Tanda Suami Bosan Terhadap Istri dan Mengatasinya

Tanda suami bosan terhadap istri

Salah satu penyebab perceraian dalam rumah tangga adalah adanya rasa bosan. Berikut tanda suami bosan terhadap istri dan cara mengatasinya baik secara umum maupun juga ajaran agama islam.

Tidak dapat dipungkiri jika menjalani biduk rumah tangga itu penuh kejutan. Semakin lama pernikahan, semakin banyak perubahan dari suami atau istri kita. Namun perubahan yang terjadi bukan karena pasangan tidak mencintai pasangannya. 

Bisa jadi perubahan tersebut terjadi akibat rasa nyaman dari pasangan. Namun, ada pula kasus lain, dimana terjadi perubahan sikap ataupun perilaku yang menunjukan rasa bosan pasangan. Lantas, apa saja sih tanda suami bosan terhadap istri? 

Sebelumnya kita sudah bahas artikel secara lengkap mengenai Alasan Suami Tidak Peduli Kepada Istri. Disana dijelaskan penyebab dan solusinya juga. Setelah membaca dengan lengkap, baru pahami bisa jadi ketidak pedulian itu disebabkan karena kebosanan dalam keseharian yang akan diulas pada artikel ini.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan bahas  tanda suami bosan terhadap istri itu seperti apa dan bagaimana. Ulasan lebih lengkapnya, kamu bisa simak ulasannya berikut ini.  

Tanda Suami Bosan Terhadap Istri

Tanda suami bosan terhadap istri ada banyak sekali bentuk sikap ataupun perilaku. Tentu hal ini dipengaruhi dari masing-masing perilaku dan karakter orang. Namun, dadri banyak kasus tanda suami bosan terhadap istri, dapat ditandai dengan beberapa perubahan sebagai berikut. 

1. Kurang Bergembira atau Antusias

Tanda suami bosan terhadap istri yang pertama adalah, suami kurang bergembira dan tidak lagi antusias terhadap istri. Jika dulu suami memiliki antusiasme dan selalu bergembira ceria setiap di samping kamu, dan sekarang mengalami perubahan yang tidak biasa. 

Maka kamu perlu introspeksi dan bertanya. Apa yang terjadi gerangan? Apakah ada kekurangan dan sikap dari dalam diri yang menyebabkan suami berubah sikap? Jadi seorang istri cukup intropeksi diri. Karena permasalahan itu timbul karena ada sebab dan akibat. 

Adapun yang merasa takut kehilangan suami mereka. sehingga seorang istri sangat menjaga sikap. Menjadi pribadi yang bukan dirinya, demi menyenangkan suami mereka. Sebenarnya hal ini tidak perlu, karena hidup menjadi pribadi orang lain itu sangat melelahkan. 

Bisa jadi suami bosan bukan karena kepribadian kamu yang menjadi diri sendiri. Tetapi karena faktor lain. Misalnya karena faktor kesibukan dan beban kerja di tempat kerja dan mungkin bukan masalah kamu menjadi diri kamu. Ada beberapa hal yang membuatnya tidak berkenan. Salah satu solusinya hanya duduk berdua, dan komunikasikan secara baik-baik. 

2. Kurang Ada Waktu Dengan Istri

Tanda suami bosan terhadap istri yang kedua adalah suami semakin sibuk dan kurang ada waktu dengan istri. Nah, jika suami mengalami perubahan sikap secara drastis, misalnya jarang pulang dan jarang menghabiskan waktu bersama istri. Maka perlu dipertanyakan. Ini tanda ada masalah. 

Sekalipun istri tidak tahu apa kesalahannya, dan perilaku suami berubah seperti ini. Maka perlu dikomunikasikan empat mata secara baik-baik. Bisa jadi bukan karena istri memiliki kesalahan pada suami, tetapi karena ada orang baru yang mampu mengalahkan komitmen suami terhadap istri. 

Misalnya terjadi perselingkuhan atau semacamnya. Jika pun terjadi perselingkuhan, sebagai istri mempertanyakan pada diri sendiri. apa yang salah dan apa yang kurang. Sehingga pasangan berpindah ke lain hati dan menemukan sesuatu hal yang tidak ada pada diri kita.

3. Tidak Kepo Lagi

Adapun tanda suami bosan terhadap istri, dapat dilihat dari perilaku yang tidak lagi penasaran terhadap istri. Misalnya, dulu sering cemburu dan sering kepo-kepo aktivitas atau apapun yang istri lakukan. 

Namun sekarang kebiasaan ini tiba-tiba hilang. Meskipun tanda tidak kepo-nya suami terhadap istri tidak dijadikan indikator utama. Namun secara umum, laki-laki yang memiliki rasa penasaran dan rasa ingin tahu apa yang dilakukan dan dikerjakan oleh pasangan mereka. 

Ketika pasangan mereka berhubungan dan disukai lelaki lain. Sudah pasti akan marah dan cemburu. Jika setelah menikah dan kebiasaan ini tiba-tiba hilang. Maka sebagai istri perlu mawas diri, dan mulai menaruh curiga kepada suami. 

4. Asyik Di Dunianya (HP & Game)

Ada juga tanda suami bosan terhadap istri yang umum dikeluhkan para istri. Perubahan sikap suami yang lebih sering main game dan HP daripada berkumpul bersama istri. Ya, meskipun ada juga tipa suami yang memang sebelum menikah sudah menyukai permainan game. Dimana bermain game bagian dari hidupnya, namun juga tetap mencintai pasangannya. 

Jadi, harus dilihat terlebih dahulu kasusnya. Jika sebelumnya suami tidak bermain games. Tiba-tiba karena ada sesuatu masalah dengan istri, dan bermain game secara tidak wajar. Maka perlu dicurigai. Bisa jadi itu tanda suami bosan terhadap istri. 

Dimana suami bermain game hanya salah satu alibi untuk menghindari kontak atau menghindari komunikasi dengan istri. Nah, jika yang terjadi sudah seperti ini, perlu segera diajak komunikasi. Dicari solusi terbaik berdua, agar tidak berut-larut masalahnya. 

5. Tingkah Laku Yang Berbeda

Tanda suami bosan terhadap istri yang paling menonjol bisa dilihat adalah terjadinya perubahan perilaku yang berbeda dari biasanya. Misalnya, suami yang dulunya suka pulang sepulang kerja. Namun tiba-tiba terjadi perubahan sikap seperti jarang pulang. 

Tiap orang memiliki tingkah laku yang berbeda-beda untuk menghindari istrinya. Selain pulang terlambat, sering juga kasus yang ditemukan, yaitu sering pulang malam. Ada pula yang tingkah lakunya berubah menjadi lebih sering menghabiskan waktu bersama teman-temannya di luar sana. 

Itulah beberapa tanda suami bosan terhadap istri. Dari kelima tanda di atas bukan bentuk baku. Intinya adalah istri harus peka terhadap suami. Selain itu, segera selesaikan masalah sebelum masalah itu menjadi besar dan menjadi semakin pelik.  Adapun cara mengatasi suami bosan terhadap istri, yang akan kita bahas di bawah. 

Cara Mengatasi Suami Bosan Dengan Istri

cara mengatasi suami yang sudah bosan
Cara mengatasi suami yang sudah bosan

Setiap masalah yang muncul, pasti ada solusi atau jalan keluar yang bisa kita pecahkan. Nah, berikut beberapa cara mengatasi suami bosan dengan istri.

Sebelumnya kita sudah bahas nih, mengenai 9 Dosa Besar Istri kepada Suami. Pahami dahulu sebelum baca artikel ini lebih lanjut ya.

1. Ajak Ke Suasana Baru

Kamu bisa memulai melakukan pendekatan kepada suami. Tentu saja jenis pendekatan yang pas dan sesuai dengan karakteristik suami. Misalnya, mengajak suami ke suasana yang baru. Jika suami kamu suka dengan eksplorasi dan jalan-jalan. Maka kamu bisa mengajaknya jalan-jalan ke tempat-tempat baru. 

Jika suami demen makan, kamu pun bisa mengajak suami wisata kuliner yang sesuai dengan selera lidah suami kamu. ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar suami merasa diperhatikan. Di sini peran istri sangat besar. 

Inisiatif istri mengembalikan mood suami adalah kunci. Bisa jadi salah satu faktor penyebab suami bosan karena memang tidak ada sesuatu yang baru dari istrinya. Misal istri terlalu sibuk dengan anak-anak dan urusan rumah tangga.

Bisa juga suami bosan dengan istri, namun suami tidak memiliki kepandaian dalam menyampaikan perasaannya kepada istri. Nah, setidaknya dengan mengajak ke suatu tempat dan suasana yang baru, suami memiliki moment untuk berbicara dari hati ke hati dengan kamu. 

2. Jalan-Jalan

Jalan-jalan menjadi salah satu alternatif cara mengatasi suami bosan terhadap istri. Bagaimana jika tidak memiliki uang? Tenang, sekarang ada banyak tujuan wisata yang menawarkan tiket yang murah meriah. 

Jika kamu pandai mencari tempat, kamu pun bisa jalan-jalan ditempat yang bahkan gratis. Jadi jalan-jalan jangan diartikan harus menghabiskan uang dan mahal. Ada banyak jalan

2. Perbaiki Diri

Cara yang tidak kalah penting, perbaiki diri sikap dan penampilan. Bisa jadi tanda suami bosan terhadap istri karena istri berpenampilan apa adanya. Tidak seperti saat berpacaran atau saat menjadi pengantin baru. 

Bisa juga suami bosan karena sikap yang berubah menjadi galak, terlalu sering melarang ini dan itu atau sikap-sikap negatif lain yang justru membuat suami tidak nyaman. Ingat, setiap suami memiliki karakter yang berbeda. 

Ada juga karakter suami yang suka istri mereka bawel dan protektif terhadap dirinya. Jadi, tetap dilihat kasus dan karakter pasangan. Nah, kamu termasuk yang bagian mana nih? Boleh tuliskan pengalaman kamu di kolom komentar. 

3. Bertanya Langsung Masalahnya

Cara mengatasi suami bosan terhadap istri yang paling pokok dan paling dasar adalah, komunikasi. Kamu bisa bertanya langsung apa yang menjadi masalah dan faktor utama. Kamu bisa bertanya apa yang salah pada diri sendiri. Bertanya apa yang perlu diperbaiki, apa yang perlu dibenahi secara bersama-sama. 

Umumnya, rumah tangga tidak terselamatkan karena terjadi kesalahpahaman. Awalnya kesalahpahaman kecil. Namun lama kelamaan menjadi kesalahpahaman yang besar dan semakin memperparah permasalahan yang terjadi. 

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal semacam itu. Butuh kejelasan permasalahan dengan cara bertanya langsung. Kemudian diperbaiki secara bersama-sama. ingat, menjalani kehidupan rumah tangga itu tidak dijalankan sendiri-sendiri.Tetapi dijalankan secara bersama-sama. 

Saat rumah tangga dijalankan sendiri, maka akan berakhir pada perpecahan. Ingat pepatah lama, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh

4. Ubah Sudut Pandang

Cara mengatasi suami bosan terhadap istri dapat diri sendiri dengan cara mengubah sudut pandang. Bisa jadi terjadinya konflik dan suasana yang aneh di rumah karena ada ketidaksamaan dan ketidakcocokan sudut pandang. 

Meskipun terlihat sepele, sudut pandang kita sangat menentukan mood, dan daya tarik pasangan. Apalagi jika sudut pandang tersebut sifatnya sangat krusial. Misalnya masalah keyakinan. Nah, untuk menghindari terjadinya perselisihan, tidak ada salahnya untuk mulai terbuka. 

Terbuka dengan pandangan pasangan. Jika pun tidak setuju, perlu dihargai. Hindari segala hal yang dapat menimbulkan perselisihan dan pertengkaran. Misalnya, tidak melawan pendapat pasangan dengan cara tidak baik dan masih banyak lainnya. 

5. Inisiatif

Cara mengatasi suami bosan terhadap istri, kamu bisa berinisiatif sendiri. Misalnya, jika suami diam, istri bisa berinisiatif untuk mengajak berbicara. Berinisiatif bercanda dan semacamnya. Jika suami mulai menyendiri, istri bisa berinisiatif untuk menemani suami. Ada banyak inisiatif yang dapat istri lakukan untuk memperbaiki suasana. 

Rata-rata, permasalahan yang ditemukan dilapangan, banyak istri yang sulit berinisiatif karena alasan gengsi. Memelihara gengsi sah-sah saja. Namun pastikan bisa menempatkan gengsi pada tempat yang tepat.Karena gengsi yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk hal tertentu.

Itulah beberapa ulasan tentang tanda suami bosan terhadap istri dan cara mengatasinya. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. semoga yang membaca artikel ini dikaruniai keluarga yang sakinah, mewah, warohmah. (Irukawa Elisa)