Jasa Penerbitan Buku ISBN: Eksklusif & Terpercaya

Jasa Penerbit Buku ISBN
Sudah punya naskah buku, bingung mencari penerbit yang menyediakan jasa ISBN? Berikut cara memilih jasa penerbitan buku ISBN yang tepat.

Punya naksah, namun selalu ragu ingin menerbitkan kemana? Dan penasaran dengan biaya jasa penerbitan buku isbn? Tampaknya tidak hanya anda yang belum tahu seluk beluk tentang dunia per-isbn. Jadi, mungkin Anda mengetiknya di Google dengan kata kunci “jasa penerbitan buku ISBN”.

Nah, berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar jasa penerbitan buku isbn bagi pemula. Semoga membantu menjawabnya. Namun sebelumnya kita ulas pengertian singkat tentang apa itu isbn sebagai berikut, khususnya terkait ISBN buku.

Apa itu ISBN?

Masih asing dengan istilah ISBN? ISBN kepanjangan dari Internasional Standard Book Number. Kehadiran ISBN sebagai identitas buku, baik itu buku cetak ataupun ebook. 

Barangkali Anda masih belum tahu bentuk ISBN itu seperti apa? Saya tidak yakin jika Anda belum mengetahui bentuk ISBN. Ketika anda membaca sebuah buku, atau membeli buku di bagian belakang terdapat barcode bukan? Dimana barcode tersebut memiliki angka unik, angka unik inilah yang disebut ISBN. 

Selain terletak di sampul belakang buku, Anda juga bisa mengetahui angka ISBN di halaman identitas buku. Dimana ISBN ini tidak sekedar sebagai identitas buku, tetapi juga mudah identifikasi buku loh.

Alasan dan Manfaat Buku Harus Ber-ISBN

tidak dapat dipungkiri jika kehadiran ISBN bagi penulis pemula sering dianggap sepele. Dianggap tidak memiliki peran. Meskipun ada banyak pula penulis yang tahu urgensi ISBN dalam sebuah karya buku. Berikut adalah alasan dan manfaat buku harus ber-ISBN, penulis wajib tahu akan hal ini.

1. Sebagai Identitas Buku 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, alasan kenapa ISBN itu perlu ada adalah sebagai identitas buku. Sesuai dengan perannya, identitas buku inilah yang menjadi pembeda antara buku satu dengan buku yang lain. Tanpa ISBN, sulit rasanya menemukan buku-buku yang sudah tersebar di dunia yang jumlahnya entah berapa banyak. Kalau belum paham, bisa baca dahulu ya di “Apa itu Identitas Buku“.

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

Menariknya, identitas buku tidak boleh sembarang dikeluarkan oleh penerbit loh. Dimana penerbit tidak memiliki hak untuk mengeluarkan no ISBN. Pihak Yang berhak mengeluarkan adalah kantor pusat ISBN di Berlin, Jerman. Sementara untuk buku-buku di Indonesia yang berhak mengeluarkan adalah pihak Perpustakaan Nasional. 

ad inserter captain halim

2. Melancarkan Arus Distribusi Buku

Adapun alasan memiliki ISBN, setidaknya ketika buku Anda dipasarkan di toko buku, pastinya di sana ada banyak sekali ratusan judul buku. Dari sekian banyak judul buku, tentu saja ada kasus dimana kesulitan dalam menemukan dimana lokasi dan letaknya. Maka dengan adanya ISBN akan membantu pihak petugas untuk mencari buku meletakan dimana. 

Sementara dalam kasus lain, ketika pihak penerbit akan memasarkan buku Anda ke pasaran, maka para tim distributor tidak hanya mendistribusikan satu atau dua buku saja. tetapi puluhan bahkan ratusan buku. Salah satu cara mempercepat kerja distributor adalah dengan bantuan ISBN.

3. Sebagai Ajang Promosi 

Banyak yang tidak tahu dan menyadari, khususnya bagi penulis pemula. Jika isbn dapat dijadikan sebagai sarana promosi oleh pihak penerbit buku dan pihak penulis. Setidaknya dengan ajang promosi, buku yang telah disebarluaskan di pasaran bisa terserap lebih luas lagi.

Sementara itu, untuk pihak pembeli atau konsumen, juga merasa lebih tertarik membaca buku yang memiliki ISBN daripada buku yang tidak memiliki ISBN. Karena buku yang memiliki ISBN lebih berkredibilitas dan dianggap resmi.

Berapa Lama Proses Pengurusan ISBN?

Berbicara masalah lama pengurusan ISBN paling lama memakan waktu 5 hari kerja setelah naskah diajukan oleh pihak penerbit. Dimana pengajuan dilakukan secara daring atau online di isbn.perpusnas.go.id sambil menyertakan berkas-berkas yang sesuai dengan tahapan registrasi penerbit. 

Lalu apa saja sih berkas yang harus dilampirkan, yaitu surat pernyataan yang diperoleh lewat halaman registrasi. Adapun berkas lain yang perlu disiapkan, yaitu akta notaris, dan SK Rektor atau MoU. Sebagai tambahan informasi,jika setiap penerbit maksimal hanya mengirimkan 10 judul buku saja, tidak boleh lebih. 

Bolehkah Menerbitkan Buku Tanpa ISBN?

Mungkin Anda salah satu yang mempertanyakan, Bolehkah Menerbitkan Buku Tanpa ISBN? Jawabannya adalah Ya, boleh. Memang realita yang terjadi di lapangan, ada buku-buku yang lahir tanpa ada ISBN. Bahkan tidak semua penerbit bisa mengeluarkan ISBN ini. 

Sementara penerbit yang bisa mengajukan ISBN secara resmi harus tergabung ke dalam Anggota IKAPI. Penerbit buku yang sudah masuk di dalamnya, maka dianggap resmi dan terverifikasi. sebaliknya, penerbit buku yang tidak tergabung dalam IKAPI dan tidak bisa mengajukan pengajuan ISBN maka dianggap tidak terverifikasi dan tidak sah. 

Meskipun demikian, buku yang dipublikasikan tetap bisa dinikmati. hanya secara perlindungan HKI dan perlindungannya tidak sekuat jika sudah memiliki ISBN. Bagaimanapun juga, sampai saat ini belum ada aturan yang mewajibkan buku yang diterbitkan memiliki ISBN. Karena memang tidak semua buku akan mendapatkan angka unik ini. Hanya beberapa kategorisasi buku yang akan mendapatkan ISBN.

Apakah EBook Perlu ISBN?

Semenja era digitalisasi mulai merejai pasar, banyak pihak penerbit yang memanfaatkan momen ini untuk mempublikasikan dalam bentuk buku digital, atau yang kemudian familiar kita dengar dengan ebook. Dimana pemasaran buku dapat dilakukan dua versi, versi cetak dan versi ebook sekaligus. 

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, apakah ebook perlu ISBN? mengingat Ebook memiliki format berbeda dengan buku print out. Dimana ebook biasanya memiliki format EPUB atau PDF. Jawabannya adalah bisa. Hanya saja untuk pengajuannya sedikit berbeda saat mendaftarkannya. Meskipun secara garis besar sama pengajuannya, selebihnya hanya memberikan tambahan keterangan GMD (Sumber elektronik) setelah judul utama. Kemudian klik jenis media yang sesuai.

Bukunesia, Penerbit Buku Ber-ISBN

Dari beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan di atas, semoga bisa cukup menjawab rasa penasaran Anda.  Sampai di sini, apakah Anda semakin yakin ingin menerbitkan buku? Anda bisa menerbitkan buku dalam bentuk fisik ataupun dalam bentuk ebook. Atau menerbitkan dua-duanya juga bisa banget loh. 

1. Penerbit Buku Cetak (Fisik)

Jika anda ingin menerbitkan buku ber-ISBN dalam bentuk fisik, Anda bisa mendaftarkan diri di Bukunesia. Di sini Anda bisa menulis beragam buku. Mulai dari buku novel, buku motivasi, buku pendidikan ataupun buku self improvement.

Untuk informasi lebih lengkap tentang paket dan benefitnya, bisa langsung kunjungi Layanan Menerbitkan Buku.

2. Penerbit Buku Digital

Atau Anda ingin mencoba cara yang sekarang sedang happening, yaitu menulis buku dalam format ebook. Tahukah Anda, jika dari data statistik 202 yang lalu, pengguna ebook mengalami peningkatan sebanyak 14,2%. Kemungkinan jumlah ini akan terus meningkat sampai tahun 2026 yang akan datang yang diperkirakan bisa menjadi 1.186 juta.

 Adapun alasan kenapa ebook lebih menarik perhatian, selain karena aksesnya lebih mudah, karena dari segi harga juga lebih murah, bentuk menarik, mudah diperoleh, tidak akan kehabisan stok dan praktis dapat dibaca dimana saja. Bagaimana? Apakah anda juga tertarik menerbitkan buku dalam bentuk ebook? Anda bisa terbitkan di Menerbitkan Ebook ISBN.

Itulah beberapa prospek dan peluang jasa penerbitan buku ISBN. Semoga dengan ini Anda tahu seberapa penting kehadiran ISBN untuk buku. Download beberapa ebook penting dalam menulis buku sebelum mengajukan ISBN sebagai berikut.

(Irukawa Elisa)

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait