memasuki rumahnya pada saat penaklukan Makkah, kemudian Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mandi lalu shalat delapan raka’at” seraya menjelaskan:

“Aku belum pernah sekalipun melihat Beliau melaksanakan shalat yang lebih ringan dari pada saat itu, namun Beliau tetap menyempurnakan ruku’ dan sujudnya”(HRS Bukhari no hadits 1105).

3. Sunnah Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan sholat yang dilakukan di sepertiga malam.

a. Pengertian Sholat Tahajud

Sholat sunnah tahajud atau yang disebut sebagai qiyamul lail adalah sholat sunnah yang dilakukan ketika seseorang setelah ia terbangun dari tidur di malam hari, meskipun tidurnya hanya sebentar. Sholat sunnah tahajud ini sangat ditekankan untuk dilakukan pada sepertiga malam terakhir, karena saat itulah merupakan waktu dikabulkannya doa-doa.

b. Manfaat Sholat Tahajud

Manfaat atau keistimewaan menjalankan sholat tahajud disebut adalah sebaik-baiknya sholat setelah sholat fardhu. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْـمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Sebaik-baiknya puasa setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, Muharram, dan sebaik-baiknya sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam.”

Selain itu, sholat tahajud juga akan menjadi keistimewaan karena membuat umat Muslim dapat mendekatkan diri dengan Allah Ta’ala, dapat menghapus kesalahan, menjauhkan dosa, dan menjadi cara untuk mengangkat derajat manusia.

4. Sunnah Sholat Hajat

Sholat sunnah hajat merupakan sholat yang dilakukan ketika seseorang memiliki hajat hidup atau keinginan.

a. Pengertian Sunnah Sholat Hajat

Sunnah sholat hajat didirikan ketika seseorang sedang memiliki keinginan atau memiliki hajat hidup. Seseorang yang menunaikan ibadah sholat sunnah hajat memiliki harapan bahwa dirinya ingin mencapai keinginan atau hajat hidupnya agar dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Keinginan atau hajat yang diminta juga harus sesuai dengan syariat agama Islam yang dipandang baik, bukanlah merupakan sesuatu yang dilarang oleh agama Islam.

b. Manfaat Sunnah Sholat Hajat

Adapun berbagai manfaat menjalankan sunnah sholat hajat adalah mendapatkan pahala dari Allah SWT, mendekatkan diri kepada Allah, mendapatkan perasaan yang tenang, dan lebih tawakal, serta agar hajat hidupnya dapat dikabulkan oleh Allah.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Macam Macam Sholat Sunnah yang Mendatangkan Rezeki

macam-macam-sholat-dhuha