Bahaya! Beikut Wajah Orang yang Tidak Pernah Sholat

promo tahun baru 30%

Banyak yang percaya, orang yang rajin menjalankan sholat sesuai aturan agama Islam akan memiliki wajah yang bercahaya. Lalu bagaimanakah wajah orang yang tidak pernah sholat?

Jika kamu jarang melakukan sholat dan saat sekarang sedang mengalami beberapa tanda yang disebutkan dibawah ini, mungkin memang benar musibah tersebut datang dari jarangnya kamu sholat. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana tanda jika seseorang tidak pernah sholat atau meninggalkan sholat.

Tanda Orang Tidak Pernah Sholat

Disebutkan bahwa di akhirat kelak, wajah dan tubuh orang yang sholat akan bercahaya sekaligus hal ini menjadi pembeda antara orang yang menjalankan sholat dan orang yang tidak pernah sholat. Manfaat itu tak hanya bisa dirasakan di akhirat tetapi juga dirasakan di dunia. Misalnya orang yang menjalankan sholat akan memiliki benteng dan pengarah untuk berbuat kebaikan.

baca juga Cara Agar Sholat Khusyu Saat Menghadap ke ALLAH SWT

Sementara itu, orang yang meninggalkan sholat tidak akan memiliki arahan untuk hidup dan cenderung tidak seberuntung orang yang menjalankan sholat. Lalu bagaimana ciri-ciri seseorang yang tidak pernah sholat?

  1. Hilangnya berkah, ALLAH SWT akan menghilangkan atau mulai mengurangi berbah didalam hidup kamu.
  2. Hilang berkah dari rezeki, Setelah berkah hidup sekarang berkah rezeki yang mulai dihilangkan
  3. Hilang tanda-tanda shaleh, ALLAH SWT juga akan menghilangkan tanda-tanda orang shaleh di dalam dirinya
  4. Amalan tidak ada artinya, ALLAH SWT tidak memberikan pahala pada setiap amalan yang dilakukan
  5. Doa tidak terkabul, doa orang yang tidak pernah sholat tidak akan pernah sampai naik ke langit atau dikabulkan, dan lain sebagainya

Sholat merupakan hal wajib yang tercantum pada rukun Islam yang kedua. Allah SWT berfirman:

اُتۡلُ مَاۤ اُوۡحِىَ اِلَيۡكَ مِنَ الۡكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ ‌ؕ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنۡهٰى عَنِ الۡفَحۡشَآءِ وَالۡمُنۡكَرِ‌ؕ وَلَذِكۡرُ اللّٰهِ اَكۡبَرُ ‌ؕ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ مَا تَصۡنَعُوۡنَ

Artinya: Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-‘Ankabut:45).

Maka dari itu, celakalah orang-orang muslim yang meninggalkan sholat, padahal dirinya sehat dan lapang. Dalam firman-Nya:

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَ الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَ ۙ

Artinya: Maka celakalah orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap sholatnya. (QS. Al-Ma’un: 4-5).

Ciri-Ciri Orang Lalai Dalam Sholat

Berikut merupakan ciri-ciri orang yang lalai akan ibadah sholat, menurut Al Haafidz Ibnu Katsir:

1. Suka Menunda Sholat

Orang yang lalai dalam sholat biasanya akan menunda ibadah atau sholatnya dari awal waktu. Sehingga biasanya ia akan menjalankan sholatnya di akhir waktu atau bahkan tidak menjalankan sholat sama sekali karena ditunda-tunda dan akhirnya lupa.

2. Tidak Melaksanakan Rukun dan Syarat Sholat

Selain menunda sholat, orang yang lalai dan tidak memperhatikan rukun dan syarat sah dalam menjalankan ibadah sholat, sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

3. Tidak Khusyu’

Terakhir, tanda orang tidak menjalankan atau tidak melaksanakan sholat maka ia tidak akan khusyu’ saat menjalankan ibadah sholat. Bahkan, biasanya mereka tidak merenungi dan juga tidak memperhatikan bacaan dalam sholat.

Sesungguhnya, Rasulullah SAW telah memperingatkan umatnya untuk tidak lalai dan tidak meninggalkan sholat. Nabi SAW bersabda:

الْعَهْدُ الَّذِى بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

Artinya: Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah sholat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah).

Dosa Meninggalkan Sholat

Lalu bagaimana dengan dosa yang diterima orang-orang yang tidak menjalankan ibadah sholat? Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam Kitab Ash Shalah mengatakan bahwa kaum muslim sepakat bahwa meninggalkan sholat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan juga minum minuman keras.

Ibnu Abbas mengatakan bahwa yang dimaksud dosa besar adalah setiap dosa akan Allah SWT janjikan neraka kepada orang-orang yang melakukannya. Atau Allah SWT akan marah dan melaknat orang-orang yang telah melakukan perbuatan tersebut atau Dia berjanji akan mengazabnya.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Bahaya! Beikut Wajah Orang yang Tidak Pernah Sholat