Cara Membuat Peta Konsep di Word, Mudah!

Pilih smart art hierarcy

Sebelumnya, sudah dibahas tentang bagaimana cara membuat peta konsep dan apa saja hal yang harus ada di dalamnya. Pada artikel ini, khusus membahas cara membuat peta konsep di word yang mudah dan menarik.

Baca artikel sebelumnya pada Pengertian Peta Konsep

Membuat Peta Konsep Di Word

Membuat peta konsep seperti yang dijelaskan sekilas sebelumnya memang bisa menggunakan sejumlah aplikasi. Apalagi dewasa ini jenis aplikasi desain sangat beragam dan beberapa dibuat sangat user friendly

Meskipun begitu, pembuatan peta konsep yang paling sederhana dan bisa dilakukan siapa saja menggunakan perangkat apapun. Adalah dengan menggunakan Ms Word, dan berikut langkah-langkahnya.

Panduan Membuat Peta Konsep di Microsoft Word dengan mudah

  1. Buka aplikasi Ms. Word di perangkat. 

    Pertama, silakan kalian untuk membuka aplikasi Microsoft Word di PC/Laptopmu.

  2. Klik Menu Insret

    Selanjutnya, silakan memilih menu insert untuk membuka template peta konsep.Pilih insert dan klik smart art-min

  3. Pilih Smart Art

    Selanjutnya, akan muncul tampilan Smart Art yang ada banyak pilihan bentuk atau pola peta konsep yang bisa dipilih dan digunakan.Pilih smart art hierarcy

  4. Edit Teks

    Setelah dipilih, maka di lembar kerja Ms. Word akan tampil tampilan sesuai model hirarki yang dipilih. Contohnya seperti pada gambar berikut. Nah, disitu kalian bisa mulai untuk mengedit teks yang ada di dalam kotak dengan klik dua kali.

    Langkah berikutnya adalah mengisi setiap kotak pada hirarki di lembar kerja. Caranya bisa dengan klik pada kotak berisi tulisan Text, bisa juga dengan menekan anak panah di sisi kiri. Kemudian ganti tulisan teks dengan ide bahasan yang sudah ditentukan dan ingin dipresentasikan.
    Edit teks yang ada sesuai tujuan-min

  5. Add Shape

    Jika ingin menambah kotak pada hirarki, maka tinggal klik kanan pada kolom terakhir. Lalu pilih menu Add Shape, pilih dimana kotak tambahan akan ditempatkan. Apakah sebelum atau setelah kotak yang terakhir tadi. Klik pilihan yang sesuai, maka otomatis kotak di dalam hirarki akan bertambah.Menambahkan cabang untuk peta konsep

  6. Bisa dibuat 3D atau 2D

    Diagram hirarki di Ms Word kemudian bisa dipercantik, baik dengan mengubah warna maupun dengan mengubah desainnya apakah dibuat 2 dimensi, 3 dimensi, atau seterusnya. Bisa diotak-atik sendiri untuk mengubah tampilan supaya terlihat lebih menarik. Misalnya seperti gambar berikutContoh sederhana Peta Konsep

Pembuatan peta konsep di Ms Word yang dijelaskan menggunakan Ms Word 2007. Sehingga jika versi Ms Word yang digunakan berbeda, entah itu Ms Word 2010 atau di atasnya. Maka beberapa pilihan menu akan berbeda letaknya. 

Nanti tinggal disesuaikan dan dicari, sebab setiap menu di Ms Word versi berapapun pada dasarnya sama. Perbedaannya hanya pada letak dimana menu tersebut ditempatkan oleh pengembang Ms Word itu sendiri. 

Pembuatan peta konsep cukup mudah, bukan? Pada dasarnya mudah, dan kemudian bisa dibuat lebih kreatif agar lebih menarik. Sebab semakin menarik tampilan peta konsep semakin mudah mendapatkan perhatian siswa. Sekaligus membuatnya mudah diingat. 

Hanya saja, harus tetap memastikan seluruh elemen pada peta konsep terbaca dengan jelas. Tidak masalah menambahkan aneka ikon dan gambar, selama tidak menjadi pengganggu. Jadi, hasil kerja dibaca dulu dan jika dirasa terlalu ramai silahkan menghapus beberapa ikon atau elemen. Begitu juga sebaliknya.

Nah, apabila sudah membuat peta konsep ini dengan baik, peta konsep ini dapat dimanfaatkan untuk membuat pohon literasi yang baik. Apa itu, silakan pahami lebih dalam pada membuat pohon literasi.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis