Ketahui Perbedaan Fotografi dan Fotografer Sebelum Terjun Kerja

perbedaan fotografi dan fotografer
promo tahun baru 30%

Kita yang awam dan suka dengan foto dari kegiatannya hingga hasilnya, pasti agak kesulitan masalah perbedaan fotografi dan fotografer. Apalagi digital saat ini menuntut kita semua untuk memiliki seni fotografi. 

Ternyata fotografi dan fotografer dua hal yang berbeda. penasaran, apa saja sih perbedaan perbedaan fotografi dan fotografer? Kamu bisa temukan jawabannya di sini. Namun sebelumnya kita intip pengertian diantara keduanya terlebih dahulu. 

Baca juga Contoh Passion yang Bisa Menghasilkan Uang Banyak

Perbedaan Fotografi Dan Fotografer

Fotografi dapat dimaknai sebagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan aktivitas melukis cahaya sehingga menjadi sebuah foto. Berbeda dengan fotografer, yang fokus pada user atau subjek yang menjalankan aktivitas fotografi. Fotografer dapat pula diartikan sebagai seseorang yang menekuni atau bekerja sebagai tukang memotret, berdasarkan seni dan kreativitas orang tersebut.

Pengertian Fotografi

pengertian fotografi secara umum dapat diartikan sebagai proses menangkap media cahaya, yang kemudian lebih familiar kita kenal sebagai proses menangkap gambar melalui kamera. Penangkapan gambar dan kamera inilah yang akan nantinya akan menghasilkan karya seni. Kemudian dari hasil karya tersebut, dapat dipublikasikan atau dipertontonkan ke masyarakat umum, untuk dinikmati. 

Fotografi memiliki prinsip kerja, yaitu memfokuskan cahaya. Cahaya yang dibiaskan akan membakar medium penangkap cahaya. Ketika penangkapan cahaya tepat di ambil, akan menghasilkan bayangan identik. Itu sebabnya, untuk menghasilkan sebuah resolusi foto yang bagus, perlu memperhatikan waktu-waktu pemotretan. 

Misalnya di pagi hari dan waktu sore hari, adalah waktu yang tepat mendapatkan hasil foto dengan resolusi terbaik. Bisa juga memotret dengan bantuan cahaya tambahan seperti lampu LED. Hanya saja bagi pemula, lebih disarankan dengan cara yang dasar dan yang murah meriah.

Kamu pun bisa mempelajari ilmu fotografi menggunakan kamera sederhana. Misalnya menggunakan smartphone. Jadi buat kamu yang memang ingin mendalami ilmu fotografi, tidak harus memiliki kamera profesional, karena harganya pun tidak semua bisa membeli. 

Minimal ilmu fotografi kamu kuasai dasar-dasarnya. Sisanya, praktek menggunakan kamera smartphone. Apalagi sekarang fitur kamera di smartphone tidak kalah canggih dan keren. Tentu saja ini bisa dimanfaatkan dengan baik. 

Pengertian Fotografer

Sementara yang disebut dengan fotografer adalah user atau seseorang yang memiliki kemampuan menangkap momen lewat seni fotografi dengan kualitas terbaik. Bisa dibilang, fotografer adalah seseorang yang tidak sekedar bisa memotret saja. Tetapi mereka memiliki skill dan seni dalam pengambilan angle foto ataupun menangkap momen yang sedang terjadi secara proporsional. 

Fotografer dapat pula diartikan sebagai profesi yang bertanggungjawab untuk mengambil gambar (foto) menggunakan kamera mereka. Dimana foto yang diambil mampu membangkitkan emosi penikmat foto. Karena memang foto tersebut diambil sesuai moment. Berbicara mengambil foto pun ada banyak cara. Bisa dilakukan di dalam studio, bisa juga dilakukan di luar ruangan saat jalan-jalan, atau sedang menghadiri sebuah event ataupun kegiatan lain. 

Seorang fotografer memiliki seni dalam pengambilan gambar, agar menghasilkan foto yang tidak sekedar memiliki resolusi tinggi, tetapi juga memiliki visi artistik dan sentimentil. Untuk menghasilkan itu semua, dibutuhkan penguasaan peralatan kamera dan ilmu dalam dunia fotografi. 

Bidang fotografer itu sendiri ada dua jenis, yaitu fotografer komersial yaitu setiap hasil gambar yang diambil bisa dikomersialkan. Ada juga bidang fotografer jurnalis yang mana hasil foto yang ditangkap adalah foto bercerita yang memiliki emosi. Ada juga fotografer udara dan fotografer seni rupa.

Jika ingin menjadi fotografer terkenal dan berpenghasilan besar, tentu saja tidak bisa diperoleh secara instans. Semua butuh proses, dan latihan. Salah satu tipsnya, sering-sering memotret dari berbagai gaya, model dan trik. Semakin sering praktek, semakin banyak hal yang akan kamu temukan di sana. Di sinilah awal mula keberhasilan menjadi seorang fotografer. Jam terbang tidak dapat diragukan lagi. Karena dengan praktek dan jam terbang, sebagai guru terbaik. 

itulah perbedaan fotografi dan fotografer yang paling menonjol. Meskipun keduanya dua hal yang berbeda, keduanya saling berhubungan satu sama lain. Tanpa peran fotografer, fotografi tidak akan menghasilkan sebuah karya yang spektakuler. Begitupun juga sebaliknya. 

Setelah mengetahui perbedaan fotografi dan fotografer di atas, barangkali ada diantara kamu yang tertarik ingin mendalami dan menjadi seorang fotographer profesional? Mulai sekarang kamu bisa belajar ilmu fotografi tentang penguasaan perangkat kamera, prinsip pencahayaan dan angle kamera, macam-macam fotografi dan masih banyak lagi yang sebenarnya bisa kamu eksplore di sini. tentu saja dari hasil foto, kamu bisa mendapatkan cuan yang menjanjikan. 

(Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Ketahui Perbedaan Fotografi dan Fotografer Sebelum Terjun Kerja

perbedaan fotografi dan fotografer