10+ Contoh Kelebihan Buku dalam Resensi Buku

contoh kelebihan dalam resensi buku
banner-download-ebook

Sebuah buku pasti memiliki nilai plus dan minusnya, artinya dalam sebuah buku tentu ada kekurangan dan juga kelebihan. Hal ini pasti tak luput dilakukan terlebih buku ditulis oleh manusia yang memang banyak kekurangan. Akan tetapi, ada pula kelebihan pada buku sehingga menjadi nilai plus untuk buku tersebut.

Artikel ini akan membahas mengenai kelebihan buku yang biasanya dicantumkan di dalam resensi buku oleh penulis resensi atau yang disebut sebagai resensi. Kelebihan buku ini tak hanya dalam segi isi buku saja, tetapi pada hal lainnya. Misalnya segi bahan dari buku, kertas yang dipakai, pemilihan font, harga, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijabarkan beberapa contoh kelebihan dari buku yang biasanya ditulis atau disertakan di dalam resensi buku yang ditulis oleh peresensi.

Pengertian Resensi Buku

Sebelum mengetahui apa saja contoh kelebihan buku yang ada di resensi buku, perlu diketahui dulu apa itu pengertian resensi buku. Resensi buku ini sering dijumpai ketika Anda ingin mencari buku dan isi buku yang sesuai. Tetapi apa sebenarnya pengertian resensi buku?

Resensi buku berasal dari bahasa Belanda yaitu dari kata ‘recensie’ yang memiliki arti membicarakan atau menilai sesuatu  ‘borderland en besproken’. Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi memiliki arti  pertimbangan atau pembicaraan tentang buku yang berisi mengenai ulasan buku.

Sehingga jika disimpulkan dari kedua pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa resensi merupakan kegiatan menilai atau menimbang kembali suatu buku yang sudah ada. Resensi buku artinya merupakan kegiatan atau aktivitas seseorang agar dapat menyampaikan gagasan secara tertulis dalam hal mengukur baik buruknya buku tersebut.

Seperti yang Anda tahu, sesuatu yang ada di dalam buku ini memiliki nilai tersendiri. Bahkan pada setiap buku pasti ada kelebihan dan juga kekurangan. Melalui resensi buku inilah Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari buku, hingga mengungkap informasi apa saja yang bisa diperoleh dari buku tersebut.

Sederhananya resensi buku adalah kegiatan menyusun ulang ulasan mengenai sebuah buku, dengan harapan agar pembuat resensi dapat berbagi informasi mengenai isi buku dan memberikan opini pribadinya tentang buku tersebut.

Resensi buku ini memang bersifat subjektif karena penilaian yang dilakukan oleh peresensi pada suatu buku memang diambil dari sudut pandang penulis resensi itu sendiri, sehingga bisa jadi buku yang sama jika diresensi oleh orang yang berbeda juga akan memiliki sudut pandang dan penilaian yang berbeda.

Dengan ditulisnya resensi buku yang salah satunya terdapat kelebihan dari suatu buku, maka akan membantu memudahkan pembaca dalam menemukan buku yang dikehendaki atau dibutuhkan. Resensi buku dibuat agar calon pembaca bisa lebih dahulu mengetahui isi buku atau kekurangan dan kelebihan buku tersebut sebelum membelinya.

Meski demikian, semuanya kembali lagi ke calon pembeli, apakah akan mengikuti resensi atau ulasan atau mengikuti keinginan pribadinya. Sebelumnya, silakan pahami dulu mengenai panduan langkah menulis resensi buku.

Contoh Kelebihan Buku

Setelah memahami pengertian dan apa isi di dalam resensi buku yang salah satunya adalah mencantumkan kelebihan atau keunggulan buku, perlu diketahui bahwa ada alasan mengapa kelebihan suatu buku harus ditulis di dalam resensi buku.

Kelebihan buku merupakan kondisi di mana buku tersebut memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan buku lain sejenisnya yang biasanya dituliskan dalam bentuk teks yang sifatnya memuji atau memaparkan fakta dan data mengenai kelebihan yang terdapat di dalam buku.

Dengan ditulisnya kelebihan buku pada resensi, maka calon pembeli dapat mengetahui nilai positif yang dimiliki buku, baik dari segi isi buku maupun dari segi fisik buku. Akan tetapi tak jarang bahwa kelebihan buku pada resensi buku ditulis sebagai ajang mempromosikan buku itu sendiri.

Untuk mengetahui apa saja contoh kelebihan buku yang biasanya ditulis di dalam sebuah resensi buku, simak contoh kelebihan buku dalam resensi buku di bawah ini.

1. Judul Buku : Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Penulis : Mark Manson

Penerbit : Gramedia Widiasarana Indonesia

Kelebihan Buku

Kelebihan buku berjudul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat ini adalah karakter tokoh Charles Bukowski yang sangat kuat dan gigih dalam menggapai cita-citanya, sehingga orang lain dapat mengambil sisi positif dibalik sikap cuek yang dimilikinya ketika memiliki pilihan untuk menghadapi masalah.

2. Judul Buku : Satwa Terancam Bahaya

Penulis Buku : Jen Green

Penerbit : Pakar Karya

Kelebihan Buku

Buku ini memiliki kelebihan terutama dalam tata bahasa. Buku berjudul Satwa Terancam Bahaya ini mampu membantu siswa yang memiliki kemampuan membaca yang kurang baik tetap dapat menikmati buku tersebut dengan mudah dan mampu memahami buku tersebut dengan baik.

3. Judul Buku : Rapijali

Penulis : Dee Lestari

Penerbit : Bentang Pustaka

Kelebihan Buku

Buku karya Dee Lestari ini memiliki seri lanjutan yang mana setiap kisah dalam setiap serinya tentu akan menarik dan juga membuat pembaca penasaran sebagai buku hiburan untuk anak muda yang gemar akan dunia musik.

4. Judul Buku : Why? Camera – Kamera

Penulis : Yearimdang

Penerbit : Elex Media Komputindo

Kelebihan Buku

Buku mengenai pengetahuan tentang komputer ini sangat informatif untuk segala usia. Buku ini mampu membantu seseorang yang ingin belajar tentang komputer dengan mudah karena buku ini ditulis dalam bentuk komik yang menarik dan tidak akan membuat pembaca jenuh.

5. Judul Buku : Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun

Penulis : Tiga Generasi

Penerbit : Wahyumedia

Kelebihan Buku

Buku karya Tiga Generasi yang berisi pengetahuan mengenai cara mengatasi kepanikan dalam mengasuh bayi ini sangat mudah dimengerti dan bermanfaat bagi pasangan baru yang belum mengetahui banyak ilmu parenting sehingga dapat membantu para pasangan orang tua baru.

5. Judul Buku : Wingit

Penulis : Sara Wijayanto

Penerbit : Elex Media Komputindo

Kelebihan Buku

Novel horor berjudul Wingit yang menceritakan sosok tak kasat mata ini memiliki tujuan memperkenalkan sosok yang dulu pernah hidup dengan berbagai kisah manis yang ternyata membuat akhir kisahnya menjadi seperti yang diperlihatkan pada orang tertentu saat ini. Dengan demikian, buku ini mengajarkan manusia bersikap dan bersyukur saat masih memiliki umur panjang.

6. Judul Buku : Koala Kumal

Penulis : Raditya Dika

Penerbit : Gagas Media

Kelebihan Buku

Buku yang menceritakan kisah cinta ringan yang cocok untuk remaja ini memiliki tema yang berbeda dengan buku sebelumnya. Gaya bahasa yang digunakan mudah dipahami dan tata penulisannya juga lebih baik sehingga menarik dan ringan untuk dibaca.

7. Judul Buku : Cewek Smart

Penulis : Ria Fariana

Penerbit : Gemi Insani

Kelebihan Buku

Buku ini memiliki tujuan mengajak para perempuan Muslim untuk lebih taat dalam bersyariat dan berperilaku. Buku ini memiliki penyampaian yang ringan tetapi mudah dipahami dilengkapi desain buku yang penuh warna dan indah.

8. Judul Buku : Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya

Penulis : Rusdi Mathari

Penerbit : Buku Mojok

Kelebihan Buku

Buku ini memiliki gaya bahasa yang mudah dipahami dan berisi mengenai kisah atau realita yang disajikan dekat dan relevan dalam kehidupan manusia sehari-hari namun sarat akan nilai moral dan nasihat.

9. Judul Buku : Burung Burung Manyar

Penulis : Y. B. Mangunwijaya

Penerbit : Penerbit Djambatan

Kelebihan Buku

Buku dengan tebal halaman 400 halaman lebih ini menyajikan naskah yang kaya akan gagasan, akan tetapi setiap akhir cerita yang diberikan tidak mudah ditebak sehingga sangat menarik.

10. Judul Buku: Generasi Langgas (Millennials Indonesia)

Penulis : Yoris Sebastian, Dilla Amran, dan Youth Lab

Penerbit : Gagas Media

Kelebihan Buku

Gaya penulisan buku ini sopan, ringan, dan mudah dipahami. Terdapat berbagai kata motivasi yang berharga dan dilengkapi dengan contoh yang relevan.

11. Judul Buku : The Life Plan: 700 Cara Sederhana untuk Hidup Lebih Baik

Penulis : Robert Ashton

Penerbit : Erlangga

Kelebihan Buku

Buku ini menjadi bacaan yang tepat dalam mengatasi atau memecahkan masalah yang sering ditemui dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Tampilan visual buku ini juga menarik karena berwarna cerah dengan font yang menarik.

12. Judul Buku: Buku Pintar Olahraga

Penulis : Teguh Sutanto

Penerbit : Pustaka Baru Press

Kelebihan Buku

Isi buku sangat lengkap untuk mempelajari ilmu olahraga dan menyajikan berbagai ilmu dri berbagai cabang olahraga.

Baca artikel terkait resensi buku lainnya

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis