Surat yang Dibaca Saat Sholat Tahajud

Surat yang Dibaca Saat Sholat Tahajud
banner-download-ebook

Sebenarnya surat yang dibaca saat sholat tahajud itu tidak ada patokan harus surat apa, tetapi ada surat sholat tahajud yang dibaca Nabi Muhammad SAW yaitu surat An-Nas, Surat Al-Falaq, Surat Al-Humazah, dan Surat Al-Ikhlas. Maka dari itu lebih baik kita melakukan apa yang sudah pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW untuk mendapatkan pahala yang lebih besar atau yang benar.

Sebagian orang yang baru memulai melaksanakan sholat tahajud pasti bertanya adakah surat atau doa khusus yang harus dilafalkan ketika mengerjakan sholat tahajud.

Pada dasarnya, bacaan surat pendek setelah sholat tahajud tidak ada bedanya dengan surat-surat pada sholat yang lain. Akan tetapi ada bacaan surat pendek pada sholat tahajud seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Kriteria utama surat yang dibaca oleh Rasulullah SAW adalah surat yang ringan ukuran.

Arti dari surat yang ringan ukuran ini adalah subjektif bagi orang masing-masing. Membaca surat pendek yang ringan seperti firman Allah SWT adalah seperti dalam surat Al-Muzammil ayat 20 yang artinya:

“Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran.

Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik.

Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Surat Pendek yang Dibaca Saat Sholat Tahajud

Berikut adalah 4 surat yang dianjurkan dibaca saat melaksanakan sholat tahajud:

1. Surat An-Nas

Qul a’uzu birabbin-naas

Malikin-naas

Ilaahin-naas

Min syarril-waswaasil-khannaas

Allazii yuwaswisu fii suduurin-naas

Minal-jinnati wan-naas

Artinya:

Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

2. Surat Al-Falaq

Qul a’uuzu birabbil-falaq

Min syarri maa khalaq

Wa min syarri gsiqin izaa waqab

Wa min syarrin-naffaasaati fil-‘uqad

Wa min syarri aasidin izaa asad

Arti:

Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Baca juga 4 Amalan Setelah Sholat Tahajud Agar Doa Cepat Terkabul

3. Surat Al Humazah

Wailul liqulli humazatil lumazah

Alladzii jamaa maalawwa ‘addadah

Yahsabu anna maalahuu akhladah

Kalla layumbazannafil khutomah

Wamaa adroo kamal khutomah

Naarullahil muuqodah

Allatii taththoli’u ‘alal afidah

Innahaa alaihim muksodah

Fii ‘amadimmumaddadah’

Arti:

Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya, dia (manusia) mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya. Sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan ke dalam (neraka) Hutamah. Dan tahukah kamu apakah (neraka) Hutamah itu?

(yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sungguh, api itu ditutup rapat atas (diri) mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.

4. Surat Al-Ikhlas

Qul huwal laahu ahad

Allah hus-samad

Lam yalid wa lam yuulad

Wa lam yakul-lahu kufuwan ahad

Arti:

“Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Surat yang Dibaca Saat Sholat Tahajud Rakaat Pertama dan Kedua

Pada dasarnya, surat yang dibaca pada sholat tahajud tidak ada ketentuannya. Akan tetapi jika ingin hajatnya terkabul melalui wasilah sholat tahajud, ada dua surat yang dibaca pada rakaat pertama dan rakaat kedua.

Hal ini disampaikan oleh Ustaz Adi Hidayat. Pada rakaat pertama dan rakaat kedua, Anda bisa membaca Al Anbiya’ ayat 87-88 dan Al Baqarah ayat 172. Surat tersebut bisa membuat hajat terkabul.

FAQ

Mengapa sholat tahajud tidak membaca doa iftitah?

Sholat tahajud tidak harus membaca doa iftitah, karena membaca doa iftitah sendiri itu adalah sunnah. Di sholat wajib membaca iftitah adalah sunnah juga, dan masih sah untuk sholat. Maka dari itu tidak perlu mempermasalahkan membaca atau tidak melainkan mana yang lebih baik.

Apa yang harus dilakukan setelah shalat tahajud?

Ada banyak amalan setelah melakukan sholat tahajud, yaitu membaca dzikir, membaca sayyidul istighfar, membaca doa setelah sholat tahajud, dan membaca alquran. Untuk lebih lengkapnya baca 4 Amalan Setelah Sholat Tahajud Agar Doa Cepat Terkabul

Sehingga Anda bisa bebas membaca doa dan surat apa saja, asalkan Anda sudah membaca niat sholat tahajud.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Surat yang Dibaca Saat Sholat Tahajud

Surat yang Dibaca Saat Sholat Tahajud