Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha, 5 Menit Langsung Paham!

perbedaan wiraswasta dan wirausaha
promo tahun baru 30%

Di tahun 2023 menjadi seorang wirausaha adalah hal yang biasa, namun jika kamu memiliki ilmu yang lebih dibidang wiraswasta akan menjadi wirausaha yang berbeda dari yang lain. lalu apa sih perbedaan wiraswasta dan wirausaha?

Meski secara bahasa hampir mirip, akan tetapi wiraswasta dan wirausaha ini adalah dua hal yang sangat berbeda. Oleh sebab itu, untuk mengenal dan mengetahui apa perbedaan wiraswasta dan wirausaha. di bawah ini akan dijelaskan dengan mendalam mengenai berbagai hal yang terkait wiraswasta dan wirausaha.

Pengertian Wiraswasta dan Wirausaha

1. Pengertian Wiraswasta

Wiraswasta merupakan sebutan untuk seseorang yang melakukan pekerjaan secara mandiri. Artinya pekerjaan yang dilakukannya tidak ditentukan oleh atasan karena wiraswasta tidak memiliki atasan. Selain itu, wiraswasta juga dapat diartikan sebagai usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok, guna memberi nilai tambah pada suatu produk dan memberi kepuasan pelanggan.

Wiraswasta juga dapat diartikan merupakan seorang yang berani mengambil sikap, berpikir, dan juga berani mengambil tindakan yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, agar mereka bisa menciptakan pekerjaan atau bahkan berkarier secara mandiri. 

Selain itu, wiraswasta biasanya juga memiliki dorongan atau motivasi yang mana mereka mampu menciptakan sesuatu yang baru atau berbeda. Sehingga umumnya, mereka memiliki kekuatan untuk menggunakan waktu dengan kegiatan yang menunjang usahanya, memahami tentang modal, dan juga menerima berbagai kepuasan dari usaha yang ia jalani.

2. Pengertian Wirausaha

Berbeda dengan wiraswasta, wirausaha merupakan suatu bentuk keberanian serta kesiapan yang dimiliki oleh seseorang untuk menanggung risiko yang akan diterimanya terhadap pekerjaan yang mereka tekuni. Pekerjaan yang dimaksud adalah modal usaha untuk orang yang menjalankan usaha dengan sarana, tenaga, serta modal yang dimilikinya sendiri.

Secara umum, wirausaha dapat diartikan sebagai bentuk kemampuan dari seseorang dalam mengelola kreativitas menjadi suatu inovasi yang dilakukan dengan jeli, yang mana mereka memiliki kemampuan untuk dapat membentuk suatu peluang yang dapat menciptakan usaha atau bisnis.

Wirausaha juga disebut sebagai seseorang yang dapat melakukan gebrakan pada sistem perekonomian dengan cara menawarkan barang atau jasa baru. Wirausaha biasanya memiliki tujuan yaitu menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah.

Fokus Usaha Wiraswasta dan Wirausaha

Setelah memahami pengertiannya, berikut adalah fokus usaha masing-masing, baik itu wiraswasta maupun wirausaha.

1. Fokus Usaha Wiraswasta

Wiraswasta umumnya memiliki fokus terhadap berbagai jenis pekerjaan. Selain itu, para wiraswasta juga berani mengambil pekerjaan meski dengan visi jangka pendek. Misalkan seorang freelancer yang ahli di berbagai bidang, seperti content writer, fotografer, desain grafis, dan lain sebagainya.

Sehingga, fokus usaha seorang wiraswasta lebih kepada banyak hal atau menguasai bidang usaha apa saja, meskipun proyek atau pekerjaan yang ia lakukan memiliki batas waktu tertentu.

2. Fokus Usaha Wirausaha

Berbeda halnya dengan wiraswasta yang mampu menguasai berbagai bidang, wirausaha ini lebih berfokus pada urusan yang sifatnya bisnis. Misalnya membuat strategi, rancangan, evaluasi usaha, pengembangan, dan lain sebagainya yang mana mengarah ke kebutuhan jangka panjang.

Bahkan, bisnis yang dijalankan wirausaha ini memiliki fokus usaha atau target yaitu bisa bertahan hingga berpuluh-puluh tahun atau bahkan turun-temurun ke anak cucu.

Kepemilikan Aset Wiraswasta dan Wirausaha

Sementara itu, untuk kepemilikan aset atau dana yang dibutuhkan dalam mengembnagkan usaha, wiraswasta dan juga wirausaha juga memiliki perbedaan.

1. Kepemilikan Aset Wiraswasta

Kepemilikan aset seorang wiraswasta ini pada dasarnya tidak bergantung secara penuh. Hal ini karena wiraswasta biasanya bekerja dengan orang lain. Misalnya Anda adalah seseorang yang bekerja di jasa editor grafis. Sebagai seorang karyawan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli alat baik itu komputer, mesin cetak, mesin produksi, sewa tempat, dan lain sebagainya.

Artinya, Anda hanya perlu mengembangkan usaha tersebut dan sebagai wiraswasta Anda bisa bekerja dengan nyaman di dalamnya tanpa harus memikirkan berbagai strategi yang berjalan di usaha tersebut.

2. Kepemilikan Aset Wirausaha

Sementara itu, seorang wirausaha memiliki kepemilikan aset penuh atau sepenuhnya kepemilikan aset adalah milik seorang wirausaha. Hal ini akhirnya yang membuat para wirausaha harus bertanggung jawab secara mandiri untuk usahanya, baik dari modal, anggaran pengembangan, hingga pengelolaan yang kaitannya adalah dengan usaha.

Lingkup Bisnis Wiraswasta dan Wirausaha

Wiraswasta dan juga wirausaha juga memiliki perbedaan pada sektor atau segi lingkup bisnis, yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Lingkup Bisnis Wiraswasta

Ruang lingkup atau lingkup bisnis seorang wiraswasta pada dasarnya tidak menjadi hal utama. Hal ini karena pokok bisnisnya adalah sampai di satu fokus usaha saja, sehingga tidak melebar ke mana-mana.

2. Lingkup Bisnis Wirausaha

Semetara itu, wirausaha yang memiliki bisnis berbagai hal, misalnya seorang biro perjalanan wisata, mereka akan menawarkan jasa dokumentasi perjalanan berupa foto atau video sebagai penawaran tambahan bagi pelanggan agar semakin tertarik.

Perencanaan ke Depan Wiraswasta dan Wirausaha

Baik wiraswasta maupun wirausaha tentu memiliki inovasi serta rencana untuk masa mendatang atau masa depan. Berikut perencanaan ke depan baik itu wiraswasta maupun wirausaha.

1. Perencanaan ke Depan Wiraswasta

Seorang wiraswasta biasanya hanya memiliki fokus pada bagaimana pergerakan bisnis yang ada pada saat ini. Artinya, mereka cukup puas dengan hasil yang didapatkannya dalam menjalankan atau melakukan sebuah usaha.

2. Perencanaan ke Depan Wirausaha

Sementara itu, seorang wirausaha dalam perencanaan ke depannya harus memerhatikan perkembangan zaman, tren, dan juga teknologi yang terbaru dan juga sedang berlangsung. Hal ini karena aspek-aspek tersebut akan mempengaruhi perkembangan bisnis di masa mendatang.

Pola Pikir Wiraswasta dan Wirausaha

Baik seorang wiraswasta maupun seorang wirausaha tentu memiliki pola pikir masing-masing. Berikut adalah perbedaannya.

1. Pola Pikir Wiraswasta

Pola pikir seorang wiraswasta cenderung lebih berfokus pada bagaimana pekerjaan dan targetnya saat itu, tetapi tidak terlalu berpikir bagaimana strategi dan juga kepercayaan orang kepada dirinya. Ia hanya berpikir mengerjakan atau menjalankan pekerjaan terbaik versi dirinya sendiri.

2. Pola Pikir Wirausaha

Seorang wirausaha memiliki 3 elemen pemikiran, yaitu pada kepercayaan, fokus, dan juga sikapnya. Seorang wirausaha biasanya memiliki kepercayaan yang berkaitan dengan bagaimana seseorang percaya akan dirinya sendiri dalam menjalankan bisnis, produk, dan juga servisnya.

Sementara itu, fokus yang dijalankannya adalah mengejar tujuan yang pasti. Artinya, untuk melihat kesempatan dari masalah, mereka dapat mencapainya dengan fokus dengan tujuan dan tidak memedulikan pendapat orang lain yang bersebrangan dengan tujuannya. Sementara itu, sikap seorang wirausaha adalah mental dan karakter yang kuat, baik dalam menjalankan bisnis atau mengambil keputusan.

Ciri-ciri Wiraswasta dan Wirausaha

Setelah memahami pengertian dan juga berbagai perbedaan, Anda juga harus memahami ciri-ciri antara wiraswasta dan juga wirausaha.

1. Ciri-ciri Wiraswasta

Berikut adalah ciri-ciri seorang wiraswasta:

  1. Disiplin dan memiliki dedikasi tinggi
  2. Memahami passion yang dimiliki
  3. Memiliki rencana untuk masa depan

2. Ciri-ciri Wirausaha

Berikut adalah ciri-ciri seorang wirausaha:

  1. Memiliki kemampuan khusus di bidang manajemen
  2. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi
  3. Berani mengambil risiko
  4. Berorientasi pada tugas dan hasil
  5. Memiliki pola pikir out of the box
  6. Memiliki dan mampu membuat inovasi
  7. Memiliki jiwa kepemimpinan

Jika Kamu adalah salah satu wirausaha dan ingin menerbitkan buku tentang bagaimana kisah, perjalanan, atau cara menjadi wirausaha, bukunesia memiliki layanan seperti ini yang cocok untuk kamu. langsung aja mumpung ada promo pra cetak 30%.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha, 5 Menit Langsung Paham!

perbedaan wiraswasta dan wirausaha