Biografi Oki Setiana Dewi: Pendidikan, Keahlian dan Karya Buku

Oki Setiana Dewi tidak hanya dikenal sebagai pendakwah yang berseliweran di televisi. Berikut biografi, prestasi, biodata dan karya buku.
Biografi Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi tidak hanya dikenal sebagai pendakwah yang berseliweran di televisi. Ternyata berikut beberapa karya, prestasi yang pernah diraih semasa muda. 

Biodata Oki Setiana Dewi

Siapa yang tidak kenal sosok Oki Setiana Dewi? Buat Anda  penggemar karya Novel Habiburrahman el Shirazy berjudul “ketika cinta bertasbih 2” yang diangkat di layar lebar, pasti kenal sosok ini. Saat memerankan film tersebut di tahun 2008 ia didapuk sebagai artis pendatang baru terfavorit. 

Kini Oki Setiana Dewi melepas lajangnya, dan dipersunting oleh Ory Citrio De Janeiro, dan sudah dikaruniai beberapa putra-putri yang menggemaskan. Sekarang ia lebih dikenal sebagai seorang pendakwah yang kental dengan religiusitas. 

Tidak berhenti sampai disitu saja. Jika ternyata Oki Setiana Dewi ini pun seorang penulis buku jug, sekaligus seorang public speaker di program-program televisi nasional. Wajar jika nama nya pun banyak dikenal masyarakat.

Ibu yang memiliki keempat anak ini lahir pada 13 Januari 1989 di Batam. Sejak kecil hingga usia 16 tahun menetap di batam. Kemudian saat masuk SMA, tepatnya sekitar tahun 2005 keluarganya memutuskan hijrah ke Depok, dan Ia memutuskan melanjutkan sekolah di SMA N 1 Depok.  Diketahui dua orang tuanya bernama Sulyanto dan Yunifah Limawati yang merupakan darah keturunan Jawa-Palembang.

Pendidikan Oki Setiana Dewi

Selain berprestasi secara non akademik, Oki juga sosok pelajar yang cerdas dan prestasi. Hal ini dapat dilihat dari riwayat pendidikannya. Saat masih belajar di SMAN 1 Depok, Ia tidak hanya dikenal sebagai orang yang pintar secara akademik, tetapi juga pintar secara non akademik. Hal ini dapat dilihat kreativitas dan ajang kejuaraan yang pernah diikuti di luar akademik.

Se-lulus dari SMAN 1 Depok, Oku melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia (2012) mengambil jurusan Fakultas ilmu Pengetahuan Budaya. Di perguruan tinggi Oki juga cukup menonjol, ia ditunjuk sebagai mahasiswi teladan dan mendapatkan penghargaan mahasiswa baru terbaik PS MABIM FIB UI 2007. Ia juga pernah mendapatkan penghargaan dibidang seni FIB UI di tahun 2010 sebagai mahasiswi berprestasi.

Sepertinya ilmu pengetahuan membuat Oki selalu ingin belajar. Pada akhirnya Oki Setiana Dewi lulus dari UI langsung melanjutkan program Tahfidzul Qur’an di depok, tepatnya di Rumah Qur’an, di sana ia mempelajari bahasa arab. Dimana landasan mempelajari bahasa arab ini sebagai bentuk persiapan bahwa di tahun 2012 ia terbang ke Arab. Disana Oki belajar bahasa Arab di Universitas Umm Al Qur’an. 

Promo Aksara Internasional Web 2

Lulus dari sanalah, Oki mengawali karirnya di dunia entertain. Ia membintangi film pertamanya yang berjudul “Ketika Cinta Bertasbih”. Oh iya, pasalnya Oki juga pernah membintangi FTV juga loh, karena pemain tidak boleh berhijab, akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi pemeran di FTV.

Perjalanan Karir

Apa yang diraih Oki Setiana Dewi saat ini memiliki kisah yang tidak mudah. Ia juga memiliki banyak kegagalan yang dirasakan. Oky muda, saat dibangkuu sekolah adalah pribadi yang sudah memiliki kesadaran membaca dan menulis dengan baik. Ia juga sering mengikuti lomba peragaan busana tingkat kecamatan ataupun provinsi. Tetapi selalu gagal. Gara-gara inilah yang sempat membuatnya kecewa berat. 

Di sisi lain, dari kekecewaan dan kegagalan yang dialaminya, Oki selalu bisa mengambil pelajaran bahwa untuk tidak menyerah. Ia justru semakin semangat dan semakin berusaha semakin keras. Hingga pada titik ia masuk Sekolah Kepribadian Silhouette, ia semakin percaya diri. Keberhasilannya pun mulai terlihat. 

Mulai saat itu, Oki selalu juara dari berbagai lomba peragaan busana, ditunjuk menjadi pembawa acara, MC di ajang-ajang kegiatan seperti pameran rumah, acara ulang tahun ataupun festival musik. Tanpa disadari, ia pun bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan yang dilakukannya ini, hingga terkumpul jutaan rupiah.

Keahlian Oki Di Bidang Agama Dan Dakwah

Keahlian oki tidak lain adalah di bidang agama dan dakwah. Didukung dengan bakat keterampilannya dalam dunia tulis menulis. Menjadikan Oki berdakwah lewat jalur menulis buku. Tidak heran jika karya-karya bukunya sangat inspiratif, membangkitkan hati dan jiwa. Sehingga para pembaca ikut terbawa. 

Buku Yang Ditulis Cahaya Di Atas Cahaya 

Oki Setiana Dewi pun tidak hanya menerbitkan satu dua buku saja loh. Ia menerbitkan beberapa buku. Diantaranya buku berisi catatan Oki Setiana Dewi yang berjudul Melukis Pelangi : Catatan Hati Oki Setiana Dewi, Sejuta Pelangi : Pernik Cinta Oki Setiana Dewi, Cahaya Di Atas cahaya Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi, Hijab I’m In Love, Dekapan Kematian, Ketika Guru SD Sakit.

Melukis Pelangi: Catatan Hati Oki Setiana Dewi,

Melukis Pelangi : Catatan Hati Oki Setiana Dewi salah satu buku yang merupakan catatan hati atas apa yang dirasakan dan dipikirkannya. Secara garis besar, buku ini menuliskan kisah Oki ketika masa kecil di batam. Menceritakan kegigihan saat dirinya masih kecil. Buku yang ditulis secara menarik, jujur dan terbuka. Cocok dibaca buat Anda  yang butuh inspirasi.

Sejuta Pelangi: Pernik Cinta Oki Setiana Dewi

Buku ini juga buku yang berisi kisah motivasi yang menyentuh hati. Ada banyak kisah yang dituliskan dengan bahasa yang menyenangkan. Cocok buat Anda  yang masih sulit bersyukur, sulit menerima kenyataan. Setidaknya di buku ini Anda  akan menemukan pelajaran,hikmah hidup yang tidak kalah membangkitkan jiwa.

Cahaya Di Atas cahaya Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi, 

Salah satu buku Oki yang berjudul cahaya Di Atas cahaya Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi yang mengisahkan cerita-cerita yang penuh hikmah yang pernah ditemukannya. Buku ini cukup menginspiratif, buku yang penuh pembelajaran untuk membentuk kebijaksanaan.

Hijab I’m In Love

Buku ini adalah buku yang secara garis besar, Oki mengajak para muslimah untuk mengenakan hijab. Karena memang berhijab adalah wajib.

Di buku ini juga akan mengupas bahwa konsisten berhijab tidak menjauhkan rejeki, seperti pekerjaan atau apapun itu. Sehingga para muslimah tidak perlu mengkhawatirkan akan hal seperti ini. Buku sangat direkomendasikan buat Anda  yang sudah punya keinginan berhijab, namun masih kesulitan untuk istiqomah.

Dekapan Kematian

Buku dekapan kematian adalah buku kisah nyata yang cukup mellow dan menyentuh hati. Buku ini kurang lebih mengajak pembaca untuk mengetahui lebih dalam tentang arti cinta dan perpisahan. Buku yang sangat melibatkan hati,perasaan terhadap orang-orang yang terkasihi. Dan buku ini juga syarat akan hikmah kehidupan, yang akan mengantarkan kita  bisa lebih menghargai orang yang ada di sekitar kita.

Itulah beberapa buku yang ditulis oleh Oki Setiana Dewi. Adapun beberapa buku lain seperti Ketika Guru SD Sakit, dan Hijab I’m in Love.  Dimana buku ini juga tidak kalah menarik. 

Buat Anda yang mungkin juga memiliki ilmu di dunia dakwah, bisa banget ditulis dalam sebuah buku. Karena menuliskan ke dalam karya buku tidak akan mati dan akan terus abadi. Buat yang bingung ingin menerbitkan kemana, Anda bisa langsung terbitkan di sini.

Setiap minggunya, Kami selalu update tokoh-tokoh terkenal dan memiliki keahlian yang juga memiliki karya buku sendiri pada topik Karya Para Tokoh.

(Irukawa Elisa)

Abadikan Cerita, Pengalaman dan Keilmuan Anda Menjadi Buku yang Fenomenal

Terbitkan Buku di Bukunesia, Penerbitnya Para Tokoh Terkenal di Indonesia. Karya dalam bentuk buku akan dikenang sepanjang masa!

Hubungi Email: [email protected]

Bagikan Artikel Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *