Cara Membuat Cover Wattpad Menarik Agar Cepat Populer

cara membuat cover wattpad
banner-download-ebook

Cara membuat cover wattpad banyak dicari-cari penulis. Yap, meskipun hanya sebuah cover, ternyata cover menentukan daya tarik pembaca membaca tulisan yang sudah kamu buat loh. Sayangnya, banyak yang mengeluhkan tidak bisa membuat cover sendiri, dengan alasan tidak bisa keterampilan edit cover menggunakan corel atau photoshop. 

Tenang! Di era teknologi super canggih seperti sekarang, semua serba bisa. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengulang bagaimana cara membuat cover wattpad tanpa pusing tujuh keliling. Penasaran, langsung simak ulasanya berikut ini. 

Hal Penting Harus Diperhatikan

Siapa yang tidak kenal wattpad? Wattpad adalah wadah yang paling disukai oleh remaja dalam dunia tulis menulis. Baik itu tulis nove, puisi, scenario atau sekedar curhatan lewat tulisan. Menariknya dari aplikasi wattpad ini adalah, banyak melahirkan penulis-penulis baru. Bahkan, banyak pula penerbit yang melirik tulisan dari penulis dari wattpad dan diterbitkan. 

Wah, siapa sih yang tidak ingin menerbitkan karyanya menjadi buku. Hanya saja untuk bisa mencapai titik ini, wattpad kamu tidak hanya menarik secara isi, tetapi juga menarik secara cover cerita. Penasaran, bagaimana cara membuat cara membuat cover wattpad? Sebelum masuk ke tutorial cara membuat cover wattpad, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan berikut ini. 

Mengetahui Ukuran Cover 

Sebelum membuat cover, kamu perlu memastikan ukuran cover. Tentu saja ukuran cover di wattpad dengan ukuran cover buku memiliki ukuran yang berbeda. Karena jika asal membuat cover, dikhawatirkan cover akan terpotong saat ditempelkan atau dipasang. 

Menyesuaikan dengan tema cerita

Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas pentingnya cover buku yang menarik, karena cover sebagai strategi marketing. Begitupun pada cover wattpad. Jadi pastikan cover mewakili tema cerita yang sedang kamu angkat. 

Sebisa mungkin buat cover dengan tampilan yang sederhana, menarik dan kamu bisa kepo-kepo sendiri. Oh iya, hal yang tidak kalah penting saat membuat cover wattpad. Pastikan cover sesuai dengan tema yang dibuat. 

Pokoknya, hindari pembuatan cover yang sifatnya hanya memberi harapan palsu. Misal, cover tentang A tetapi membahas tentang B. Meskipun kamu tidak bermaksud menipu pembaca, tetap saja pembaca akan merasa kecewa, merasa waktu mereka terbuang sia-sia. 

Menentukan Gambar yang muncul di cover

Penting juga kamu memperhatikan dan menentukan gambar yang muncul di cover. Pastikan gambar pada cover benar-benar selaras. Masalah klise saat membuat cover buku, banyak yang asal nyomot gambar milik orang. 

Padahal kita tahu, hasil gambar memiliki Hak Kekayaan Intelektual. Beruntung jika gambar yang diambil tidak memiliki HKI. Tetapi bagaimana jika foto yang kita ambil memiliki Hak tersebut? Pasti bisa menjadi masalah dan jadi ribet deh. 

Jadi, saya menyarankan untuk menentukan gambar dari hasil foto sendiri. Gambar tidak harus foto kok, bisa juga dari hasil sketsa atau desain kamu sendiri. Kuncinya adalah hasil karya sendiri. Karena segala sesuatu yang dibuat sendiri akan lebih keren dan unik dibandingkan hanya mengambil sana dan sini. 

Menentukan Font yang dipakai

Cara membuat cover wattpad yang seringkali diabaikan adalah masalah font. Jadi saat membuat cover, pastikan jika kamu memenuhi kriteria desain cover dengan menggunakan ukuran font. Ukuran judul utama tentu saja memiliki ukuran berbeda dengan sub judul atau keterangan judul. Aturan font cover kamu bisa kepo-kepo ilmu desain cover. 

Kreatif saat menggunakan effect 

Hal penting yang tidak kalah penting lain masalah kreativitas. Memang kreativitas itu butuh latihan dan jam terbang. Kreativitas ini pula yang akan menentukan hasil akhir yang keren atau tidak. Nah, trik agar cover wattpad terlihat lebih ciamik, kamu bisa loh menggunakan effect. 

Effect inilah yang memiliki peran besar untuk memberikan kesan yang berbeda dan unik. Kamu pun juga bisa mencobanya. 

Kualitas hasil gambar 

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas. Berbicara kualitas cover wattpad, maka lebih pada ketajaman, desain dan kualitas gambar. Nah, agar kualitas gambar tajam dan cerah, saat kamu melakukan ekspor pastikan untuk memilih resolusi yang paling besar atau tinggi. 

Itulah beberapa hal penting harus diperhatikan saat mempraktekan cara membuat cover wattpad. Nah, sekarang langsung masuk ke tutorial membuat cover wattpad. Ada dua aplikasi yang paling mudah dipraktekan oleh siapapun karena bisa dibuat lewat smartphone, yaitu melalui canva dan picsart. 

Tutorial membuat cover di Canva

Buat kamu yang mengaku tidak memiliki keterampilan membuat desain cover, kamu bisa menggunakan aplikasi Canva di playstore. 

  1. Pastikan sudah memasang aplikasi di smartphone. Kamu juga bisa mengedit lewat laptop, caranya cukup mengakses canva.com
  2. Kamu akan diarahkan untuk login atau sign up. Setelah selesai, bisa masuk langkah selanjutnya. 
  1. Kamu akan ditampilkan beragam pilihan gambar. Kamu bisa pilih sesuai selera. Karena konteksnya adalah membuat sampul, kamu cukup pilih jenis desain “Sampul kindle”. 
  1. Nah, di sinilah kamu juga akan menemukan banyak sekali pilihan template sampul mulai yang gratis hingga berbayar. DI sini pula kamu juga bisa temukan banyak genre sampul, mulai dari genre sampul thriller, buku masak, fiksi dan masih banyak lagi. 
  1. Setelah kamu memilih salah satu template yang sesuai, kamu bisa mulai mengotak-atik. Bisa memasukan foto atau gambar. Jika tidak ada punya gambar, kamu juga bisa akses jugaan gambar di stok canva yang dijamin aman dari copy writer dan gratis. 
  2. Setelah memilih gambar/pasang gambar dan mengedit judul. Waktunya untuk mengedit cover sesuai selera. 
  1. Jika sudah tampak sempurna, kamu bisa simpan. dengan menekan tombol “Unduh” di sisi kanan atas. 
  1. Saat proses penyimpanan, kamu bisa memilih jenis file yang akan kamu simpan. Misal disimpan dalam bentuk JPG, PNG dan lain sebagianya. , atau bentuk lain. di sana ada banyak pilihan sesuai dengan keinginan kamu

Jadilah desain cover wattpad yang kamu inginkan. Jika sudah tersimpan, kamu pun tinggal memasang di aplikasi wattpad kamu. 

Baca juga : Cara Membuat Cover Buku Step By Step

Tutorial membuat cover di Picsart

Selain canva, ada pilihan alternatif lain yang bisa kamu coba. Kamu bisa membuat cover wattpad menggunakan PicsArt. PicsArt merupakan aplikasi yang didedikasikan untuk editing foto/gambar untuk android. Langsung saja seperti apa sih caramembuat membuat cover wattpad menggunakan picsart. 

  1. Langkah pertama jelas harus memasang aplikasi picsart di ponsel kamu 
  2. Setelah masuk ke dalam aplikasi, kamu akan menemukan pilihan “Drawings” maka kamu bisa langsung pilih klik. 
  1. Setelah itu kamu pun akan diarahkan ke pilihan “pick canvas” atau “Custom size”. 
  2. Nah, untuk ukuran cover wattpad, kamu bisa pilih ukuran yang 512×800 pixels. 
  1. Setelah itu, kamu bisa klik “Ikon Foto”, di sini kamu bisa memasukan foto sesuai dengan keinginan kamu. 
  2. Nah, barulah kamu bisa membuat judul cerita di wattpad kamu. Pastikan judul memperhatikan ukuran font yang pas, jangan terlalu besar dan terlalu kecil juga. Pastikan tulisan mudah dibaca. 
  1. Di tahap ini sebenarnya kamu dituntut untuk eksplore tools yang ada di sana. Jadi kamu bisa menambahkan filter atau memberikan overlay keren agar terlihat dramatis. 
  1. Jika dirasa sudah sempurna dan kamu ingin mendownload, maka kamu bisa download dengan menekan tanda anak panah yang berada di sisi kanan atas. 
  2. Setelah di klik, maka kamu bisa pilih “save” untuk menyimpan gambar ke galeri. Dan itu tandanya vober sia untuk di pasang di di cover wattpad.

Dari tutorial cara membuat cover wattpad menggunakan canva dan menggunakan picsart, kamu lebih suka menggunakan yang mana nih? Pasti jawabannya pun beragam. Karena setiap orang memiliki kenyamanan dan kesenangannya masing-masing. 

Itulah ulasan seputar cara membuat cover wattpad. Sebenarnya untuk pembuat cover itu sendiri bisa digunakan menggunakan banyak cara. Mulai dari cara ruwet hingga cara simpel, sekarang ada. Nah, kalo peruntukannya hanya sebatas bermain di media sosial seperti wattpad, maka kamu menggunakan dua aplikasi di atas sudah cukup. 

Sementara buat kamu yang ingin membuat cover yang tahapnya professional, tentu saja aplikasi atau tools yang digunakan pun juga berbeda. Nah, setidaknya buat yang merasa pemula, yang konteksnya untuk tahap bermain di media sosial, dua aplikasi tersebut adalah jawabannya. Semoga sedikit ulasan tentang cara membuat cover wattpad ini bermanfaat.

 (Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis