Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Buku Fiksi

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Buku Fiksi

Bagi pecinta cerita fiksi pasti saat mengoleksi buku fiksi adalah hal yang paling sakral. Karena kamu pastinya sangat ingin membaca karangan fiksi apalagi yang bisa membuat imajinasimu keluar. Karena itu sebelum beli buku fiksi kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum rugi telah mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Dalam membeli buku pun kamu harus mempertimbangkan dahulu apakah worth it mengeluarkan uang dengan sinopsis cerita fiksi yang disajikan. Simak hal yang karus kamu perhatikan sebelum membeli buku fiksi lengkapnya dibawah ini.

1. Periksa Informasi Buku

Hal yang pertama paling mendasar adalah kamu harus memeriksa informasi buku di toko buku atau tempat jual buku online seperti bukunesia. Hal yang harus diperiksa adalah Sinopsis, genre, penulis, dan jumlah buku.

Pastikan sinopsis dan genre sesuai dengan keinginan, yang bisa berimajinasi hingga masuk kedalam cerita tersebut. Penulis juga menentukan alur cerita didalamnya seperti apa, cari tahu penulis apakah telah mempunyai karya2 lainnya yang mungkin kamu tau.

2. Membaca Review Buku

Tips selanjutnya yang paling ampuh adalah membaca review buku. Dengan membaca review buku ini kamu jadi tahu apakah kamu menyukai gaya bahasa penulisan di buku tersebut atau tidak. Selain menentukan gaya penulisan review buku juga bisa menentukan plot cerita, karakter hingga world building di cerita.

Membaca review buku bisa diakses melalui google books, dengan menekan tombol “preview”. Google books biasanya memberikan cuplikan 3 bab utama hingga 5 bab.

3. Memperhatikan Sampul Buku

Kamu pastinya sudah tau dengan kalimat ini Don’t judge a book by its cover. Dalam tips kedua ini kamu harus memeperhatikan betul sampul buku dengan sinopsis. Rata-rata pembuat cover buku atau sampul buku berbeda dengan penulis buku. Sampul yang menarik belum tentu isinya menarik juga.

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

Selain desain sampul buku, ada beberapa buku fiksi yang mempunyai stiker penghargaan seperti best seller atau yang lainnya, sehingga akan lebih meyakinkan sebelum beli buku fiksi itu.

4. Periksa Ulasan Buku

Setelah selesai informasi mendasar tersebut, jangan lupa untuk memeriksa ulasan buku. Beberapa situs ulasan terkenal adalah Goodreads dan Google Books.

Dalam proses pengecekan ulasan buku, jangan berfokus pada rating saja. Melainkan fokus pada poin-poin ulasan baik dan buruknya kebanyakan orang, sehingga ketika kamu membeli buku tidak ada kata menyesal.

5. Pertimbangkan Buku Preloved 

Salah satu alasan selain beli buku fiksi adanya promo atau pre order yaitu buku preloved. Buku preloved adalah buku bekas yang dijual kembali dengan keadaan baik dan original. Karena dengan membeli buku preloved kamu memiliki banyak keuntungan selain buku masih baik dan original tapi kamu mendapatkan buku tersebut dengan harga yang lebih murah dari aslinya.

Setelah mengetahui hal yang perlu diperhatikan sebelum beli buku fiksi diharapkan kamu bisa mempertimbangkan betul dalam membeli buku.

Info Penting
Pas banget bukunesia lagi ada promo Pay Day dimana kamu akan mendapatkan diskon 30% dari tanggal 25 Februari – 28 Februari 2023. Dan tentunya ada buku novel yang sedang open Pre Order. Sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
Untuk informasi pembelian kamu bisa langsung mengunjungi shopee bukunesia atau menghubungi CS bukunesia untuk informasi lebih lanjut.

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait