Kaizen Writing: Teknik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis

kaizen writing
Kaizen writing menjadi solusi buat kamu yang mengeluh sering mengalami writer's block. Gimana caranya? Ikuti panduan dalam artikel ini.

Menulis produktif itu susah, gimana cara biar produktif? Pakai metode kaizen writing. Istilah kaizen I ini berasal dari Jepang yang mana kata “Kai” memiliki arti perubahan. Sementara kata “zen” memiliki makna kebaikan. 

Jadi Dapat diartikan bahwa Kaizen adalah upaya untuk memperbaiki diri dengan banyak cara. Termasuk lewat cara-cara sepele dan kecil, namun bertahap, sehingga membentuk sebuah kebiasaan dan kedisiplinan. Karena dua hal inilah yang menjadi kunci sebuah kesuksesan.

Pengertian

Setelah mengintip arti kata kaizen di atas, lalu apa sih yang dimaksud dengan kaizen writing? Kaizen writing merupakan konsep mengubah kebiasaan secara bertahap dan bersifat berkelanjutan. Bentuk kaizen writing setiap orang pun berbeda-beda, tergantung dari sumber permasalahan yang dihadapinya. 

Misalnya, awalnya hanya sebatas ingin menjadi penulis. Kemudian kamu bisa membuat kaizen dengan mengubah hal-hal kecil. Mengubah harapan dan wacana menjadi action. Setelah sudah action menulis, berlanjut ditingkatkan untuk konsisten.

Misal sehari hari satu halaman, hari kedua dua halaman begitu seterusnya. Atau bisa juga fokus pada intensitas jumlah tulisan dalam satu minggu, satu bulan atau satu tahun. Prinsipnya kaizen adalah membentuk kebiasaan baru yang sifatnya meningkatkan skill kita dan mengarah pada hal yang lebih baik. 

Kaizen writing menjadi solusi buat kamu yang mengeluh sering mengalami writer’s block. Salah satu tokoh yang pertamakali memperkenalkan Kaizen writing seorang penulis sekaligus seorang editor bernama dolly Garland.

Ia lah sosok yang mencetuskan kaizen journaling dalam bukunya berjudul Kaizen Writing: A Method to Overcome Writer’s Block, Improve Writing Quality and Increase Creativity” dimana di dalam buku ini menegaskan bahwa keluhan umum penulis tentang writer’s block dapat diatasi dengan konsep kaizen writing. 

Kaizen writing tidak sekedar membantu mengatasi masalah writer’s block, tetapi juga mampu meningkatkan kualitas tulisan, dan meningkatkan kreativitas dalam menulis. Sehingga tulisan yang kamu ciptakan memiliki nilai sentimentil dan esensi nya.

Langkah-langkah

Konsep kaizen writing ternyata diabaikan oleh mcguinness, yang merupakan seorang penulis dan konsultan kreatif. Ia sangat mendukung kaizen writing untuk melatih kedisiplinan dan keteraturan selama menulis.

Sampai di sini, kamu pasti penasaran, bagaimana sih langkah-langkah dari kaizen Writing? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba juga. 

1. Menetapkan Target yang Terukur

Langkah paling umum namun efektif adalah menentukan target. Lakukan secara bertahap. Jika Tarafnya masih belajar mengasah keterampilan menulis, kamu bisa menulis sehari satu minimal satu paragraf. Jika sudah naik level, bisa meningkatkan target, misalnya sehari satu artikel.

Jika sudah naik level lagi, maka bisa meningkatkan taraf yang awalnya skala menulis artikel, bisa menaikan level menulis buku. 

2. Tulis Sesuai Hatimu

Bagi pemula yang masih melatih skill menulis, maka kamu bisa memulainya dengan topik atau tema-tema yang ringan. Misalnya menuliskan pengalaman pribadi, pengalaman teman, atau menulis tema yang kamu sukai, yang memang kamu menguasainya. Misalnya jika suka dengan dunia musik, kamu bisa menulis resensi musik. 

3. Menambah Referensi Bacaan 

Pentingnya referensi bacaan buat penulis. Karena bacaan yang kita baca akan membantu kemampuan kita dalam banyak aspek. Diantaranya, menambah kemampuan kosakata, memiliki wawasan dan sudut pandang yang lebih beragam dan menambah bank informasi di dalam otak kita. Sehingga memudahkan penulis untuk meningkatkan kualitas kajian, analisa dan meningkatkan kualitas bobot tulisan yang dituliskan. 

4. Bangun Konsistensi

Bangun Konsistensi
Bangun Konsistensi

Langkah terakhir adalah konsisten. Konsisten adalah kunci keberhasilan di banyak hal. Tidak hanya untuk menulis menulis, tetapi juga kunci dibidang lain. Setidaknya dengan konsistensi akan memberikan banyak pengalaman spiritual maupun non spiritual. Yang mana kamu secara mental pun juga akan ditempa. Bahwa kegagalan dan kesulitan bukanlah pemutus perjuangan. Melainkan hanya dinamika yang  menaikan level.

Itulah empat Langkah-langkah memulai kaizen writing yang perlu kamu coba. Bahwasanya untuk mencapai sebuah kesuksesan, dibutuhkan proses yang Panjang dan pengorbanan. Langkah di atas pun terlihat sepele dan mudah. Namun jika dipraktekkan, tidak semua orang mampu melewatinya. Jadi, pastikan kamu salah  satu yang termasuk bisa melewati setiap proses tersebut. 

Baca juga: Materi Kepenulisan Untuk Pemula

Mengapa metode ini baik untuk penulis produktif?

Metode kaizen writer salah satu metode yang efektif agar kita menjadi seorang penulis produktif. Setidaknya ini pula yang saya terapkan. Adapun dasar penting dari metode kaizen writer, perlunya menetapkan target menulis secara terukur. Tidak perlu muluk-muluk, target bisa dibuat sesuai kapasitas dan kemampuan kita. Karena prinsip kaizen writer adalah yang penting ada perubahan dari sebelumnya. 

Seringkali, ada beberapa tipe orang yang memiliki target ingin menjadi penulis. Sayangnya dengan melakukan cara-cara instans. Misalnya melakukan plagiat karya orang lain, membayar orang lain untuk menuliskan, atau memanfaatkan fitur AI.

Jadi kaizen writing ini sebenarnya mengajarkan kita untuk tidak terfokus pada hasil, tetapi juga memperhatikan dan menikmati prosesnya. Karena proses menulis yang sulitnya menemukan ide, sulitnya menuangkan gagasan dan merangkai kata dan kalimat inilah yang akan menempa skill dan intuisi kita sebagai penulis. 

Dari segi kreativitas pun kita akan berlatih dengan sendiri. Karena memang keterampilan menulis ini bukan sesuatu yang bisa diperoleh secara instansi. Proses yang harus di lalui sangatlah panjang, saya pun dari 2008 sampai sekarang masih terus melatih kemampuan menulis saya. Karena dengan menikmati proses, kita bisa mampu meningkatkan keterampilan menulis secara bertahap, dan menghasilkan karya-karya yang original.

Ketika semua proses sudah kamu lalui, kamu pun akan bisa merasakan bagaimana nikmatnya menulis. Kamu juga bisa merasakan bagaimana nikmatnya menulis secara lancar, tanpa mengalami kendala seperti writer’s block, bingung menuliskan gagasan ataupun masalah yang sering dikeluhkan selama ini. Menulis akan menjadi sebuah aktivitas relaksasi. Hasil karya yang kamu tulis pun juga memberikan dampak pada pembacanya. 

Ringkasan

Bagaimana? Dari uraian panjang lebar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kaizen writing adalah proses mengubah diri kita kearah yang lebih baik. Dimana kaizen writing ini secara tanpa kita sadari kita ditempa untuk menjadi pribadi yang disiplin, dan konsisten terhadap mimpi yang ingin kita capai. 

Bahwa untuk menjadi seorang penulis handal dan berkualitas tidak bisa dicapai dengan cara-cara instans. Sekalipun dapat dicapai secara instans, sifatnya tidak akan abadi. Ketika mengalami kehancuran, akan segera musnah. 

Sebaliknya, ketika kita menikmati proses yang sulit dan penuh perjuangan. Maka ketika kita mengalami kesulitan dan terjatuh, mental kita sebagai penulis akan kembali bangkit dan memulainya kembali. Karena mental penulis yang menerapkan konsep kaizen terbukti lebih tahan banting, dibandingkan penulis-penulis yang diperoleh dengan cara-cara instans. 

Jadi buat kamu yang sekarang sedang berproses. Nikmatilah. Jika sudah waktunya panen, kamu akan merasakan begitu luar biasanya kaizen writing ini.

Semoga sedikit ulasan artikel ini bermanfaat. Semoga jerih payah yang kamu upayakan saat ini bisa menjadi penerus estafet dunia kepenulisan. Karena penulis memiliki peran yang sangat penting. Kalau sudah menulis, jangan lupa diterbitkan di Bukunesia ya. Jika butuh panduan, baca yuk di sini “9 Cara Membuat Buku Hingga Terbit“.

(Iruekkawa Elisa)

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait
PROMO TERBIT BUKU