Menakjubkan, Keajaiban Sholat Tahajud 40 Hari Berturut Turut

sholat tahajud 40 hari
banner-download-ebook

Keutamaan Sholat Tahajud 40 Hari Berturut Turut tidak hanya membukakan pintu rezeki. Ada fadhilah (keutamaan) yang akan kamu rasakan. Tentu saja untuk bisa merasakan keutamaan ini, jika dijalankan karena lillahi ta’ala. 

Sebenarnya ada banyak jalan yang Allah SWT tawarkan untuk mendekatkan diri dan mengumpulkan amal baik. Salah satunya dengan sholat tahajud. Dan berikut adalah beberapa Keutamaan Sholat Tahajud 40 Hari Berturut Turut.

1. Sehat Rohani 

Digitalisasi memaksa kita semua untuk mencerna banyak informasi. Belum lagi pengaruh pergaulan yang circlenya tidak baik. Belum lagi tuntutan pekerjaan yang cukup memusingkan. Banyaknya tekanan di dunia bertubi-tubi menyerang tubuh. 

Ketika tubuh tidak mampu mencerna dan mengontrol dengan baik. Maka dapat merusak rohani kita. Setidaknya dengan sholat tahajud selama 40 hari mengontrol segala tekanan dunia menjadi lebih ringan. 

Pikiran dan hati yang memiliki ketenangan jiwa, memiliki pola pikir yang lebih ringan dan santai. Segala tekanan dunia yang masuk, bisa disikapi dengan bijak, bahwa semuanya adalah ujian yang harus dijalani dengan sabar. 

2. Dikabulkan Doanya

Keutamaan sholat tahajud 40 hari berturut-turut adalah, doa dan keinginan mudah dikabulkan. Menjalankan sholat tahajud karena lillahi ta’ala akan menjadi kekasih Allah SWT. Ketika seorang hamba sudah menjadi kekasihnya. Apapun yang diinginkannya akan dituruti. 

Sama seperti halnya dengan kisah kasih manusia. Ketika kita mencintai seseorang, kita berusaha memenuhi apa yang diinginkan. Hanya saja, kadar kasih sayang Allah SWT jauh lebih luas dan sangat halus. Hanya orang-orang pilihan yang mampu memahaminya. 

3. Penolong Di Akhirat

Untuk menuju ke surga, Allah memberikan keleluasaan untuk mencapainya. Salah satunya dengan jalan sholat tahajud. Amalan sholat tahjud dapat dijadikan sebagai penolong saat di akhirat. 

4. Menghapus Dan Mencegah Perbuatan Dosa

Keutamaan Sholat Tahajud 40 Hari Berturut Turut jika Allah Meridhoi, maka dosa-dosa yang kita perbuat akan di hapus. Ketika sedikit dosa yang kita miliki, semakin mudah apa yang kita inginkan untuk dikabulkan. 

Karena dosa adalah penghalang pintu rezeki dan penghalang kedamaian hati. Ketika seseorang banyak dosa, sulit rasanya menerima nasihat, perasaan dominan “Ini loh aku”, dan masih banyak lagi yang sifatnya merusak dan mengarahkan pada cacat secara rohani. 

5. Pikiran Jadi Tenang Dan Segar

Keutamaan sholat tahajud 40 hari berturut-turut akan memberikan ketenangan berpikir. Seorang hamba yang memiliki kedekatan dengan Allah SWT sudah tidak lagi mengkhawatirkan urusan dunia hingga mati. 

Seorang hamba yang mampu bersinergi dengan RahmatNYA memiliki pola berpikir yang berbeda. Bahwa hidup ini hanya mampir ngombe, dan tahu betul bahwa apa yang dimiliki hanya titipan. Sehingga tidak ada yang perlu diperjuangkan hingga terjadi pertumpah darahan. 

Segala yang terjadi, semua atas kehendaknya. Setiap permasalahan yang sudah dikehendaki, pasti memberikan hikmah dan pesan kehidupan bagi orang yang mau berfikir. Sehingga seorang hamba yang sudah mampu bersinergi dengan rahmatNya, hidup lebih tenang dan lebih enjoy dengan carut marut dunia yang fana dan melelahkan ini. 

6. Dijauhkan Dari Neraka

Banyak amalan yang bisa dijadikan bekal pulang. Yaitu dengan sholat tahajud. Pasalnya, sholat tahajud yang dilakukan selama 40 hari, dapat mengubah kebiasaan. Ketika sholat tahajud sudah menjadi kebiasaan, dan dilakukan dengan niat ikhlas. Maka amalan dapat dijadikan sebagai amalan. 

Amalan-amalan baik inilah yang dapat dijadikan sebagai penolong. Sebagai manusia biasa, pastinya banyak dosa yang disengaja ataupun yang tidak di sengaja. Diharapkan, dengan amalan sholat Tahajud ini bisa dijadikan untuk menjauhkan dari siksa api neraka. 

Baca juga Dahsyat, Keajaiban Sholat Tahajud 7 Hari 7 Malam

7. Perantara Masuk Ke Surga

Orang yang sholeh adalah orang yang sudah menjadi kekasih Allah SWT lewat amalan dan perbuatan baik yang dijalankankan di dunia. Amalan-amalan baik, termasuk sholat tahajud inilah, yang bisa menjadi sarana atau perantara masuk ke surge. 

8. Kebiasaan Orang-orang Sholih 

Keutamaan Sholat Tahajud 40 Hari Berturut-turut dapat dimasukan ke dalam kebiasaan orang-orang sholeh. Diman kebiasaan sholat malam adalah kebiasaan luar biasa. Tidak banyak orang yang bisa melakukan amalan ini. Godaan sholat malam pun berat. Dalam Surat At-Tirmidzi pun tertulis sebagai berikut.

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ

لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ

“Hendaknya kalian melakukan shalat malam, karena shalat malam adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, dan sesungguhnya shalat malam mendekatkan kepada Allah, serta menghalangi dari dosa, menghapus kesalahan, dan menolak penyakit dari badan.” (Sunan At-Tirmidzi: 3549)

9. Dijauhkan Dari Kemunafikan

Keutamaan sholat tahajud 40 hari berturut-turut akan dibukakan kepekaan hati.Termasuk anugrah untuk menilai dan memilih keputusan. Orang yang bersih hatinya, akan lebih peka dalam melihat perilaku, sikap dan intrik orang yang mengajak kea rah kemunafikan. 

Ketika seorang hamba mampu melihat, bahwa itu ajakan kemunafikan. Setidaknya mampu menolak dan memilah. Karena, seringkali banyak yang terjerumus ke kemunafikan karena ketidaktahuan dalam memilih pertemanan, dan hati dan pikiran tertutup. Sehingga tidak memiliki kepekaan dan sensitivitas. 

10. Kemudahan Semua Kebutuhannya

Adapun keutamaan sholat tahajud lain. Yaitu diberikan kemudahan segala urusan dan kebutuhan. Contoh sederhana, secara logika dengan gaji bulanan tidak dapat mencukupi kebutuhan. Namun, atas kehendak dan izin Allah, selalu ada banyak jalan Allah memenuhi kebutuhan setiap hambanya. 

Secara tidak langsung, inilah bukti bahwa Allah menghidupi setiap makhluknya. Bukti bahwasanya hidup itu tidak melulu sesuai logika. Karena cara Allah memiliki caranya sendiri. Bahwasanya logika manusia dengan logika Allah itu berbeda. Bukti juga bahwa inilah maha “rohman” dan “rohim”. 

Di sini mengajarkan kepada kita, bahwa perhitungan Allah dan perhitungan manusia itu berbeda. Dan Tugas manusia cukup jalani hidup dengan penuh rasa syukur, atas kebesaran dan karunia yang telah Allah limpahkan di setiap detik, menit, jam hari, bulan dan tahun. 

11. Memiliki Kesehatan Pernapasan 

Keutamaan Sholat Tahajud 40 Hari Berturut Turut ternyata memiliki khasiat untuk tubuh. Salah satunya untuk pernapasan. Pasalnya sholat tahajud mampu meningkatkan kesehatan pernapasan. Mungkin ada yang mengalami gangguan sesak nafas? Bisa mencoba cara ini. 

Sholat di sepertiga malam juga disebut-sebut mampu menyehatkan paru-paru dan melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Karena secara logika, di sepertiga malam sedikit polusi kendaraan, dan udara masih sangat bagus. Maka tidak heran jika orang yang sering sholat tahajud memiliki tubuh yang lebih fit dan lebih bagus. 

12. Selisih Amalan Sholat Siang dan Tahajud 70 kali Lipat

Pasalnya, selisih perbandingan diantara keduanya 70 kali lipat. Hal ini ditegaskan dalam Di dalam QS Auliya’, Juz 4 Halaman 167

فَضْلُ صَلَاةِ اللَّيْلِ عَلَى صَلَاةِ النَّهَارِ كَفَضْلِ صَدَقَةِ السِّرِّ عَلَى صَدَقَةِ الْعَلَانِيَةِ

“Keutamaan shalat malam dibanding shalat siang seperti keutamaan sedekah sirr dibandikan dengan sedekah terang-terangan. (Hilyatul Auliya’, juz 4, hlm. 167)

Itulah 12 keutamaan sholat tahajud 40 hari berturut-turut. Semoga sedikit ulasan di atas memberikan pencerahan dan kedamaian hati.

(Irukawa Elisa)

Baca juga

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Menakjubkan, Keajaiban Sholat Tahajud 40 Hari Berturut Turut

sholat tahajud 40 hari