Cara Mengirimkan Naskah Kumpulan Cerpen Ke Penerbit

Penerbit cerpen
Penerbit cerpen adalah sarana yang paling dicari-cari bagi penulis cerpenis. Berikut cara mengirim naskah cerpen ke penerbit buku.

Penerbit cerpen adalah sarana yang paling dicari-cari bagi penulis cerpenis. Daripada kamu menulis cerpen satu persatu. Kamu bisa menjadikan cerpen kamu dalam buku kumpulan cerpen (Kumcer) loh. Tentu akan menjadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri, ketika bisa melahirkan sebuah buku. Salah satu caranya dengan menerbitkan ke penerbit cerpen. 

Apa Itu Penerbit Cerpen?

Apakah kamu pernah mendengar penerbit cerpen? Penerbit cerpen sebenarnya hanya sekedar penamaan yang intinya penerbit menerima karya kumpulan cerpen dari para penulis di luar sana. seperti yang kita tahu, tidak semua penerbit buku mau menerbitkan buku kumpulan cerpen. Hanya beberapa penerbit buku yang memang menerima kumpulan cerpen. 

Nah, buat kamu yang kebetulan suka menulis cerpen, dan belum mampu menulis dalam ratusan halaman, maka bisa mengawalinya dengan menulis kumpulan cerpen. Kemudian menerbitkan kumpulan cerpen kamu ke penerbit cerpen. 

Cara Mengirimkan Naskah Cerpen Ke Penerbit

Setelah mengetahui apa itu penerbit cerpen di atas, pasti kamu yang masih pemula di dunia penerbitan buku, pasti bingung bagaimana cara mengirimkan naskahnya bukan? Tenang! Kehadiran artikel ini akan memberikan gambaran caranya. 

1. Siapkan Cerpen

Pastinya, kamu wajib dan harus ada naskahnya terlebih dahulu. Pastikan kamu memiliki cerpen. Jika bingung ingin menuliskan ceritanya seperti apa dan bagaimana, kamu bisa mengumpulkan ide cerita dalam bentuk list. Dan kamu bisa menganggarkan waktu untuk menyelesaikan semua list cerpen-cerpen tersebut. 

2. Kirimkan Cerpen Secara Kolektif

Ingat, yang perlu dipersiapkan bukan satu dua cerpen loh. tetapi beberapa tulisan cerpen. Bisa 10 judul cerpen atau lebih, tidak ada aturan baku. Prinsipnya, ketika cerpen tersebut digabungkan akan tebal dan memiliki punggung buku. Jika dibuat perkiraan, kurang lebih 60 halaman.

3. Buat Sinopsis Untuk Antologi Cerpen 

Hal yang penting nih, kamu juga perlu membuat sinopsis kumpulan cerpen. Pastikan saat membuat sinopsis menonjolkan selling point. Tujuannya agar pihak penerbit dan pembaca tertarik ingin menerbitkan dan membaca cerpen kamu. Sesuai dengan namanya, cukup tulis sinopsis secara ringkas, tetapi tetap membekas. 

4. Siapkan Data Diri 

Jika poin 1 sampai 3 sudah siap semua. Maka kamu perlu menyiapkan data diri, yang meliputi, nama, no HP, email, alamat rumah dan sedikit biografi singkat.

Jika kamu punya prestasi di dunia literasi atau dunia tulis menulis, tidak ada salahnya menuliskan di sana, fungsinya untuk memperkuat bahwa kamu bukanlah penulis pemula dan sudah punya pengalaman. Tentu ini akan membantu pihak editor mempertimbangkan karya kumpulan cerpen kamu.

5. Format Naskah yang Rapi

Sering dianggap sepele bagi penulis kumpulan cerpen pemula. Biasanya pemula akan menulis dengan format seadannya. Bahkan aturan rata kanan kiri atau kerapian tidak diperhatikan. Sehingga terkesan berantakan. 

Padahal seorang editor buku sangat senang dengan kerapian naskah loh.. naskah yang rapi akan membantu editor buku untuk nyaman membaca dan meningkatkan mood. Lah, gimana naskah kumpulan cerpen mau diterima jika format tulisan berantakan? Karena akan sangat mengganggu kemampuan mata dalam membaca. 

6. Penerbit Mana yang Menerima Kumpulan Cerpen? 

Buat kamu nih yang bingung ingin menerbitkan cerpen kemana? Mengingat tidak banyak penerbit yang tertarik menerbitkan jenis buku ini. Tenang! Karena kamu bisa lebih efektivitas waktu, dengan langsung menerbitkan buku di Bukunesia. Di Bukunesia, kamu bisa menerbitkan berbagai genre jenis buku, jadi tidak hanya kumpulan cerpen saja.

Untuk pendaftaran dan pengiriman naskah, bisa langsung klik di sini

Di bukunesia, kamu tidak lagi bingung bagaimana step by step menerbitkan buku. Karena sudah diarahkan oleh system. Dan ketika naskah kamu sudah masuk, tinggal menunggu followup dari tim. 

7. Tunggu Follow Up Penerbit 

Setelah membaca aturan dan syarat pengiriman naskah di link di atas, kemudian kamu pun cocok dan mengirimkan naskah ke tim. Maka, kamu hanya tinggal menunggu waktu difollow up oleh tim. Biasanya kamu akan dihubungi oleh tim, terkait keinginan kamu yang ingin menerbitkan buku. 

Ketika di follow up, kamu pun boleh bertanya apapun, seputar penerbitan buku di sana, dan bisa menanyakan pertanyaan yang sekiranya belum kamu pahami. 

Apakah 1 naskah boleh dikirim ke beberapa penerbit?

Cara mengirimkan naskah agar kamu dinilai sebagai penulis yang berkomitmen dan menyenangkan adalah, jangan mengirimkan 1 naskah yang sama ke penerbit lain, dalam waktu bersamaan. Biasanya, pemula banyak yang masih belum tahu jika melakukan hal ini adalah pelanggaran kode etik penulisan buku. 

Alasan larangan mengirimkan buku bersamaan di penerbit yang berbeda adalah, menghindari terjadinya publikasi ganda. Dimana ini akan menjadi masalah untuk si penulis. Karena sudah melanggar kode etik. Apesnya, kamu bisa di blacklist oleh pihak penerbit loh. 

Sekalipun naskah tersebut adalah naskah karya asli penulis, tetap saja tindakan itu melanggar aturan penerbitan buku. 

Dampak yang akan diterima si penulis tidak hanya di blacklist oleh penerbit, tetapi juga akan mendapatkan penilaian negatif bagi masyarakat. Sehingga pada akhirnya mempengaruhi popularitas dan karir kamu. 

Itulah delapan cara mengirimkan naskah cerpen ke penerbit. Semoga sedikit pengalaman seputar penerbitan buku di atas banyak membantu dan memberikan pemahaman. Bahwa, kita sebagai penulis pun juga memiliki kode etik yang wajib dipegang. 

Selain menerbitkan kumpulan cerpen di bukunesia, kamu yang punya bakat membuat puisi juga bisa menulis buku kumpulan puisi dan diterbitkan di sana juga loh. bagaimana? Apakah tertarik? Segera kirimkan naskahmu SEKARANG!. (Irukawa Elisa)

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait
PROMO TERBIT BUKU