Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok Untuk Introvert

pekerjaan yang cocok untuk introvert
promo tahun baru 30%

Setiap orang memiliki karakter kepribadiannya masing-masing. Ada yang yang berkepribadian introvert (tertutup) dan ada juga yang berkepribadian ekstrovert (terbuka). Dari kedua kepribadian di atas, kepribadian introvert lah yang paling merasakan kecemasan tinggi dalam bersosialisasi, jadi kami bukunesia merekomendasikan pekerjaan yang cocok untuk introvert.

Pertanyaannya adalah, apakah orang introvert harus berdiam diri dirumah? Tentu saja tidak. Bersosialisasi itu penting. Setidaknya bersosialisasi untuk bekerja. Lantas, pekerjaan yang cocok untuk introvert apa saja sih? Sebelum kita bahas satu persatu, kita intip terlebih dahulu apakah introvert bisa bekerja, dan mengetahui ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian introvert. 

Apakah Introvert Bisa Bekerja?

Apakah orang introvert bisa bekerja? Tentu saja. Jadi buat kamu yang merasa introvert tidak perlu khawatir. Selama ada usaha dan kemauan, pasti ada pekerjaan. Apalagi sekarang banyak pekerjaan yang dikerjakan di balik layar. 

Ada banyak divisi yang justru cocok diisi oleh orang-orang introvert dibandingkan orang ekstrovert. Di dalam dunia kerja, ada bagian yang cocok buat yang ekstrovert. Jika dilihat secara keseluruhan, pekerjaan orang yang introvert dan ekstrovert dua hal yang saling mengisi satu sama lain. 

Dimana bagian orang introvert melengkapi bagian pekerjaan ekstrovert. Begitu halnya dengan pekerjaan ekstrovert yang melengkapi bagian introvert. Ibarat sebuah botol, keduanya ibarat botol dan penutup botol. Jika salah satu diantara mereka tidak ada, maka isi didalam botol akan tumpah, berantakan. 

Ciri-Ciri Orang Introvert

Mungkin ada di antara kamu yang masih belum mengenali siapa dirinya? Nah, ada ciri spesifik orang yang memiliki kepribadian introvert, diantaranya sebagai berikut. 

1. Lebih Senang menyendiri 

Berkebalikan dari ekstrovert. Salah satu ciri yang paling menonjol introvert adalah, lebih senang menghabiskan waktu sendirian dibandingkan berkumpul bersama dengan banyak orang. Lebih senang menyendiri di rumah saja dibandingkan harus interaksi keluar rumah. Bahkan dalam hal pekerjaan, orang yang berkepribadian introvert lebih senang bekerja yang tidak mengharuskan berinteraksi dengan orang lain. 

2. Mudah Lelah Ketika Bersosialisasi 

Ada tipe orang yang senang, betah ketika bersosialisasi atau bertemu dengan banyak orang atau bersama dengan teman-temannya. Tapi, ada pula yang kebalikan. Saat ber berinteraksi dengan banyak orang, justru merasa lelah, stress dan banyak menguras energi. Karena memang orang introvert menikmati kesendirian mereka dibandingkan menghabiskan waktu dengan banyak orang. 

3. Suka Bekerja Sendiri 

Ciri seseorang berkepribadian introvert dalam dunia kerja, lebih senang bekerja sendiri dibandingkan dengan bekerja dalam sebuah tim. Mreka kurang cocok ketika bekrja dalam bentuk tim. Salah satu keunikan introvert adalah, justru saat bekerja lebih nyaman bekerja secara mandiri dan lebih lepas, daripada bekerja dengan banyak kepala.

4. Senang Bekerja Dibalik Layar 

Maka tidak heran jika orang introvert lebih senang bekerja di balik layar dibandingkan di depan layar. Atau lebih senang bekerja sebagai pekerja lepas yang bisa dikerjakan di rumah saja. Bahkan dalam hal urusan pertemanan juga lebih intens. Dimana orang yang memiliki kepribadian ini lebih senang berteman di lingkaran teman dekatnya saja.

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvert

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri orang introvert. Mungkin kamu merasa salah satu bagian di dalamnya? Lantas bingung terkait pekerjaan yang pas untuk introvert itu apa saja? Nah, berikut beberapa pekerjaan yang cocok untuk introvert. 

1. Penulis

Pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain dan orang asing adalah menjadi penulis. Kamu bisa menjadi penulis buku, penulis skenario atau menulis artikel. Sayangnya pekerjaan ini pas buat kamu yang memang memiliki ketertarikan di dunia literasi menulis. 

baca juga Ciri-Ciri Penulis yang Baik dan Sukses

Cocok juga buat kamu yang hobi dan suka membaca buku. Karena profesi penulis erat kaitannya dengan kesadaran akan membaca. Apapun itu bentuk bacaannya. Atau jika kamu ahli dalam membuat cerita dan menggambar, kamu juga bisa menjadi kartunis atau komikus. 

2. Programmer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert yang kedua adalah menjadi programmer. Jadi buat kamu yang sekarang masih duduk dibangku SMA/K/MA dan merasa karakter kamu adalah introvert. Maka kamu bisa mengambil jurusan programmer atau IT. Sehingga setelah lulus kuliah, bisa langsung menyasar pekerjaan menjadi programmer. 

Sekarang, hampir semua perusahaan membutuhkan programmer. Setidaknya kamu bisa bekerja di sana, mengembangkan kemampuan skill kamu di bidang pemrograman. Pekerjaan ini pun juga tidak menuntut kamu bertemu orang lain. Karena pekerjaanmu lebih banyak di balik layar. 

3. Administratif / Sekretaris

Sementara buat kamu yang perempuan introvert, juga ada pekerjaan yang pas buat kamu. Yaitu bisa menyasar pekerjaan di bagian administrative atau menjadi seorang sekretaris. Pekerjaan yang akan kamu hadapi dunia administrative yang mayoritas dikerjakan di balik layar.

4. Akuntan

Jika kamu lulusan SMK jurusan kejuruan, maka kamu bisa langsung bekerja sebagai akuntan. Atau mungkin kamu lulusan S1 akuntan? Kamu juga bisa menjadi menjadi akuntan profesional dengan bayaran yang cukup menggiurkan. Apalagi jika kamu berhasil masuk ke perusahaan besar dengan reputasi baik. 

Jobdesk akuntan memang tidak sekedar melakukan pembukuan saja. Tetapi ada banyak hal yang akan kamu lakukan. Namun satu yang pasti, kamu hanya bekerja dibelakang. Bahkan tidak ada interaksi dengan orang lain, kecuali dengan rekan kantor yang circlenya mungkin hanya itu-itu saja. 

5. Penerjemah

Adapun pekerjaan yang cocok untuk introvert. Yaitu menjadi penerjemah. Misalnya menerjemahkan buku dari bahasa asing diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Caranya bagaimana? Mudah kok. Kamu bisa masuk ke perusahaan. Bisa perusahaan penerbit buku yang memang mencari penerjemah untuk penulisan buku. 

Bisa juga membuka jasa secara mandiri. Bahwa kamu menerima jasa untuk menerjemahkan. Tidak hanya menerjemahkan buku tetapi banyak lain lain. Jika kamu punya cukup keberanian sedikit berinteraksi dengan dunia luar, kamu juga bisa saja menerjemahkan turis dari mancanegara yang berlibur ke Indonesia dan membutuhkan jasa tersebut. 

6. Desain Grafis/ UI UX

Punya keterampilan di bidang design? Nah, kamu bisa juga mengambil pekerjaan dibidang desain. Kamu bisa menjadi graphic designer, UI Designer ataupun desain lain. Barangkali ada diantara kamu yang belum mengetahui tentang UI Designer itu apa sih? 

Jadi UI Designer adalah bidang pekerjaan yang fokus pada mendesain produk aplikasi. Semntara graphic dsigner adalah pkrjaan yang mengharuskan kamu secara visual untuk memberikan pesan kepada customer.

7. Digital Marketer

Jika kamu memiliki ilmu dasar marketing. Maka pekerjaan yang pas untuk introvert adalah sebagai digital marketing. Dimana kamu menerapkan ilmu marketing secara digital. Setidaknya di sini kamu tidak langsung berhadapan dengan orang secara empat mata, tetapi melalui perantara digital. Kamu bisa menggunakan media seperti email, website hingga media sosial. 

8. Data Analyst

Pekerjaan sebagai data analyst ternyata salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert. Karena pekerjaan satu ini tidak mengharuskan kamu berinteraksi dan bertemu dengan orang lain. Kamu cukup duduk manis di tempat kerja, dan mengerjakan tugas sebagai data analyst. 

Itulah pekerjaan yang cocok untuk introvert. Dari beberapa pilihan di atas, pekerjaan mana yang sesuai dan pas dengan skill dan kemampuan kamu? Nah, buat kamu yang belum tahu skill kamu, mulai sekarang bisa dicari. 

Tips Mencari Pekerjaan Ala Introvert

Sudah menjadi rahasia umum bagi introvert jika butuh keberanian besar bisa melamar pekerjaan.  Alasannya pun sederhana, selain karena kurang percaya diri, juga karena banyak perasaan negative lain. Nah, untuk menghindari itu semua, berikut adalah tips mencari pekerjaan ala introvert. 

1. Hindari Kepala Menunduk 

Saat melamar pekerjaan, terutama saat dipanggil wawancara. Hindari kepala terlalu sering menunjuk. Sebisa mungkin kamu mengangkat kepala agar terpancar aura dan keberanian kamu. Karena terlalu intens menundukan kepala bisa diartikan tidak percaya diri, takut dan masih banyak hal lain. 

2. Membangun relasi 

Jika kamu merasa introvert. Maka kamu bisa melamar kerja dengan memanfaatkan relasi. Misalnya kamu punya teman di perusahaan A.  Selama reputasi kamu baik, kamu lebih berpotensi untuk diterima. Berlaku sebaliknya, jika reputasi jelek, maka bisa langsung ditolak. Setidaknya dengan bantuan relasi akan memudahkan kamu meyakinkan bahwa kamu pribadi yang profesional. 

3. Buang Rasa Minder

Adapun kesalahan umum saat melamar kerja bagi introvert. Yaitu memiliki rasa minder dan tidak percaya diri terlalu besar. Rasa minder ini pulalah yang seringkali menyebabkan seseorang ragu memasukan lamaran pekerjaan. Padahal dari perspektif orang lain, jika kamu dengan percaya diri dengan potensi dan kemampuan kamu, kamu bisa diperhitungkan dan memiliki potensi. 

4. Tonjolkan Kelebihan Seorang introvert 

Saat kamu berhasil lolos ke segmen wawancara. Umumnya akan ditanyakan tentang kelebihan dan kelemahan kamu. Nah, kamu bisa fokus menonjolkan kelebihanmu sebagai seorang introvert. Jika kamu tidak tahu apa kelebihan introvert kamu, maka bisa kamu renungkan dan kamu pikirkan. 

Hal yang paling penting. Setiap kelemahan pasti ada kelebihan. Karna kelemahan dan kelebihan dua hal yang beriringan satu sama lain. Misalnya, seorang introvert memiliki kemampuan bekerja lebih tekun, dan masih banyak lagi yang bisa kamu jadikan kelebihan. 

5. Latihan Wawancara

Jika kamu memiliki kecemasan tinggi saat wawancara. Maka kamu bisa latihan terlebih dahulu di rumah. Caranya pun mudah. Kamu bisa mencoba menjawab pertanyaan HRD. Kamu bisa latihan menjawab di depan cerpen. 

Lalu bagaimana dengan daftar pertanyaan. Kamu bisa mencari tahu dan bertanya ke mbah google. Tentang daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh HRD saat wawancara kerja. Maka kamu akan temukan daftar pertanyaan yang umum ditanyakan. 

Kesimpulan

Itulah beberapa ulasan seputar pekerjaan yang cocok untuk introvert. Buat kamu yang sampai detik ini masih takut melamar pekerjaan. Mulai saat ini mulai dilawan. Lawan rasa takut dan rasa tidak percaya diri. Karena musuh terbesar kita bukanlah orang lain. Tetapi diri sendiri. 

Salah satu cara agar menang melawan rasa negatif pada diri sendiri, yaitu dengan mengenali jati diri. Semakin kita mengenal siapa diri kita, maka semakin mudah kita melawan rasa takut. Dimana ketakutan itu bersumber pada pikiran kita. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. 

(Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok Untuk Introvert

pekerjaan yang cocok untuk introvert