Dalam Penerbitan Apa Yang Dimaksud Dengan POD? Jawaban!

maksud POD dalam penerbitan
Ada pertanyaan menarik nih, yaitu dalam penerbitan apa yang dimaksud dengan POD? atau sistem POD? Simak penjelasan ini biar tidak salah arti.

Ada pertanyaan menarik nih, yaitu dalam penerbitan apa yang dimaksud dengan POD? atau sistem POD? Simak penjelasan ini biar tidak salah arti. Sebab, ada banyak jenis penerbitan dalam dunia penerbit buku itu. Jadi, kita pahami satu dulu ya kali ini mengenai POD.

Apa Kepanjangan POD dalam Penerbitan?

POD merupakan pendekan dari Print On Demand, yang artinya bisa mencetak dan menerbitkan buku dengan jumlah sesuai kebutuhan penulis sendiri dan biasanya berbayar.

Apa itu Penerbit POD?

Jadi, POD merupakan sistem menerbitkan buku dengan skala kecil (sesuai kebutuhan/demand) sehingga bisa memudahkan penulis dalam menerbitkan buku dan reorder buku.

Jumlah buku yang dicetak bisa mulai dari 20 eksemplar, hingga tidak dibatasi banyaknya. POD tidak seperti sistem cetak offset, di mana harus ada batas minimal cetak buku 1000 eksemplar. Jadi, ini bisa memudahkan penulis yang ingin cetak sedikit dengan biaya yang murah.

Keuntungan Menerbitkan Buku POD

Anda dapat menerbitkan buku Anda dengan biaya cetak yang sesuai dengan kemampuan Anda. Percetakan buku di penerbit mayor tidak selalu menguntungkan. Dalam sistem Print on Demand (POD), Anda akan membayar biaya cetak di awal, tetapi modal tersebut akan kembali ketika buku terjual, dan keuntungan yang Anda peroleh lebih besar.

Jumlah Cetak Sesuai Kemampuan

Dalam POD, Anda hanya mencetak jumlah buku yang Anda mampu, sehingga biaya cetaknya lebih terjangkau bagi penulis multitalenta seperti Anda.

Efektif dan Efisien dalam Proses

Kelebihan lain dari POD adalah efektif dan efisien dalam operasionalnya. Anda dapat menghemat waktu, bahan baku, dan tempat. Berbeda dengan penerbit mayor yang seringkali harus menyimpan banyak buku di gudang, yang memerlukan biaya sewa tempat.

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

Dalam sistem POD, tidak ada proses seleksi tulisan yang memakan waktu lama. Buku Anda dapat terbit hanya dalam waktu dua minggu, berbeda dengan penerbit mayor yang membutuhkan waktu minimal tiga bulan.

ad inserter captain halim

Ide Tulisan Bebas

Sistem POD juga memberikan kebebasan kepada Anda sebagai penulis. Tidak ada batasan pada ide dan gagasan yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca. Anda dapat menerbitkan tulisan dengan tingkat kepuasan yang sesuai dengan keinginan Anda, tanpa harus mempertimbangkan persyaratan dan batasan dari penerbit mayor.

Royalti

Keuntungan besar menjadi penulis dalam percerakan murah buku dengan sistem POD adalah Anda dapat mendapatkan keuntunganb besar. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang desain sampul, editing, distributor, dan marketing, maka Anda dapat memperoleh keuntungan dari semua aspek tersebut.

Hal ini berbeda dengan penerbit mayor yang hanya memberikan hak royalti sebesar 8% hingga 10% dari hasil penjualan kepada penulis.

Mudah dalam Reoder Buku

Dalam sistem POD, Anda juga memiliki kebebasan untuk mencetak ulang buku Anda kapan saja. Anda memiliki hak cipta sepenuhnya dan dapat mencetak dan menjual buku ke mana saja. Anda memiliki kendali penuh atas proses pemasaran buku Anda sebagai seorang penulis.

Itulah pembahasan singkat mengenai POD dalam penerbitan. Apabila Anda ingin menerbitkan buku sesuai kebutuhan, bisa cek penawaran pada Layanan Menerbitkan Buku.

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait