Wajib Tau! Jenis-Jenis Fotografi Untuk Jadi Fotografer Profesional

foto weadding
promo tahun baru 30%

Kamu sering memotret? Tapi masih belum tau mau mendalami dibagian apa? Itu wajar bagi kalian yang baru terjun ke dunia fotografi. Kamu tentu harus mempelajari berbagai hal tentang dunia fotografi, mulai dari teknik fotografi, istilah di bidang fotografi, dan bahkan jenis-jenis fotografi.

Berbagai hal tersebut sangat penting dipelajari mengingat banyaknya aspek di dunia fotografi yang menjadi hal baru bagi para pegiatnya. Apalagi, dunia fotografi ini sangat luas dan terus berkembang, sehingga pegiatnya juga harus berkembang mengikuti zaman dan juga mengikuti perkembangan yang terjadi.

Sebelum mempelajari berbagai hal mendalam mengenai teknik fotografi, seorang fotografer harus tahu dulu apa minat dan juga jenis fotografi yang akan dijalani. Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijelaskan berbagai jenis fotografi yang harus diketahui oleh fotografer untuk menentukan genre yang sesuai dengan pembawaannya.

Jenis-Jenis Fotografi

1. Fotografi Potret (Portrait Photography)

contoh foto potrait
contoh foto potrait by unplash

Baca juga : 5 Angle Fotografi yang Membuat Hasil Fotomu Makin Kece

Fotografi potret atau photography potret merupakan salah satu jenis-jenis fotografi yang paling banyak ditekuni dan bahkan dieksplorasi oleh para fotografer. Baik itu fotografer pemula maupun fotografer profesional, paling tidak dalam hidupnya mereka pernah melakukan jenis fotografi yang paling umum ini.

Jenis fotografi potret ini bukan hanya bagaimana cara fotografer dapat mengarahkan kamera ke arah model dan juga mengambil atau memotret gambar begitu saja, namun para fotografer fotografi potret ini juga memiliki hubungan yang erat mengenai emosi dan juga ekspresi yang terlihat di dalam hasil gambar bidikannya.

Jenis fotografi serupa yang lainnya adalah candid, yang mana fotografer harus mampu mengabadikan momen dengan sangat spontan tetapi hasilnya tetap berkualitas. Tak bisa dipungkiri, gambar yang dihasilkan secara tidak direncanakan ini juga memiliki efek yang natural.

2. Fotografi Jalanan (Street Photography)

Contoh foto street fotografi
Contoh foto Street Photography

Jenis fotografi selanjutnya yaitu fotografi jalanan atau yang sering disebut dengan istilah Street Photography. Saat ini, peminat street photography ini sangat tinggi. Hal ini karena jenis fotografi yang satu ini memang benar-benar menarik dan juga berbeda dengan jenis fotografi lainnya.

Tujuan dan fokus di dalam street photography ini adalah mengabadikan momen puncak atau klimaks dan juga merekam kegiatan sehari-hari yang berlangsung di jalanan atau di sekitar sang fotografer. Street photography ini menggunakan sebuah teknik yang disebut straight photography atau bisa juga menggunakan pure photography.

Teknik tersebut menunjukkan adanya visi atau tujuan yang murni dari suatu hal misalnya bagaimana cerminan atau kondisi masyarakat sekitar dan lain sebagainya. Sehingga street photography ini menjadi salah satu jenis fotografi yang mengutamakan objeknya. Untuk dapat melakukan jenis fotografi ini, fotografer bisa menggunakan kamera dengan berbagai jenis.

Baca juga kumpulan artikel tentang fotografi

3. Fotografi Lanskap (Landscape Photography)

Contoh foto landscape fotography
Contoh foto landscape fotography

Lanskap atau yang juga biasa disebut sebagai jenis fotografi alam merupakan bentuk atau jenis fotografi yang hasilnya paling alami. Fotografi lanskap ini memiliki tujuan yaitu untuk menangkap keindahan planet, yang biasanya meliputi pemandangan yaitu daratan, air, ataupun langit.

Untuk memanfaatkan fotografi jenis ini, Anda bisa memulai memotret pemandangan alam menggunakan kamera yang Anda miliki. Selain itu, jika Anda ingin menguasai bidikan yang lebih berkualitas, Anda bisa menggunakan mirrorless atau DSLR.

Saat ini, sebenarnya menggunakan smartphone yang saat ini memiliki berbagai fitur kamera yang hebat pun bisa dilakukan. Namun akan lebih berkualitas dan juga tajam dan jernih bila hasilnya dibidik menggunakan kamera profesional.

4. Fotografi Makanan (Food Photography)

Contoh foto food fotography
Contoh foto food fotography

Jenis fotografi makanan atau food photography ini merupakan jenis fotografi yang membidik objek yaitu makanan. Secara sederhana, pengertian dari fotografi makanan ini adalah teknik memotret makanan menjadi lebih menggoda dan menarik.

Ini penting dan dibutuhkan di dunia industri kuliner sehingga jasa fotografer makanan ini sangat diminati dan juga dibutuhkan oleh para produsen makan, rumah produksi, periklanan, hotel, kafe, dan lain sebagainya.

Tak heran jika saat ini pelaku atau pegiat food fotography ini semakin dicari karena mereka sangat berjasa membuat kemasan dan juga iklan suatu produk lebih menjual. Hanya saja untuk jenis fotografi ini diperlukan keterampilan yang tinggi dan juga peralatan yang mendukung untuk dapat menangkap dengan baik esensi makanan yang dijadikan objek foto.

Anda juga harus piawai dalam memanfaatkan cahaya, baik itu cahaya alami maupun cahaya tambahan. Meski pada dasarnya penggunaan flash dapat mengurangi kesan alami pada fotografi makanan, akan tetapi hasilnya tetap baik jika Anda menguasai teknik pencahayaan.

5. Fotografi Makro (Macro Photography)

contoh foto makro fotografi
contoh foto makro fotografi

Fotografi makro merupakan jenis fotografi yang mengambil atau membidik gambar dengan detail dan jelas. Untuk dapat menguasai dan juga menerapkan jenis fotografi ini, Anda bisa mempelajari teknik yang tepat menggunakan alat yang tepat juga. Misalnya menggunakan smartphone yang dilengkapi dengan fitur makro.

Jenis fotografi makro ini biasanya menangkap objek-objek yang berukuran kecil dengan melakukan pengambilan gambar secara close-up. Hal ini karena objek yang berukuran kecil tersebut akan terlihat tajam dan detail sehingga hasil dari bidikan fotografi mikro ini akan lebih berkualitas.

Akan lebih baik jika jenis fotografi makro ini menggunakan kamera profesional, misalnya DSLR atau jika menggunakan smartphone, Anda bisa menggunakan fitur optical zoom yang besar agar dapat menangkap objek foto.

6. Fotografi Pernikahan

foto weadding
Contoh foto weadding

Fotografi pernikahan atau yang dikenal dengan wedding photography merupakan jenis fotografi yang dilakukan selama proses pernikahan. Baik itu sebelum acara pernikahan atau pre-wedding, saat acara pernikahan berlangsung, atau bahkan setelah acara pernikahan berlangsung. Saat ini, jenis fotografi ini sangat dicari dan diminati karena mampu mengabadikan momen sakral bagi pasangan dan keluarganya.

Tak heran jika jenis fotografi pernikahan di era ini semakin populer. Namun ada baiknya jika melakukan fotografi pernikahan dengan keahlian dan keterampilan yang memang sudah dilatih dan juga didukung dengan alat yang mumpuni dan memadai. Hal ini karena dibutuhkan keahlian untuk menangkap setiap momen tak terduga di pernikahan dan juga momen penting.

7. Fotografi Dokumenter

foto documenter
contoh foto documenter

Fotografi dokumenter adalah gambaran dunia nyata yang ditangkap oleh seorang fotografer. Di dalam fotografi dokumenter, gambaran yang ditangkap bermaksud untuk menyampaikan sesuatu yang penting yang kemudian menimbulkan komentar yang mampu dipahami dan dimengerti oleh orang lain.

Fotografi dokumenter ini dapat digunakan sebagai sebuah bukti sejarah atau warisan budaya yang divisualisasi dari dunia nyata dan fotografer juga memiliki upaya untuk memberikan informasi dan menceritakan informasi yang berlangsung di dalam tangkapan gambarnya.

Diperlukan pengalaman dan juga keahlian untuk dapat menerapkan jenis fotografi ini karena gambar yang ditangkap dan juga teknik pemotretannya harus mampu bercerita atas hasil yang diperoleh sang fotografer.

8. Fotografi Forensik

foto forensik
Contoh foto forensik

Jenis-jenis fotografi yang terakhir adalah fotografi forensik. Meski tak terlalu diminati, fotografi forensik ini penting untuk beberapa keperluan, misalnya merekam bukti material selama proses penyidikan dan investigasi.

Fotografi forensik merupakan jenis fotografer yang disebut juga dengan istilah forensic imaging atau crime scene photography yang mana bisa digunakan untuk memotret tempat kejadian perkara (TKP) atau foto forensik dengan tujuan investigasi.

Melalui aktivitas fotografi forensik, penyidik atau petugas yang berwenang dapat menggunakan hasil foto sebagai berkas pelengkap untuk penuntutan di pengadilan.

Kesimpulan

Setelah memahami jenis-jenis fotografi diharapkan kamu benar benar mendalami apa yang kamu inginkan untuk menjadi fotografi profesional.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis

Wajib Tau! Jenis-Jenis Fotografi Untuk Jadi Fotografer Profesional

foto weadding