Penerbit yang Menerima Naskah Kumpulan Puisi

Penerbit yang Menerima Naskah Kumpulan Puisi

Banyak sekali orang yang bertanya apakah bisa kumpulan puisi diterbikan di penerbit? Ternyata bisa lho. Ini, penerbit yang menerima naskah kumpulan puisi untuk menjadi sebuah buku.

Sebelum lanjut ke nama penerbitnya dan bagaimana caranya, kita kenalan dulu dengan yang namanya buku kumpulan beberapa karya ini. Yaps, yaitu buku Antologi.

Apa itu Buku Antologi?

Definisi paling mudah tentang buku antologi adalah buku yang isinya terdiri dari beberapa karya yang memiliki tema dan bentuk yang sama dan dijadikan satu dalam sebuah buku. Nah, ada banyak jenis buku antologi tetapi yang paling terkenal adalah antologi puisi, cerpen ataupun esai.

Jadi, untuk itu banyak yang menyelenggarakan lomba esai ataupun lomba puisi yang hadiahnya akan dimasukkan ke dalam buku Antologi dengan tajuk tertentu sesuai tema.

Dalam satu buku antologi, tema yang diangkat hampir sama jadi tidak beda jauh antara karya yang satu dengan yang lainnya sehingga penerbit berkenan untuk menerima naskah kumpulan puisi atau karya lainnya untuk dijadikan buku antologi yang baik, menarik dan bisa juga dinikmati oleh orang lain.

Baca juga: Unsur Instrinsik Puisi

Cara Membuat Buku Kumpulan Naskah Puisi

Sebenarnya membuat dan menulis buku antologi ini tidaklah susah-susah, sebab penulisnya tidak hanya satu tetapi ada beberapa atau bahkan banyak penulis di dalamnya. Terus, apa saja langkah menulis buku kumpulan naskah puisi yang dijadikan antologi puisi ini?

1. Memilih Tema yang Diangkat

Pertama, pihak penyelenggara atau orang yang ingin menerbitkan buku menentukan tema yang ingin diangkat. Tujuannya, supaya hasil karya puisi yang diterbitkan bisa membahas hal sama namun bisa bebas untuk mengambil sudut pandang yang diambil.

Dengan begitu, penentuan judul antologi buku akan bisa menarik dan terpusat. Jadi, tentukan tema dulu ya. Tipsnya, adalah memilih tema yang mudah untuk semua kalangan sehingga memudahkan dalam membuat karya dan mencari kontributor.

2. Mencari dan Mengumpulkan Kontributor

Kedua, mencari atau mengumpulkan kontributor penulis puisi yang akan bergabung menerbitkan buku antologi tersebut. Nah, banyak cara untuk mengumpulkan kontributor ini, antara lain.

a. Komunitas

Cara pertama dan pasti sudah tau kualitas bahkan tone pembawaan, maka sasarannnya ya komunitas. Buat komunitas dan nantinya setiap anggota menulis puisi yang ingin dijadikan sebuah buku.

b. Lomba

Cara kedua yaitu dengan mengumpulkan penulis melalui lomba atau sayembara dengan menyambut tema atau acara tertentu. Nah, untuk para pemenang maka karyanya akan dimasukkan dalam buku antologi secara gratis.

c. Tugas Kuliah

Cara paling terakhir ini adalah mudah sebab bisa dilakukan oleh satu angkatan jurusan tersebut. Misalkan, jurusan sastra Indonesia dan ada tugas untuk membuat puisi. Nah, puisi ini nantinya perlu di kurasi oleh editor supaya lebih baik lagi.

Nantinya bisa untuk diterbitkan bersama satu angkatan. Sehingga satu angkatan punya kenangan berupa buku yang diterbitkan.

3. Editor

Langkah ketiga mencari editor. Tugas editor ini untuk melakukan pengecekan baik tata bahasa dan lain sebagainya. Nah, untuk puisi biasanya peran editor tidak terlalu banyak sebab untuk mengedepankan kemurnian karya masing-masing pembuat.

Namun, biasanya setiap penerbit sudah menyediakan editor kok. Jadi, santai saja.

4. Penerbit

Langkah terakhir adalah mencari penerbit yang menerima naskah kumpulan puisi (antologi puisi). Salah satu penerbitnya adalah Penerbit Bukunesia.

Penerbit Bukunesia merupakan penerbit yang mewadahi orang untuk bisa menyebarkan inspirasi, ide, gagasan dan karya yang lebih luas lagi. Bahkan, ada paket branding dan marketing bagi yang menerbitkan buku disini.

Untuk melihat paket pendaftaran bisa langsung lihat di laman atau kontak berikut

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis