⚡ Promo Diskon Akhir Tahun | diskon 30% + 20% dan bonus eksemplar up to 10

Lihat Selengkapnya

Tips & Trik Teknik Fotografi HP Untuk Para Pemula di Tahun 2022

teknik fotografi hp

Kamu pasti pengen banget menghasilkan foto yang bagus kece dan sesuai keinginan. tapi bingung bagaimana tips teknik fotografi hp? tenang semua HP bisa mendapatkan hasil yang bagus tidak cuman iphone.

Fotografi melalui HP tak selamanya buruk. Apalagi di zaman yang serba berkembang ini, banyak HP yang menawarkan fitur menarik untuk kamera dan juga editing-nya. Oleh sebab itu, untuk mengambil foto yang berkualitas dan juga baik tak harus menggunakan kamera profesional, seperti DSLR atau mirrorless.

Asalkan Anda sebagai pengguna menguasai teknik fotografi tersebut, maka Anda bisa mendapatkan hasil foto yang menarik. Sehingga Anda tak perlu mengeluarkan budget berlebih untuk membeli kamera mahal karena Anda cukup memanfaatkan HP yang Anda miliki dan menguasai tekniknya.

Teknik Fotografi HP

Lalu apa saja teknik fotografi melalui HP agar hasilnya menarik? Di bawah ini ada beberapa teknik fotografi melalui HP yang bisa dipelajari.

1. Pilih Objek yang Menarik

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam penguasaan teknik fotografi HP adalah pemilihan objek yang menarik. Kadang, seorang fotografer sudah menguasai berbagai skill fotografi yang dipelajarinya, namun hasilnya malah kurang memuaskan bahkan zonk. Biasanya salah satu penyebabnya adalah karena pemilihan objeknya kurang tepat.

Tak bisa dipungkiri, sehebat apapun skill yang dimiliki fotografernya, maka hasilnya sama saja tidak menarik jika pemilihan objeknya juga kurang menarik. Oleh sebab itu, sebagai fotografer Anda harus memilih objek yang menarik yang membuat komposisi gambar atau tangkapan foto menjadi menarik dilihat.

Sebelum melanjutkan membaca, ada kabar baik buat kamu, buknes lagi ada promo PDKT bareng Bukunesia, Diskon hingga 50% dan bonus eksemplar up to 10. Baca lebih lanjut yuk!

Baca juga Tips & Teknik Fotografi Dari Newbie Jadi Profesional

Selain itu, dalam menentukan objek tersebut Anda juga harus memerhatikan sejauh mana pengambilannya. Biasanya HP akan mengandalkan fitur zoom ketika jarak antara fotografer dan objek cukup jauh. Tetapi mengambil gambar dengan fitur zoom justru akan menurunkan resolusi kamera.

Oleh sebab itu, Anda harus mengambil foto dengan jarak yang tepat dan jangan menggunakan fitur zoom karena zoom merupakan gimmick sebagai ajang promosi dari produsen kamera HP. Akan lebih baik jika Anda menjaga resolusi foto dengan mengalah untuk mendekat ke objek secara langsung.

2. Ambil Angle Foto yang Pas

Setelah mendapatkan objek yang menarik, Anda juga harus memilih angle atau sudut pandang yang tepat. Hal ini jadi tips tepat dalam fotografi HP yang harus dikuasai. Dalam pemilihan angle ini, Anda bisa memotret dengan memberikan cerita yang berbeda dengan hasil foto.

Oleh sebab itu, ciptakan atau ambil angle sebaik mungkin agar gambar atau objek foto yang Anda ambil terkesan ‘hidup’. Hingga saat ini, salah satu teknik pengambilan sudut pandang yang masih menjadi tren adalah perspective photography. Pada teknik ini, memungkinkan fotografer untuk menghasilkan gambar yang unik atau out of the box karena ilusi gambar yang menarik.

Untuk mendapatkan hasil yang ideal, biasanya fotografer bisa memilih angle fotografi yang ideal yakni setara dengan pandangan mata atau eye level. Akan tetapi, Anda juga bisa mengambil dari sudut pandang atau posisi lain, misalnya posisi tertinggi (bird eye), atau bahkan serendah mungkin (ant eye).

Untuk menemukan atau mengambil angle foto yang tepat, Anda juga harus menemukan point of interest (POI) yang terbaik dan berpotensial untuk dibidik. Prinsip pencarian POI ini terletak pada keseimbangan sehingga dapat saling mengisi dan menyempurnakan gambar.

3. Mengaktifkan Grid

Untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal menggunakan HP, Anda harus mengaktifkan grid untuk menentukan rule of thirds. Teknik ini menjadi salah satu trik kamera HP yang paling dasar dilakukan. Anda perlu mempelajari rule of thirds dengan mengaktifkan grid di layar ponsel Anda agar muncul garis yang dapat mempermudah Anda membagi setiap posisi objeknya.

Idealnya, objek harus berada di titik persimpangan dari garis buntu, sehingga dengan demikian Anda tak perlu khawatir jika ada bagian posisi objek yang miring ketika dipotret. Namun jika HP Anda tak memiliki fitur tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi Instagram dan memotret objek yang dimaksud, kemudian pilih fitur ‘next’ – ‘edit’ – ‘adjust’.

4. Menggunakan Tripod

Agar hasil foto lebih berkualitas dan stabil dengan HP, Anda juga bisa menggunakan teknik yaitu menggunakan tripod untuk memotret. Tujuan digunakannya tripod ini adalah agar gambar yang diambil tidak goyang atau shaky dan memudahkan Anda ketika menggunakan rule of thirds.

Akan tetapi, penggunaan tripod ini hanya alternatif bagi Anda yang sering mengalami kesulitan dalam membuat gambar statis. Tripod saat ini juga beragam jenis dan harganya sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan.

5. Atur Fokus

Penting bagi Anda pengguna HP untuk mengatur fokus ketika mengambil gambar. Banyak fitur yang ada di semua HP yang berguna untuk mengatur fokus dan juga exposure gambar yang bisa dilakukan secara manual atau otomatis. Fitur tersebut harus digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Caranya adalah dengan melakukan tap di HP, maka lensa Anda akan langsung menyesuaikan dengan fokus gambar yang diambil. Pastikan dulu objek tidak blur saat dipotret, sehingga dengan demikian hasil fokusnya akan berkualitas. Menentukan fokus ini menjadi langkah dasar yang dikuasai dalam menguasai teknik fotografi HP maupun menggunakan kamera profesional.

6. Pilih Cahaya yang Pas

Selain memilih fokus yang tepat, Anda juga harus memilih cahaya yang tepat. Artinya, ambil foto di mana memiliki pencahayaan alami terbaik. Dalam dunia fotografi, ada dua kondisi waktu yang tepat untuk mengambil foto, pertama adalah persis sebelum matahari terbit sampai satu jam kemudian, dan keuda satu jam sebelum matahari terbenam atau sesaat setelahnya.

Anda bisa memanfaatkan momen ini sebaik mungkin jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Akan tetapi jika Anda memang harus memotret di luar jam-jam tersebut, Anda bisa memanfaatkan cahaya buatan, misalnya menggunakan sorot lampu yang berasal dari belakang objek foto.

7. Atur Fitur ISO

Pada kamera HP, ada fitur ISO yang berguna untuk menentukan level sensitivitas lensa kamera terhadap gambar. Hal ini penting agar komposisi gambar yang diambil berkualitas. Jika ISO-nya tinggi, maka sensitivitas lensanya akan meningkat dan sensitivitas menjadi menurun ketika ISO yang diatur rendah.

Dengan dasar tersebut, Anda bisa mengatur ISO lebih rendah ketika kondisi pencahayaan cukup dan mengatur ISO lebih tinggi jika pencahayaannya kurang. Tujuan dilakukannya hal ini adalah untuk meminimalkan noise pada hasil foto.

Akan tetapi, tinggi atau rendahnya ISO sangat berpengaruh terhadap level kontras pada setiap foto, sehingga semakin tinggi komponennya, maka noise yang terlihat juga akan semakin banyak. Oleh sebab itu, pengaturan ISO diperlukan sesuai dengan kondisi cahaya terbaik yang menjadi teknik fotografi HP yang sangat penting.

8. Jangan Gunakan Efek Berlebihan

Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak menggunakan efek atau filter berlebihan. Hal ini akan sangat mengacaukan foto, karena filter atau efek memang pada dasarnya akan menambah kesan memukau namun jika dalam penggunaannya berlebih, maka hasil foto tidak terlihat natural.

Biasanya, filter pada HP Android digunakan untuk meningkatkan kualitas foto, seperti vintage. Sementara itu, filter HP iPhone berfungsi mempertegas kesan foto yang dihasilkan. Jika ingin menggunakan filter, Anda harus mengatur kontras, menambahkan mood, dan penerapan cropping agar hasilnya tidak berlebihan.

Anda bisa menggunakan satu atau dua kali filter dan hindari membuat foto menjadi terlihat tidak seperti sebenarnya karena akan merusak komposisi dan juga hasil fotonya.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Tips & Trik Teknik Fotografi HP Untuk Para Pemula di Tahun 2022

teknik fotografi hp