Manfaat Sholat Tahajud Rutin dan Istiqomah

Manfaat salat tahajud rutin

Manfaat sholat tahajud rutin tidak sekedar membuat hati menjadi tenang. Tetapi masih ada banyak lagi manfaat yang akan kita bahas satu persatu di artikel ini. Namun sebelum mengulas satu persatu, penting sekali mengetahui keutamaan sholat tahajud. 

Diantaranya segala hajat yang diinginkan seorang hamba akan dikabulkan. Selain hajatnya dikabulkan, manfaat sholat tahajud rutin dimudahkan dalam mendapatkan rezeki. Bentuk rejeki ada banyak macamnya. Kata rezeki tidak melulu tentang uang, dan jodoh. Termasuk juga dikaruniai kesehatan, usia panjang umur dan diberi anak yang sholeh dan sholehah juga termasuk rezeki. 

Baca juga: Tantangan Umum Saat Salat Tahajud dan Mengatasinya

Anjuran sholat tahajud ini pun tidak hanya dianjurkan oleh para ulama dan kyai saja. Tetapi di dalam Al Quran pun juga ada yang membahas. Salah satunya ada di Surat Al-Muzzammil Ayat 1-6. 

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ يَٰٓأَيُّهَا ٱلْمُزَّمِّلُ

قُمِ ٱلَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا

نِّصْفَهُۥٓ أَوِ ٱنقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ ٱلْقُرْءَانَ تَرْتِيلًا

إِنَّا سَنُلْقِى عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلًا

إِنَّ نَاشِئَةَ ٱلَّيْلِ هِىَ أَشَدُّ وَطْـًٔا وَأَقْوَمُ قِيلً

Artinya : Hai orang yang berselimut (Muhammad) (1) bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya)(2) (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit.(3) atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan. (4) Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat (5) Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. (6)

Setelah mengetahui sekilas tentang manfaat sholat tahajud rutin, berikut beberapa keutamaan lain yang akan dijanjikan Allah SWT kepada Hambanya. Terutama untuk hamba yang mengerjakan secara tulus. 

banner-di-artikel (1)

1. Ridho Allah SWT

Jika sholat tahajud dijalankan dengan keikhlasan, maka setiap apa yang dikerjakan akan di ridhoi Allah. Adapun ciri-ciri yang mendapat ridho Allah SWT, yaitu memilih hati tenang, hidup tidak bergantung pada manusia, dan hanya bergantung paa Allah. 

Menurut HR Abu Ya’la mengatakan bahwa ada tiga orang yang diridhoi Allah, yaitu orang yang pada tengah malam bangun dan sholat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk sholat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah.

2. Cepat Dikabulkannya Doa

Manfaat sholat tahajud rutin, doa yang diinginkan akan cepat dikabulkan. Dikabulkannya doa itu ada beberapa sebab dan alasan. Pertama, karena menjadi kekasih Allah SWT. Siapapun yang dicintaiNya, akan dikabulkan. 

Kedua, Sering menjalankan amalan, doa atau berzikir. Sehingga perbandingan dosa dan amal lebih banyak amal. Ketika amal yang lebih banyak, maka segala permintaan yang dipanjangkan akan cepat melangit. Salah satu penyebab kenapa doa tidak terkabul karena terhalang oleh banyaknya dosa yang manusia perbuat. 

3. Tempat Terbaik di Hadapannya

Sudah menjadi rahasia umum, jika rajin sholat malam  secara rutin akan dijanjikan mendapatkan tempat terpuji dan tempat yang terbaik. Tidak hanya mendapatkan tempat yang terpuji, tetapi juga senantiasa mendapatkan perlindungan Allah SWT. 

Kemudian secara lebih luas, mendapatkan tempat terpuji dapat diartikan mendapatkan keselamatan di dunia dan diakhirat. Yang mana jika ditelisik lebih spesifik lagi, bentuknya bisa beragam, yang bahkan tidak pernah terfikirkan oleh nalar dan sangkaan manusia.

4. Menjaga Rohani dan Kesehatan

Manfaat sholat tahajud rutin memang tidak dapat kita rasakan secara langsung. Namun secara halus Allah memberikan banyak manfaat. Jika kita jeli mengamati dan melihat kebesaran Allah, akan bisa merasakan. Salah satunya Allah memberikan penjagaan rohani dan kesehatan. 

Coba lihat jauh di luar sana. Ada banyak orang yang merasa stress, depresi bahkan mengalami gangguan mental. Dimana gangguan mental ini juga disebabkan karena kurangnya siraman rohani. Tidak adanya kedamaian, ketentraman dalam diri. Sehingga rohani mengalami ketidakseimbangan. 

Salah satu ciri ketidakseimbangan tiap orang pun beragam. Ada yang iri, dengki, merasa kurang, tidak pernah bersyukur, dan masih banyak lagi. Jadi, ketika kita bisa merasakan rasa kebahagiaan dari perspektif yang kecil, mudah bersyukur, dan tidak memiliki perasaan iri dan dengki, itu tanda bahwa rohani dan pikiran kita masih dalam penjagaan Allah SWT. 

Ketika hati dan pikiran selalu optimis, maka akan berpengaruh pada kesehatan, usia panjang umur dan masih banyak lagi. Sebaliknya, orang-orang yang mengalami gangguan mental dan kotor hati dan pikiran, akan memicu banyak penyakit medis hingga non medis, yang diakibatkan oleh sugesti. 

5. Jembatan untuk Masuk Surga

Sholat tahajud menurut HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Hakim menyebutkan bahwa barangsiapa yang mendirikan sholat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian. 

Bagi orang-orang yang beriman, percaya dan meyakini bahwa janji-janji Allah itu akan terjadi di masa yang akan datang. Sebaliknya, bagi orang-orang yang memiliki pandangan liberal, tidak mempercayainya. Jadi buat kamu masih bisa meyakini akan kekuatan dan janji Allah SWT, adalah orang yang beruntung. Karena tidak semua hati bisa terbuka.

6. Bergairah untuk Selalu Baik 

Tidak semua orang memiliki gairah menghabiskan waktu hidupnya. Tidak banyak pula orang bisa menemukan gairah untuk berbuat baik. Setelah sholat tahajud rutin, akan banyak sekali hal yang menarik dalam hidup. 

Pikiran kita akan banyak dibukakan dengan hal-hal yang lebih positif. Hati kita juga akan lebih dilapangkan menerima kenyataan yang memilukan dan menyakitkan menjadi berkah dan hikmah. Ada banyak hal yang awalnya tidak menyenangkan bisa diterima dengan ikhlas tanpa banyak mengintrupsi Tuhan. 

Sehingga ada motivasi dan gairah untuk selalu berbuat baik. Alasannya sederhana, karena kita memiliki tujuan, karena kita memiliki keyakinan akan Adanya Tuhan Sang pemilik Semesta. Ingat kata mutiara dari Om How yang berkesan bagi saya, apa yang ada sebenarnya tidak ada, yang tidak ada sebenarnya ada. Dari pepatah ini menggambarkan bahwasanya ada dan tiada itu beda tipis. Dan yang bisa melihat adalah orang-orang yang memiliki makrifatullah. 

Itulah beberapa manfaat sholat tahajud rutin. Ketika dikerjakan sekali dua kali memang tidak akan terasa. Namun ketika sudah dikerjakan berkali-kali dan menjadi sebuah kebiasaan, disertai dengan niat karena ALlah SWT, maka akan lebih banyak manfaat sholat tahajud yang akan dirasakan. 

Mungkin ada diantara kamu yang sudah merasakannya? Kamu boleh tuliskan pengalaman di kolom komentar. karena kesaksian hidup efektif memberikan keyakinan dan motivasi  bagi orang lain. Jadi jangan ragu untuk berbagi, karena Pengalaman kamu sangat berharga bagi orang lain.

Karena tidak semua orang memiliki keberanian untuk memulai sholat tahajud untuk yang pertama. Ya. karena memang banyak godaan. Adapun cara agar tidak takut sholat tahajud, kamu bisa baca artikel sebelumnya pada Cara Agar Tidak Takut Salat Tahajud Sendiri.

Nah, apabila ingin tau lebih cara istiqomah salat tahajud, khusu’ dan juga mengetahui keutamaan-keutamaan salat tahajud yang jarang diketahui, silakan baca pada Buku 2 Rakaat Dulu Aja.

Penulis: Irukawa Elisa

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Manfaat Sholat Tahajud Rutin dan Istiqomah

Manfaat salat tahajud rutin