Hal Wajib Perawatan Sebelum Menikah, Lakukan Ini

Perawatan sebelum menikah

Perawatan sebelum menikah memang penting diperhatikan bagi calon pengantin apalagi pengantin perempuan. Selain agar terlihat lebih fresh dan juga cantik. Buat kamu yang sebentar lagi menikah, mungkin penasaran dan mencari tahu, perawatan sebelum menikah apa saja sih?

Pernikahan bukanlah kegiatan upacara yang diramaikan saja. Namun, dari sisi agama ada banyak tujuan dan hikmah yang akan didapatkan apabila memutuskan menikah. Baca pada artikel khusus berikut : 5 Hikmah dan Tujuan Menikah Menurut Islam.

Di artikel kali ini kita akan mengupas lengkap perawatan sebelum menikah. Namun sebelumnya, intip dulu alasan kenapa perlu melakukan perawatan bagi wanita sebelum menikah berikut ini. 

Mengapa Harus Melakukan Perawatan Bagi Wanita?

Mengapa harus melakukan perawatan bagi wanita yang hendak menikah? Ternyata ada beberapa alasan kenapa perawatan itu penting bagi calon pengantin perempuan. Diantaranya sebagai berikut. 

1. Merilekskan Pikiran dan Tubuh 

Tidak dapat dipungkiri jika calon pengantin merasa lelah, fisik dan pikiran. Sudah menjadi rahasia umum jika sepasang calon pengantin banyak hal yang perlu dipersiapkan yang menguras tenaga, emosi yang melelahkan. 

Setidaknya dengan melakukan perawatan, akan merilekskan badan dan pikiran agar lebih fresh, kembali bersemangat. Tentu saja dengan perawatan wajah, akan membantu banyak dalam memberikan kesan segar, prima dan fresh saat hari h berlangsung. 

2. Menyehatkan Wajah

Alasan perawatan wajah sebelum menikah adalah untuk menyehatkan wajah dari keriput, kusam akibat sibuk mempersiapkan pernikahan yang happening. Setidaknya dengan perawatan wajah, akan meminimalisir terjadinya keluhan wajah seperti jerawat dan komedo. Bisa dibayangkan seperti apa rasanya jika hari H wajah berjerawat? Tentu saja kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan. 

3. Meminimalisir Penuaan Pada Wajah 

Meskipun saat hari pernikahan ada ritual merias wajah sesuai adat pernikahan yang hendak diangkat. Ternyata ada juga loh tipe yang saat di rias wajahnya terlihat boros atau terlihat tua. Nah, setidaknya melakukan perawatan sebelum menikah untuk meminimalisir penuaan pada wajah. Agar tampilan wajah tetap menarik dan terlihat muda. 

4. Terlihat Bersih Terawat 

Sudah sewajarnya jika wajah dilakukan perawatan akan terlihat lebih bersih terawat. Memang butuh konsistensi dan waktu luang untuk merawat wajah. Waktu yang diluangkan pun tidak perlu lama. Kamu bisa menyempat waktu luang dengan perawatan singkat.

Itulah beberapa alasan mengapa harus melakukan perawatan sebelum menikah. Bahkan, banyak pula loh pasangan pengantin yang melakukan perawatan lain. Misalnya perawatan tubuh, tidak hanya perawatan wajah. Nah, di sub di bawah akan kita ulas 12 alasan klise perawatan sebelum menikah.

Salah satu tujuan perawatan ini adalah juga supaya suaminya nanti tidak bosan terhadap istrinya karena mungkin kurang bersih. Nah, ada banyak alasan ternyata, kamu bisa membacanya di alasan dan cara mengatasi suami bosan terhadap istri.

Dua Belas Alasan Klise Perawatan Sebelum Menikah

Setelah intip mengapa harus perawatan sebelum menikah. Berikut ada beberapa hal yang sering dilakukan oleh calon pengantin dalam perawatan sebelum menikah. Langsung saja intip di bawah yuks. 

1. Perawatan Wajah

Perawatan sebelum menikah yang paling umum dan paling sering dilakukan oleh calon pengantin perempuan adalah perawatan wajah. Wajah menjadi unsur terpenting dan paling utama. Karena bagian wajah bagian yang paling terlihat, dan bagi umumnya laki-laki wajah menjadi hal umum dilihat.

Wajah juga paling rewel dan paling banyak dikeluhkan bagi kaum hawa. Bentuk keluhannya pun beragam. Mulai dari wajah berminyak, komedo, jerawat parah, hingga wajah kusam. Dimana masalah sepele ini sangat mengganggu aktivitas dan dapat mempengaruhi rasa kepercayaan diri. Itu sebabnya perawatan wajah paling banyak dilakukan oleh calon pengantin perempuan. 

2. Perawatan Kaki Tangan Dan Kuku 

Perawatan sebelum menikah yang paling umum dilakukan bagi calon pengantin perempuan adalah, perawatan kaki dan tangan. Termasuk juga perawatan kuku. Apalagi bagi perempuan yang sangat memperhatikan dan memperdulikan penampilan. 

Kaki dan tangan menjadi hal terpenting yang perlu mendapatkan perawatan ekstra. Apalagi bagi yang tidak mengenakan hijab. Melakukan perawatan kaki dan tangan agar terlihat putih/kuning, segar itu penting. Tentu akan terlihat aneh jika kulit tangan, kaki tertusuk kuku terlihat kusam bukan? 

Maka tidak heran jika calon pengantin perempuan melakukan perawatan bagian-bagian terbuka seperti tantan, kaki dan kuku. Bagaimana dengan yang menggunakan jilbab? Tentu melakukan perawatan kaki, tangan dan kuku juga boleh-boleh saja. 

3. Perawatan Mata

Siapa yang tidak punya mata? Setiap manusia lahir diberi kesempurnaan berupa mata. Dimana mata menjadi panca indra yang tidak sangat dasar. Ternyata, perawatan sebelum menikah dibagian mata juga banyak diminati. 

untuk perawatan mata itu sendiri pun ada banyak sekali model dan bentuknya. ada yang sifatnya perawatan yang sifatnya untuk performa dan kesehatan mata. misal melakukan nutrisi mata, melakukan kontrol mata dan melakukan perawatan mata dengan cara lepas pasang lensa kontak yang berkualitas. 

Ada juga yang melakukan perawatan yang sifatnya untuk estetik dan untuk kecantikan. Misalnya perawatan bulu mata, dan masih banyak lagi. Buat yang tahu fashion, pasti tidak merasa asing dengan perawatan sebelum menikah bagian mata ini. 

4. Perawatan Rambut

Rambut menjadi bagian perawatan sebelum menikah yang tidak kalah penting. Pasalnya, perawatan rambut dapat menentukan penampilan bagi calon pengantin perempuan loh. Umumnya perawatan rambut tidak melulu merapikan rambut saja, tetapi juga memotong rambut sesuai karakter wajah, agar terlihat lebih elegan dan lebih muda. 

Bagaimana dengan yang berhijab? Meskipun berhijab, banyak pula calon pengantin perempuan yang tetap melakukan perawatan rambut sebelum menikah. Bukan berarti orang yang berhijab tidak bisa melakukan perawatan. Justru karena sering berhijab, perlu melakukan perawatan rambut agar tetap sehat dan tidak rontok. 

5. Perawatan Bibir

Perawatan sebelum menikah yang kelima adalah, melakukan perawatan bibir. Perawatan bibir ini umumnya dilakukan oleh mereka yang punya keluhan seperti bibir kering dan pucat. Untuk hasil yang maksimal, perawatan bibir dapat dilakukan di klinik atau dokter spesialis. 

Bagaimana jika tidak punya budget? Tenang, karena kamu bisa melakukan perawatan sebelum menikah dengan harga ramah kantong. Misalnya dengan meminimalisir bibir kering dengan mengkonsumsi air putih cukup, menggunakan lip balm, mengkonsumsi buah dan masih banyak lagi. 

Jika kamu terbukti dan merasa bibir sensitif, maka kamu harus selektif. Terutama meminimalisir iritasi. Ada beberapa produk yang mengandung produk yang justru menyebabkan iritasi, seperti ada campuran kamper, kayu putih, dan perasa. Adapun bahan untuk campuran pelembab bibir yang justru menimbulkan bibir kering dan pecah-pecah lainnya, yaitu ada menthol, fenol, asam salisilat, oktinoksat, lanolin dan propyl gallate.

6. Perawatan Gigi

Perawatan sebelum menikah untuk gigi juga penting. Beberapa kasus tertentu, ada tipe orang yang mengalami keluhan pada gigi. Misalnya banyak kerak. Tentu saat hari H pernikahan ingin tampil cantik dan saat tersenyum gigi harus bersih, rapi dan bau enak bukan? 

Nah, kamu bisa melakukan perawatan dengan pembersihan karang gigi, atau melakukan treatment tertentu yang berkaitan tentang gigi. Jika orangtua dulu, susunan gigi pun dapat dijadikan untuk melihat karakter seseorang. Misal gigi persegi panjang bagian depan, maka orang tersebut memiliki karakter kuat dan energik serta memiliki rencana jangka panjang. 

Sementara susunan gigi runcing pada gusi, menunjukan karakter orang tersebut memiliki jiwa optimis dan dinamis, serta memiliki pemikiran imajinatif. Masih berbicara tentang gigi, ternyata ada juga orang yang tidak memiliki susunan gigi yang berantakan. 

Nah, buat kamu yang memiliki karakter gigi yang tidak beraturan, di era teknologi super canggih seperti sekarang, pasti ada solusinya. Banyak orang yang melakukan perawatan gigi dengan cara merapikan susunan gigi agar lebih presisi. Tentu biaya yang dikeluarkan tidak murah dan butuh proses waktu. Jadi buat kamu yang kurang percaya diri, bisa juga melakukan perawatan ini. 

7. Perawatan Kulit Leher

Buat kamu yang ingin melakukan perawatan leher tanpa mengeluarkan banyak uang. Kamu bisa melakukan perawatan sendiri menggunakan skincare yang lebih terjangkau. Misal, menggunakan sunscreen setiap hendak keluar rumah dan terpapar dengan sinar matahari secara langsung. Fungsi dari sunscreen adalah menghindari sinar uva dan uvb yang menimbulkan iritasi, bintik hitam hingga penuaan dini. 

Saat menggunakan skincare untuk di aplikasikan di leher. Pastikan jika kamu menggunakannya dengan benar. Gunakan skincare hingga ke lipatan dan kerutan kecil di leher. Dimana kerutan dan lipatan ini sering kurang diperhatikan, karena memang tidak banyak disadari. 

Oh iya, saat mengoles di bagian leher, jangan sampai memijat leher terlalu lama. Boleh memijat, waktu yang baik tidak boleh lebih dari 15 menit. Jika terlalu lama dan lebih dari itu, dikhawatirkan akan menimbulkan ketidaknyamanan. Nah, untuk jenis skincare perawatan kulit leher, kamu bisa menggunakan skincare yang kamu punya. Karena ketika berbicara produk tiap orang memiliki kecocokan yang berbeda-beda.

8. Pijat dan Lulur

Perawatan sebelum menikah yang wajib kamu lakukan adalah pijat dan lulur. Apalagi setelah melakukan aktivitas yang super padat mempersiapkan segala sesuatu untuk hari H pernikahan. Ketika hendak melakukan perawatan pijat dan lulur.

Manfaat pijat dan lulur ada banyak. Diantaranya bermanfaat mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit. Sehingga kulit terlihat lebih cerah, segar dan terlihat lebih bersih. Lulur juga dapat mengangkat kotoran sampai ke pori-pori, sekaligus mampu membersihkan bekas skincare yang menempel di kulit. 

Tips agar lulur hasilnya maksimal, jika dilakukan sendiri di rumah, kamu bisa sambil memijat-mijat ringan. Pijatan saat luluran bertujuan memberikan relaksasi dan melepas stress. Sementara buat kamu yang tidak bisa maksimal menggunakan luluran sendiri, dan memiliki cukup uang, maka kamu bisa  ke klinik kecantikan yang menyediakan pijat dan lulur. 

Sementara buat kamu yang menggunakan lulur dengan cara sendiri. Ada tips yang tidak kalah penting agar hasilnya lebih maksimal. Pastikan sebelum pijat dan lulur mandi dengan air hangat. Karena air hangat efektif membantu melembutkan kulit sekaligus membantu proses pengangkatan sel kulit mati. 

Saat menggunakan lulur, dan melakukan pijatan sendiri, kamu bisa memijat dengan arah memutar. Nah, rasakan hasilnya. Kamu akan merasakan dampak perubahannya. Setidaknya kulit terasa lebih ringan, rileks dan harum luar dalam.

9. Perawatan Area Payudara

Perawatan sebelum menikah yang selanjutnya adalah melakukan perawatan payudara. Bagi calon pengantin perempuan ini sangat penting. Salah satu fungsi melakukan perawatan payudara untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya kanker payudara atau dan mengalami keluhan tentang payudara. Misalnya keluhan puting kering, kendur bentuk dari gejala penuaan dan  masih banyak lagi. 

Bentuk perawatan payudara dapat menjaga tingkat kelembaban. Terutama buat kamu yang memiliki kulit sensitif, harus berhati hati memilih pelembab yang aman untuk kulit. Adapun cara terampuh dan aman, yaitu mengkonsumsi dan makan makanan sehat. 

Makanan sehat terbukti efektif untuk menyehatkan payudara. Adapun beberapa makanan yang terbukti mampu menurunkan risiko penyakit payudara fibrokistik, yaitu kedelai, tahu dan miso. Dimana beberapa jenis makanan ini mengandung daidzein dan genistein.

Baca juga: 9 Dosa Besar Istri Kepada Suami

10. Perawatan Area Organ Intim 

Perawatan sebelum menikah yang tidak kalah penting lain adalah perawatan wilayah organ intim. Meskipun terlihat sepele dan dianggap tabu jika membicarakan perawatan organ intim. Nyatanya, edukasi perawatan bagian vital ini sangat penting. 

Keluhan yang paling umum 

Kasus umum yang dikeluhkan pada wanita adalah bau busuk. Ternyata bau busuk yang muncul dari bagian intim perempuan disebabkan oleh bakteri vaginosis atau trikomoniasis. Nah, kamu bisa melakukan perawatan dengan cara menggunakan antibiotik khusus untuk mengobati dan menghempaskan bau tersebut. Bisa juga dengan cara lebih alami, yaitu menjaga kebersihan dan menjaga bagian vital tidak lembab. 

Adapun keluhan lain, misalnya gatal. Munculnya gatal bukan karena ada serangga, tetapi akibat keputihan. Keputihan ada dua macam, keputihan normal dan abnormal. keputihan abnormal inilah yang bisa menimbulkan gatal akibat terjadi reaksi kulit. keputihan muncul dapat pula disebabkan oleh reaksi sabun ataupun cairan pembersih.

11. Kebugaran Diri 

perawatan sebelum menikah tidak hanya fokus pada perawatan yang terlihat oleh mata saja. Tetapi juga perlu memperhatikan kebugaran diri. Rajin olahraga tidak hanya menjadikan kita menjadi lebih sehat secara jasmani, tetapi juga memiliki gerak lebih aktif. 

Tidak sekedar itu saja. rajin olahraga juga salah satu upaya meminimalisir mengalami potensi penyakit mematikan. Misalnya, menghindari risiko kolesterol, jantung, dan masih banyak lagi. Rata-rata orang yang mengalami sakit yang mengancam nyawa,  karena malas berolahraga. 

Apalagi buat kamu yang kesehariannya hanya bekerja duduk. Jika hal ini terjadi, segera lakukan gerakan dan olahraga agar tidak menimbulkan beberapa penyakit. Karena bekerja di dalam ruangan, jangan terkena sinar matahari, jarang mengeluarkan keringat dan jarang menggerakan anggota tubuh, dapat berdampak bahaya. 

Gejala ringannya, mudah lelah. Padahal baru pengantin baru, butuh tenaga lebih agar memiliki tenaga lebih. 

12. Kesegaran 

Perawatan sebelum menikah selain beberapa poin di atas, ada beberapa cara lain. Yaitu menjaga kesegaran tubuh dengan menjaga kesehatan. Cara menjaga kesehatan selain dengan olahraga, bisa dilakukan dengan makan makanan yang sehat. 

Banyak kasus, dimana orang yang memiliki pola makan cepat saji dan suka gorengan memiliki risiko mengalami diabetes, darah tinggi, kolesterol dan jantung. Memang ketiga hal ini mereka saling berkaitan satu sama lain. 

Maka dari itu, sebelum menikah hingga setelah menikah menjaga kesegaran makanan itu penting. Hindari makan makanan cepat saji dan tidak menyehatkan. Jika perlu, konsumsi banyak sayur dan buah yang kaya akan serat.  Biasakan pula masak makanan dari olahan sendiri, karena dari segi bahan, kebersihan lebih terjamin. 

Itulah beberapa perawatan sebelum menikah yang sering dilakukan oleh calon pengantin perempuan. Oh iya, buat calon pengantin laki-laki, juga perlu melakukan perawatan. Karena perawatan tidak hanya diperuntukan untuk pihak pengantin perempuan saja, tetapi juga pengantin laki-laki. 

Buat kamu yang sedang sibuk mempersiapkan pernikahan, semoga dilancarkan dan langgeng sampai akhir hayat. Semoga sedikit ulasan tentang perawatan sebelum menikah ini memberikan manfaat. 

Nah, ada buku rekomendasi untuk suami ataupun istri yang ingin menjaga hubungan dengan baik, yaitu harus tau kebutuhan dasar suami dan istri itu sendiri. Sebab, banyak dari istri yang tidak tau sebenarnya kebutuhan suami itu seperti apa salah satunya yang paling sederhana sudah dibahas di atas terkait perawatan.

Untuk mengetahuinya, silakan baca pada Buku Mencari Suami atau Istri yang Sempurna. Buku ini tidak hanya cocok untuk yang mau mencari pasangan tetapi juga sangat relevan untuk yang sudah menikah.

Penulis: Irukawa Elisa