Suami Tak Peduli Perasaan Istri? Cara Mengatasinya

mengatasi suami yang tak peduli istri

Bagaimana sih cara mengatasi suami yang tak peduli perasaan istri dalam berkeluarga? Berikut ini beberapa cara dan juga penyebab terjadinya.

Memang menikah bukan sumber kebahagiaan. Justru dengan menikah, banyak sekali tantangan dan cobaan yang sarat akan pembelajaran dan penuh ganjaran amal. Tidak semua orang menikah atas dasar rasa cinta. 

Tidak semua orang pula menikah memiliki nasib yang baik. Setiap pernikahan, pasti memiliki ujiannya masing-masing. Dari sekian permasalahan yang terjadi. Ada satu permasalahan yang paling umum, yaitu masalah suami tak peduli perasaan istri.

Mengatasi Suami Tak Peduli Perasaan Istri

Setiap permasalahan yang kamu hadapi, pasti ada solusi dan jalan keluar. Dari sekian juta pasangan di dunia ini, kamu diuji dengan suami tak peduli perasaan istri. Pasti ada maksud terselubung yang Tuhan berikan dimasa yang akan datang. 

Kamu adalah orang terpilih dan dipercaya kuat menghadapi ujian dan cobaan ini. maka dari itu, penting sekali berjuang ikhlas dan husnudzon dengan hikmah hidup yang Tuhan berikan. Agar bisa menjalani ujian ini sebaik mungkin. 

Selalu ada solusi setiap permasalahan yang terjadi. Pertanyaannya adalah bagaimana mengatasi suami tak peduli perasaan istri? Nah di bab ini akan kita bahas tips mengatasinya di bab di bawah.

Alasan Mengapa Suami Bisa Tidak Peduli

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya ada sebab dan akibat kenapa suami tidak peduli perasaan istri. Sebab akibat inilah yang butuh kelapangan hati untuk menerima dan mencari tahu apa sebabnya. Bisa jadi alasannya sangat sepele. 

Masalah umum dalam menjalani rumah tangga adalah urusan perspektif. Mungkin bagi kita sepele, tetapi bagi pasangan itu bukan masalah sepele. Perbedaan sudut pandang inilah yang dengan lapang dada mulai diperhatikan. Saat menyelesaikan permasalahan pun butuh kemauan dari kedua belah pihak. 

Makanya, saat menikah haruslah memahami tentang hikmah dan tujuan menikah itu apa saja, supaya bisa terhindar dari masalah yang seperti ini.

Nah, untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita simak tips mengatasi suami tak peduli perasaan istri di sub bab berikut ini. 

Tips Mengatasi Suami Tak Peduli Perasaan Istri 

Masuk ke pembahasan inti. Sebenarnya beberapa tips berikut bukanlah cara baku dan cara pasti. Kamu bisa melakukannya dengan caramu sendiri. Karena saya yakin, setiap orang memiliki cara dan karakternya sendiri. 

1. Buat Suami Dihargai

Tips mengatasi suami tak peduli perasaan istri yang pertama, buatlah suami lebih dihargai. Bisa jadi selama ini suami merasa kurang dihargai oleh kita. Atau mungkin saja perilaku dan sikap kita ada yang membuatnya merasa jengah sehingga tidak mempan lagi memberikan nasihat secara langsung kepada kita. 

Menghargai suami dalam pandangan islam pun salah satu adab yang baik. Karena memang seorang istri harus menghargai suami sebagai imam sekaligus sebagai kepala rumah tangga. Selagi apa yang dilakukan suami dalam koridor dan jalan yang baik, ini wajib. 

Kecuali suami sudah melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan, atau melakukan kesalahan-kesalahan fatal. Istri berhak membela diri, berhak meluruskan langkah suami dan sejenisnya. 

2. Buat Suami Menjadi Prioritas

Disadari atau tidak disadari, gaya hidup, tuntutan hidup di era sekarang semakin tinggi. Banyak pula istri yang tetap bekerja, tetap aktif di luar sana. Memang tidak ada yang salah dengan hal itu. Namun terkadang, atas dasar kesipuan istri itulah muncul masalah baru. 

Misalnya, suami merasa tidak diprioritaskan lagi. Sehingga muncul percikan-percikan kecil, dimana bisa bermanifestasi menjadi percikan besar dan akhirnya terjadi ledakan emosi. Ini adalah kasus yang paling umum dirasakan.

Tentu untuk menghindari hal-hal tersebut, butuh komitmen tinggi bagi yang sibuk di luaran sana. agar tetap imbang memberikan perhatian kepada suami. Agar suami merasa tetap menjadi prioritas. 

3. Tampil Cantik di Depan Suami

Solusi menyikapi suami tak peduli perasaan istri, dapat dimulai dengan mengubah diri sendiri. Bisa jadi sumber masalah bukan pada suami. Tetapi diri sendiri yang kurang perhatian dan peduli dengan penampilan diri. 

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memperbaiki diri dengan mengubah penampilan di depan suami. Misalnya lebih terlihat cantik di depan suami. Meminimalisir menggunakan baju-baju yang ala kadarnya. 

Jika biasanya jarang mandi, bisa dimulai rajin mandi. Jika biasanya malas merias diri, bisa dimulai dengan merias diri. Berikan perubahan-perubahan kecil pada diri sendiri untuk suami kita. Siapa tahu, perhatian suami menjadi lebih ramah dan kembali menyenangkan seperti dulu kala. 

4. Mudah Senyum dan Bikin Bahagia

Tips mengatasi suami tak peduli perasaan istri yang keempat, bisa mengubah sikap sederhana pada diri sendiri. Bisa jadi selama ini kita judes dengan suami. Sehingga suami menahan jengkel dan amarah, sehingga menimbulkan perilaku tak peduli kepada istri. 

Jika hal itu yang terjadi, tidak ada salahnya untuk membenahi keadaan dengan cara mengubah diri sendiri. yaitu lebih ramah, mudah tersenyum. Intinya, berikan suasana menyenangkan untuk suami. Agar hati kembali bahagia dan auranya kembali positif. 

Bisa jadi salah satu suami tidak peduli perasaan istri karena suami merasa diperhatikan akibat lelah bekerja seharian. Suami butuh keteduhan di rumah sebagai pelepas penat dan beban permasalahan yang banyak di pekerjaan. Suami hanya butuh relaksasi agar mood kembali. 

5. Inisiatif untuk Bertanya

Nah, bisa juga melakukan cara lain. Misalnya berinisiatif bertanya kepada suami apa yang menyebabkan dirinya bersikap demikian. Saat melontarkan pertanyaan, perlu melihat situasi. Jangan tanyakan saat suami pulang kerja, atau saat suami sibuk dan uring-uringan. 

Waktu yang tepat untuk bertanya ketika suami lebih rileks dan lebih luang. Jika tidak ada moment itu. Maka sebagai istri harus bisa menciptakan suasana rileks sesuai kesenangan suami. Misal dibuatkan kopi, dibuatkan cemilan kesukaannya sambil nonton TV atau apapun itu. Saya yakin setiap rumah tangga memiliki rahasia menaklukan pasangannya sendiri-sendiri.

Intinya adalah komunikasikan permasalahan yang terjadi dengan baik-baik. Kemudian dicari solusi dan jalan keluar secara bersama-sama. karena salah satu jalan terbaik dari permasalahan yang terjadi adalah komunikasi. Jangan justru saling diam dan saling adu sikap dingin. 

6. Ciptakan Romantisme

Adapun cara lain untuk masalah suami tak peduli perasaan istri. Kamu bisa mencoba dengan menciptakan romantisme. Mungkin selama ini masa-masa romantis selama pacaran dulu sudah hilang. Sehingga suami merasakan sesuatu yang hilang dan tidak lagi menggairahkan. 

Apalagi jika sudah memiliki anak-anak. Biasanya istri akan fokus dan sibuk mengurusi anak dibandingkan mengurus suami. Hal-hal yang romantis yang dulu pun banyak hilang karena kesibukan dan tuntutan hidup. 

Sehingga suami merasa ada sesuatu yang hilang. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk kembali menciptakan romantisme sesuai dengan kesenangan sang suami pada dulu. Karena menikah itu juga butuh tarik ulur agar hidup lebih menyenangkan dan menantang.

Baca juga: 8 Ciri Suami yang Takut Kehilangan Istri

7. Diskusi dan Ngobrol

Ada banyak karakter pasangan suami istri. Ada pasangan suami istri yang ketika diterpa masalah, langsung diam, tiba-tiba mudik kerumah orangtuanya dan masih banyak lagi kasus lain. Alangkah baiknya, jika ada masalah, baik itu masalah besar ataupun kecil, perlu didiskusikan dan ngobrol.

Karena dengan bertatap muka dan ngobrol, akan banyak solusi dan permasalahan yang bisa dipecahkan. Bisa jadi, alasan suami tak peduli perasaan istri karena hal sepele. Bisa juga karena terjadi miss komunikasi. Tentu sangat disayangkan jika masalah kecil, bisa menjadi masalah besar bukan? 

Jadi, apapun itu bentuk masalah dalam rumah tangga. Selesaikan dengan duduk berdua, bicarakan dengan baik-baik, dan terima dengan hati lapang dada dan rendah hati. Karena rahasia kelanggengan dalam menjalin rumah tangga adalah kerendahan hati untuk menerima kenyataan kemudian memperbaiki diri. 

8. Jangan Balas dengan Emosi

Sumi tak peduli perasaan istri memang memicu adu mulut. Nah, jika sampai terjadi hal seperti ini. tugas kita hanya mengalah agar tidak terjadi adu mulut yang lebih fatal. Ketika salah satu pasangan emosi, jangan balas dengan emosi. 

Tapi balaslah dengan kasih sayang. Karena kasih sayang itu ibarat air. Sementara emosi adalah api. Dimana ketika api berkobar, air siap menyiram agar tidak semakin merambat dan membesar. Memang tidaklah mudah, tapi seni menjalani biduk rumah tangga memang begitulah. 

9. Ajak Liburan

Bisa juga dengan cara lain. Misalnya mengajak suami liburan. Pastikan memilih tempat liburan yang disukai oleh suami. Jika suami lebih suka kulineran daripada liburan, kamu bisa mengajaknya kulineran. 

Atau mungkin suami lebih senang dengan kegiatan lain. Intinya adalah ajaklah suami melakukan hal-hal yang dia senangi. Selama suami tidak peduli terhadap istri karena hal sepele, mengajak liburan bisa hilang. 

Jika salah satu penyebab suami tidak peduli perasaan istri karena ada orang lain, ini yang menjadi masalah dan PR baru. Karena dengan mengajak liburan saja tidak akan cukup. Semoga yang membaca artikel ini, tidak termasuk ke dalam kasus masalah ini ya. 

10. Berdoa

Tips kesepuluh suami tak peduli perasaan istri yang terakhir. Jika semua tips di atas sudah diupayakan sekuat tenaga. Namun tidak ada hasil sama sekali. Langkah terakhir hanya berpasrah, berdoa menyerahkan segalanya pada yang kuasa. 

Doa adalah kekuatan dan langkah terakhir. Karena dengan berdoa, akan mendapatkan petunjuk, akan mendapatkan ketenangan batin dan akan memiliki kekuatan batin dalam menghadapi permasalahan yang sekarang tengah terjadi. 

Berdoa yang terbaik adalah bukan menyerahkan, memasrahkan dan meminta solusi dan jalan keluar. Bukan berdoa yang sifatnya menuntut dan memarahi tuhan. Karena yakinlah, masalah itu hadir bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk membangun kualitas diri. 

Tuhan maha tahu apa yang kita tidak tahu. Tuhan memberikan masalah bukan untuk menjatuhkan kita. Tetapi untuk menaikan kualitas kita menjadi lebih baik lagi dan lebih dewasa. Masalah itu bukan hal yang perlu diratapi. Tetapi cukup untuk kita pelajari dan pahami. 

Dari sepuluh tips mengatasi suami tak peduli perasaan istri di atas. Semoga banyak memberikan gambaran, motivasi, dan inspirasi bagaimana menyikapi masalah. Ingat, tips di atas bukanlah tips baku yang menjamin hubungan kembali membaik. 

Tips di atas hanyalah stimulasi mencari solusi atas permasalahan suami tak peduli perasaan istri. Kamu bisa melakukan cara lain, yang sekiranya sesuai dengan sang suami. Karena yang lebih mengenal adalah pasangan. Semua itu tadi sebenarnya sudah dibahas lengkap dalam sebuah buku khusus mengenai pasangan suami istri.

Pahami apa saja yang harus dilakukan oleh suami kepada istri serta sebaliknya. Bahkan membahas secara ilmiah mengapa suami kadang bisa bosan dan tidak peduli kepada istrinya. Silakan baca pada buku berjudul Buku Mendapatkan Suami dan Istri yang Ideal dan Sempurna.

Penulis: Irukawa Elisa