Apa itu Penulis? Ini Tugas dan Jenis-Jenisnya

pengertian penulis
banner-download-ebook

Pasti banyak banget yang ingin menjadi penulis karena bisa bekerja dari mana saja dan juga bisa menuangkan gagasan idenya dengan mudah. Nah, tapi kalian tau ga sih, apa itu pengertian penulis? Dan apa saja tugas dari seorang penulis?

Nah biar gak salah lagi mengenai pemahaman ini, kita bahas disini saja ya dengan mudah, singkat dan pastinya bisa membuat kamu (pembaca) malah suka banget menjadi penulis yang profesional kedepannya.

Pengertian Penulis

Apabila menyadur dari laman KBBI, penulis disebut juga dengan orang yang menulis. Hal ini yang termasuk didalamnya adalah pengarang naskah, panitera; sekretaris; setia usaha, pelukis; penggambardan redaktur yang menulis naskah dari bahan berita untuk dimuat dalam terbitan pers.

Secara umum, dapat diartikan bahwa penulis merupakan orang yang melakukan pekerjaan menulis sebuah tulisan ataupun karya tulis dalam bentuk lainnya.

Tugas dan Kewajiban

Sebenarnya tugas utama seorang penulis adalah hanya menulis karya tulisnya. Namun, sebagai penulis juga tidak hanya memikirkan tulisannya jadi aja kan? Harus memikirkan bagaimana sebuah tulisan bisa bermanfaat, menghasilkan uang dan bahkan bisa diterbitkan dan bermanfaat orang lain.

  • Melakukan pekerjaan Menulis, editing dan proofreading teks sebuah naskah
  • Kebutuhan Pemasaran (Naskah Iklan ataupun Copywriting)
  • Meneliti dan mengembangkan sebuah tulisan
  • Mencari kontrak penerbitan
  • Negosiasi syarat dan ketentuan kontrak
  • Administrasi Umum untuk penerbitan

Keahlian yang Dibutuhkan

Adapun dalam hal keahlian khusus yang diperlukan oleh seorang penulis tidaklah banyak. Namun, teliti dan peka menjadi hal peting banget sebagai seorang penulis itu sendiri. Berikut keterampilan dan keahlian yang sebaiknya dipenuhi dan dimiliki.

  1. Keterampilan Bahasa (Memahami PUEBI, Kosa Kata, Tanda Baca dan penggunaa ejaan).
  2. Keterampilan Penyajian (bisa menyusun dengan baik sebuah paragraf sampai ke pengembangannya).
  3. Ketekunan
  4. Komunikasi
  5. Pemahaman yang lebih dalam penggunaan teknologi baru untuk menulis

Jenis-Jenis Pekerjaan Penulis

1. Penulis Buku

Penulis buku biasanya dibedakan menjadi dua, yaitu penulis buku fiksi dan buku non fiksi. Penulis buku sendiri merupakan jenis pekerjaan kepenulisan yang paling lama di dunia ini. Buku menurut KBBI, merupakan lembar kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong; kitab. Untuk lebih mengenal tentang fiksi dan non fiksi, silakan baca artikel berikut:

2. Content Writer

Penulis artikel biasanya menulis sebuah tulisan yang pendek dan berisi sebuah jawaban, persoalan, ide gagasan dan analisis dalam sebuah artikel singkat. Artikel ini bisa dimuat dalam media cetak seperti koran dan majalah ataupun media online di portal berita, media sosial dan blog pribadi.

3. Penulis Kolom

Tulisan dalam kolom khusus ini ditulis oleh seorang yang sudah ahli di bidangnya dan memiliki kanal khusus di media nasional. Biasanya panjang tulisan kolom lebih pendek daripada tulisan artikel.

4. Ghost Writer

Secara umum, diartikan sebagai penulis yang tidak terlihat (bayangan). Mereka menulis sesuai kontrak dan tidak muncul sebagai namanya dalam buku yang ditulisnya dan diberikan haknya kepada orang lain yang meminta jasa tersebut.

5. Novelis

Ya pasti semua tau kan, novelis adalah seseorang yang menulis buku fiksi yang disebut dengan novel. Untuk lebih tau tentang novel, silakan baca pada:

6. Cerpenis

Begitupun dengan cerpenis, dia memproduksi tulisan dalam bentuk cerpen dan dipublikasikan ke media-media. Bedanya, seorang cerpenis menulis tidak sepanjang novel ya.

7. Penulis Lepas

Penulis lepas ini hampir sama dengan content writer yang menulis artikel. Bedanya, kalau penulis lepas ini tidak bergantung pada nama perusahaan.

8. Copy Writer

Khusus untuk copywriter ini fokusnya pada menulis sebuah iklan yang biasanya dipakai oleh perusahaan untuk menawarkan produk jasa atau barangnya. Aplikasinya bisa di sosmed maupun di landing page website. Copy Writer ini pekerjaan yang sedang hype dan banyak dicari karena gajinya yang besar.

9. UX Writer

Jenis penulis yang baru yaitu UX writer. Tugasnya adalah membuat tulisan yang digunakan untuk webiste ataupun aplikasi. Hal yang paling menantang disini adalah harus pintar dalam menyusun kata yang singkat dan bisa dipahami. Misalkan, judul produk, deskripsi produk, CTA, notifikasi dan lain sebagainya. Nah, itu yang bisa saya jelaskan mengenai penulis sampai jobdesnya.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis