Perbedaan Entrepreneur dan Entrepreneurship

Perbedaan Entrepreneur dan Entrepreneurship
promo tahun baru 30%

Kita kerap kali mendengar istilah entrepreneur dan juga entrepreneurship. Bahkan, seringkali kita memahami bahwa dua istilah tersebut memiliki makna yang sama dan juga pengertian yang sama. Tetapi, sebenarnya apasih perbedaan entrepreneur dan entrepreneurship?

Di bawah ini akan dijelaskan dengan jelas mengenai apa itu entrepreneur dan apa itu entrepreneurship, lengkap dengan contoh-contohnya agar Anda lebih memahami mengenai entrepreneur dan entrepreneurship.

Pengertian Entrepreneur dan Entrepreneurship

Meskipun entrepreneur dan entrepreneurship sama-sama berasal dari kata entrepreneur, akan tetapi keduanya memiliki arti yang berbeda. Di bawah ini akan dijelaskan pengertian, perbedaan, bahkan contoh dari entrepreneur dan entrepreneurship.

1. Pengertian Entrepreneur

Secara umum, entrepreneur adalah seseorang yang menciptakan ide kreatif dan juga mengambil semua langkah. Bahkan, seorang entrepreneur dinilai mampu mengubah suatu hal menjadi sebuah kenyataan. Sehingga, dalam melakukan tindakan atau dalam bertindak, seorang entrepreneur akan bertindak dalam membangun sebuah usaha di bidang tertentu.

Kemudian nantinya, seorang entrepreneur tersebut memiliki peluang yang menarik untuk para konsumen di pasaran sehingga dapat bersaing dengan para kompetitor yang lainnya. Entrepreneur juga dapat disebut sebagai seorang wirausaha yang mana mereka akan melakukan suatu kegiatan yang dilakukan secara mandiri.

Seorang entrepreneur juga dapat diartikan sebagai seseorang yang mampu mengaplikasikan berbagai ide baru untuk memulai bisnis yang dijalankannya. Entrepreneur juga dapat diartikan sebagai seorang individu yang mampu menciptakan bisnis baru, siap menanggung risiko, dan juga sebagai imbalannya, mereka bisa menikmati sebagian besar keuntungan.

Meski demikian, beberapa orang menganggap bahwa entrepreneur dan pengusaha adalah sama. Akan tetapi faktanya, keduanya memiliki perbedaan mendasar, yang mana seorang entrepreneur ini lebih mengedepankan inovasi, sementara pengusaha lebih fokus menjalankan usahanya sendiri.

2. Contoh Entrepreneur

Dari pengertian yang telah dipahami di atas, maka Anda dapat mengambil beberapa contoh entrepreneur yang ada di sekitar kita. Berikut adalah beberapa contoh entrepreneur yang ada di sekitar kita:

a. Ecopreneur: ecopreneur adalah orang yang bergerak dalam bidang bisnis dan menciptakan produk yang ramah lingkungan. Umumnya, mereka menjalankan bisnisnya dengan tetap menjaga keseimbangan kondisi alam dan lingkungan.

b. Foodpreneur: foodpreneur juga bisa disebut sebagai profesi yang terus digemari dan meningkat peluangnya, apalagi selama masyarakat masih membutuhkan makanan dan minuman.

c. Artpreneur: artpreneur merupakan istilah yang artinya sama dengan seniman, yang mana mereka adalah orang yang hadir dengan berbagai ide kreatif di dalam bidang seni. Seorang artpreneur tidak hanya membuat karya saja, tetapi juga memiliki kreativitas dan juga inovasi dalam memasarkan karyanya.

d. Sociopreneur: seorang sociopreneur merupakan orang yang menjalankan bisnis dengan tujuan ganda, yaitu mendapatkan keuntungan dan melakukan kegiatan sosial yang menghasilkan manfaat bagi sekitarnya.

3. Pengertian Entrepreneurship

Jika entrepreneur merupakan orang yang bertindak, maka entrepreneurship merupakan suatu proses atau kegiatan dalam hal memulai, mengembangkan, mengelola, bahkan hingga mengoperasikan kegiatan usaha yang akan dijalankan di pasaran. Entrepreneurship lebih kepada suatu cara atau strategi yang dilakukan untuk mengembangkan usaha di pasaran.

Secara bahasa, entrepreneurship artinya adalah kewirausahaan yang mana artinya entrepreneurship merupakan ilmu yang digunakan oleh seorang entrepreneur dalam menjalankan aktivitas bisnis baik produksi dan lain sebagainya yang memanfaatkan tiga sumber daya, yaitu sumber daya alam, tenaga kerja, dan juga modal.

Jiwa entrepreneurship ini didapatkan dengan pelatihan bisnis, kuliah bisnis, dan juga praktik langsung ketika menjalankan usaha.

4. Contoh Entrepreneurship

a. Entrepreneurship di bidang ecopreneur

Lidya Wijaya merupakan pendiri TY Vision yang mana merupakan usaha atau bisnis dengan fokus hubungannya dengan lingkungan, contohnya pengelolaan botol bekas skincare dan limbah skincare. Target usahanya adalah menjangkau kaum remaja atau dewasa untuk mengumpulkan limbah atau botol bekas skincare yang kemudian bisa di-recycle menjadi berbagai bahan yang bermanfaat.

b. Entrepreneurship di bidang sociopreneur

Pendiri Gojek Nadiem Makarim mementingkan kepentingan sosial lingkungan sekitar yang menyelesaikan permasalahan ojek dengan tarif tidak pasti dan dapat mengangkat profesi pengemudi ojek menjadi lebih baik lagi.

Keuntungan Entrepreneur

Dari pengertian dan contoh di atas, berikut adalah keuntungan menjadi seorang entrepreneur.

  1. Dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain
  2. Menjadi bos di usahanya sendiri
  3. Bekerja dengan waktu yang fleksibel
  4. Leluasa menggunakan idenya
  5. Mampu mengembangkan bakat dan potensi
  6. Belajar menjadi pemimpin
  7. Mendapat keuntungan besar
  8. Membawa perubahan bagi sekitar

Silahkan membaca artikel bisnis lainnya di bukunesia

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Perbedaan Entrepreneur dan Entrepreneurship

Perbedaan Entrepreneur dan Entrepreneurship