Tantangan Sholat Tahajud! Kamu Termasuk Yang Mana?

Tantangan Sholat Tahajud
banner-download-ebook

Tantangan sholat tahajud bagi tiap orang akan berbeda-beda salah satu yang paling banyak dialami adalah susah bangun tidur jam tiga pagi. Ada tipe orang yang mudah sekali bangun malam dan sholat tahajud. Namun, ada pula tipe orang yang sangat susah bangun malam, dan terasa berat sekali melakukan sholat tahajud. 

Nah, terlepas dari tantangan sholat tahajud yang beragam tiap masing-masing orang. Berikut beberapa kendala umum dan solusi agar kamu bisa melawan rasa malas dan rasa berat hati menjalankan tahajud. Langsung saja, simak ulasannya sebagai berikut. 

Tantangan Sholat Tahajud

Tantangan sholat tahajud tidaklah mudah. Apalagi bagi yang baru pertama kali ingin memulai. Namun, selama masih ada kemauan dan niat yang besar, justru tantangan sholat tahajud menjadi hal yang menantang dan menarik. Nah, apa saja sih tantangan yang paling umum yang menghambat sholat tahajud? Sebagai berikut. 

1. Susah Bangun Tidur

Buat kamu, kaum jomblo atau kaum rebahan, pasti tantangan sholat tahajud paling besar adalah susah bangun di sepertiga malam. Atau mungkin, kamu pekerja keras yang harus banting tulang mencari nafkah? Karena rasa lelah yang luar biasa, seringkali terlewatkan bangun di sepertiga malam. 

Bagi orang yang bekerja banting tulang, salah satu kenikmatan adalah tidur. Jadi wajar jika bangun tidur pun rasanya sangat berat. Satu sisi, untuk melakukan hal-hal kebaikan, memang selalu terasa berat. Namun jika sudah dibiasakan menjadi kebiasaan, semua terasa lebih ringan. 

2. Malas Bangun Saat Jam 3 Pagi

Tantangan sholat tahajud yang kedua, karena rasa malas. Dimana rasa malas ini sebenarnya muncul dari dalam diri sendiri. Bisa disebabkan karena bisikan setan. Salah satu cara menghilangkan rasa malas bangun saat jam 3 pagi dengan cara memaksakan diri. 

Segala sesuatu yang dipaksakan memang tidak ada enaknya. Namun, terkadang dalam tubuh kita ada dua suara, keinginan ataupun harapan yang berbeda. Ada hati, pikiran dan bisikan hati. Jika kita mampu melawan rasa malas yang muncul dalam diri, dan mengikuti hal-hal yang membawa kebaikan, dan akhirnya kamu bisa menang. Maka, selamat! Karena kamu mengalahkan diri kamu sendiri, dimana itu sesuatu hal yang tidaklah mudah. 

3. Takut Sholat di Malam Hari Sendirian

Tantangan sholat tahajud yang paling umum lainnya adalah, karena perasaan takut sholat di malam hari sendiri. tidak dapat dipungkiri bahwasanya Indonesia memiliki banyak cerita metafisika ataupun cerita horor. 

Sehingga banyak membuat orang takut bangun malam. Karena memang, Indonesia dahulunya adalah hutan belantara yang tidak bisa dijamah oleh manusia. SIngkat cerita, datanglah leluhur kita yang melakukan babat alas yang syarat dengan mahluk tak kasat mata. 

Jadi, sudah sewajarnya jika tanah kita ini berdampingan dengan makhluk lain. Bagi belum cukup pemahaman terhadap keimanan kepada Allah SWT dan mahluk lain, akan takut setengah mati dengan keusilan para jin dan setan. 

Namun, ketika kita memahami agama lebih dalam lagi, dan memahami hakikat sang Kuasa, mereka lebih rendah dari manusia. Dimana manusia tidak perlu takut dengan kehadiran mereka. 

Itulah beberapa tantangan sholat tahajud, yang sebenarnya bisa kita hadapi dan kita lawan. Asal ada kemauan. Sebenarnya ada tips unik lho untuk menangani masalah ini dan itu mudah banget untuk dilakukan. Silakan baca pada artikel khusus Cara Agar Tidak Takut Sholat Tahajud.

Cara Mengatasi Tantangan Sholat Tahajud

Jika sebelumnya sudah disebutkan beberapa tantangan sholat tahajud. Berikut ada beberapa cara mengatasi tantangan sholat tahajud yang perlu kamu usahakan dan coba. 

1. Tidur Tepat Waktu 

Salah satu upaya agar bisa bangun tepat waktu yaitu dengan tidur lebih awal. Nah, di sini penting sekali memanajemen waktu antara urusan duniawi dan urusan akhirat. Setidaknya dengan tidur lebih awal, akan memberikan ruang pada tubuh istirahat lebih dini. Ketika sudah tiba waktunya bangun, tidak lagi merasa ngantuk.  

2. Tidur Siang 

Jika tidur lebih awal sulit kamu lakukan, kamu bisa dengan cara lain. Misalnya dengan mengubah pola, yaitu tidur di siang hari. Ternyata tidur di siang hari sangat efektif untuk memudahkan kamu bisa bangun di tengah malam. 

3. Membaca Doa Sebelum Tidur, Ayat Kursi dan Wudhu 

Sebelum tidur, dalam agama Islam bahkan dalam ajaran lain pun, dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur. Doa sebelum tidur akan melindungi kita dari hal-hal negatif. Mulai menjaga teluh/santet, agar setan tidak tidak menghalangi kita bangun malam hari. 

Dalam Islam, selain membaca doa sebelum tidur, ada yang menyarankan untuk membaca-baca doa lain. Salah satunya membaca ayat kursi. Berbicara tentang ayat kursi, ada banyak sekali fadhilah dari ayat kursi ini. Agar tidur tetap dalam kondisi suci, kamu bisa juga sebelum tidur wudhu terlebih dahulu. 

Nah, mungkin yang merasa susah bangun dan tantangan sholat tahajud sangat berat. bisa memulainya dengan cara ini. Karena doa ini akan menjaga kita dari gangguan setan selama tidur. Ketika tidur kita tidak diganggu dengan setan, kita pun saat bangun akan merasa lebih ringan untuk melakukan sholat tahajud. 

4. Pasang Alarm 

Tantangan sholat tahajud masih juga merasa sulit? Kamu wajib banget pasang alarm. Jika perlu, putar suara alarm tinggi, agar bangun. Nah, ada tips agar alarm tidak kamu matikan, dan agar tidak bisa kembali tidur. 

Kamu bisa menjauhkan tempat alarm. Pastikan tidak mudah dijangkau dengan tangan saat posisi tidur. Tujuannya, ketika ingin mematikan alarm, kamu berdiri dan berjalan untuk mematikannya. Nah, usaha berjalan dan berdiri inilah yang akan memaksa mata terbuka. 

5. Niat Bangun Tahajud 

Cara mengatasi tantangan sholat tahajud kelima adalah, niat bangun tahajud. Niat adalah kunci utama. Jika niat hanya setengah-setengah, maka bisa saja lebih memberatkan tidur daripada sholat. Berlaku sebaliknya. 

Setidaknya dengan niat yang kuat dan tulus. Maka ketika sudah jam waktunya, Allah akan membangunkan. Ada banyak cara di jam tahajud, kamu terbangun, meskipun tidak ada suara alarm sama sekali. 

6. Jangan Makan Diatas Jam 8 Malam 

Tips yang tidak kalah penting lainnya adalah, pastikan jangan makan di atas jam 8 malam. Pasalnya, seseorang yang makan di atas jam delapan malam lebih malas bangun sepertiga malam. Secara kesehatan tubuh pun, makan jam 8 malam juga tidak baik untuk pencernaan, karena pencernaan kita butuh istirahat, bukan malah bekerja mengolah makanan.

Baca juga artikel terkait lainnya

7. Membaca Alquran Sebelum Tidur

Adakah diantara kamu yang merasa susah tidur lebih awal dari biasanya? Jika iya. Kamu bisa lakukan dengan cara membaca Al Quran sebelum tidur. Membaca Al Quran selain menenangkan dan mendamaikan hati, juga dapat memudahkan tidur. 

Atau jika membaca Al – Quran masih belum merasa mengantuk. Maka kamu bisa lanjutkan dengan berdzikir sambil rebahan. Lakukan dzikir, sampai terlelap. Pastikan kamu juga tidak bermain HP ataupun laptop. Dijamin kamu akan segera tidur. 

Itulah beberapa cara mengatasi tantangan sholat tahajud yang bisa kamu praktekkan dan kamu coba. semoga berhasil. Apabila ingin berhasil, bisa istiqomah bahkan bisa mendapatkan barokah amalan salat tahajud, silakan baca khusus pada 2 Rakaat Dulu Aja dengan Tahajud.

(Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Tantangan Sholat Tahajud! Kamu Termasuk Yang Mana?

Tantangan Sholat Tahajud