Apa Itu Genre Angst? Yuk pahami sekarang

Novel genre Angst

Bagi seseorang yang suka membaca, biasanya ada satu atau dua genre bacaan yang menjadi favoritnya. Salah satunya adalah genre angst yang banyak tidak mengetahuinya. Apa itu? Yuk pahami ya dalam artikel ini.

Seperti percintaan, misteri, atau genre lainnya. Berbagai genre ini ada yang merupakan genre yang sudah lama dan umum ada, namun ada juga genre novel atau bacaan yang baru.

Seperti contohnya adalah genre bernama angst yang saat ini banyak ditemukan dalamm cerita fanfiction atau bacaan lainnya. Cerita dengan genre angst saat ini sangat digemari oleh para pembaca cerita fanfiction, karena berhubungan dengan emosi pembacanya.

Sayangnya, genre angst ini sering diartikan dengan tidak atau kurang tepat oleh pembaca, terutama pembaca fanfiction yang belum memahami genre fanfiction dengan lebih dalam. Lalu, apa arti yang tepat untuk angst? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Angst

Genre angst pada fanfiction sering diartikan sebagai jenis cerita yang sedih dan memiliki akhir cerita yang tragis dan menyedihkan, sehingga cerita dengan genre angst sering disebut sebagai cerita sad ending atau cerita dengan akhir yang sedih dan tidak bahagia. Padahal sebenarnya genre angst tidak selalu berakhir dengan kisah yang sedih atau tragis.

Arti kata angst sendiri jika diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia adalah ‘kecemasan’. Jika pengertian dari angst ini digunakan untuk menjelaskan genre cerita atau novel, sebenarnya masih kurang tepat.

Pengertian angst dalam cerita atau novel fanfiction adalah cerita yang memainkan dan menguras emosi pembacanya. Emosi ini dapat berupa ketakutan, marah, kekecewaan, kecemasan, atau kesedihan.

Cerita dengan genre angst sering disebut atau dikaitkan dengan cerita yang memiliki akhir sedih, bahkan dianggap selalu sedih sepanjang cerita. Namun sebenarnya cerita angst tidak selalu berakhir sedih atau seluruh ceritanya sedih.

Cerita dengan genre angst bisa dimulai atau diakhiri dengan kisah yang sedih, namun pada pertengahan cerita terjadi konflik yang memainkan dan menguras emosi pembacanya dengan berbagai permasalahan yang terjadi pada tokoh cerita.

Baca juga: Contoh Pembukaan Novel yang Menarik

Ciri-Ciri Cerita atau Novel Angst

Cerita atau novel angst bisa dimengerti dengan lebih jelas berdasarkan ciri-ciri berikut ini:

1. Memainkan Emosi Pembaca

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, genre cerita angst ini memainkan dan menguras emosi pembaca dengan cerita, alur, dan konflik yang dialami oleh tokoh-tokoh di dalamnya. Mulai dari emosi senang, sedih, hingga marah bisa muncul sekaligus dalam cerita atau novel bertema angst.

Hal inilah yang kemudian membuat emosi pembaca bisa naik turun, bahkan ikut terhanyut dalam cerita, misalnya ikut menangis.

2. Tema Cerita yang Relatable

Genre cerita angst menjadi salah satu genre yang disukai oleh pembaca cerita fanfiction. Salah satu alasan mengapa genre cerita angst disukai banyak orang adalah karena tema cerita yang relatable atau berkaitan dan dekat dengan pembacanya.

Misalnya seperti tema cerita tentang patah hati atau kehilangan orang yang tersayang. Tema cerita yang berkaitan dengan pembaca akan semakin memainkan emosi pembaca.

3. Memiliki Konflik yang Kompleks

Adanya konflik yang kompleks pada cerita genre angst juga merupakan salah satu cirinya. Beberapa cerita genre angst memiliki konflik yang kompleks, seperti patah hati, sakit, hingga kematian.

Konflik yang kompleks dan memengaruhi kehidupan tokohnya hingga bisa membuat emosi pembaca terkuras adalah salah salah satu daya tarik dari cerita genre angst.

4. Tidak Selalu Berakhir Sedih (Sad Ending)

Masih banyak yang menganggap kalau cerita genre angst selalu memiliki akhir yang sedih bagi tokoh yang ada di dalamnya.

Padahal cerita genre angst ini tidak selalu berakhit sedih atau tragis. Ada juga cerita genre angst yang berakhir bahagia, karena biasanya konflik yang kompleks terjadi di tengah cerita dan dapat terselesaikan dengan baik pada akhir cerita.

Contoh Cerita Genre Angst

Ada berbagai cerita atau novel yang menggunakan ceruta genre angst, mulai dari novel fisik bahkan sampai cerita yang bisa dibaca di Wattpad. Lima novel dan cerita Wattpad ini adalah beberapa contoh cerita genre angst.

1. Five Feet Apart – Mikki Daughtry, Rachael Lippincott, dan Tobias Iaconis

Novel berjudul Five Feet Apart adalah salah satu novel yang bergenre angst. Five Feet Apart bercerita tentang dua remaja bernama Stella dan Will dengan penyakit yang sama. Kedua remaja ini menjalin kisah asmara, namun keduanya tidak bisa saling berdekatan karena penyakit yang dialaminya.

2. Ketika Laut Bercerita – Leila S. Chudori

Sesuai judulnya, Ketika Laut Bercerita adalah novel yang mengisahkan tentang laut, dengan tokoh utama yang juga bernama Biru Laut. Novel ini berlatar tahun 90-an hingga 2000-an yang bercerita tentang mahasiswa-mahasiswa yang terlibat dalam aksi membela masyarakat.

Dalam novel ini diceritakan berbagai tema mengenai keluarga, persahabatan, hingga percintaan.

3. Dear Haruto – Nonabinar

Dear Haruto adalah salah satu cerita fanfiction yang bisa dibaca di Wattpad yang ditulis oleh Nonabinar. Dear Haruto mengisahkan tentang Haruto yang mencintai perempuan bernama Hanna. Sayangnya, Hanna terlambat menyadari kalau Haruto mencintainya dan hal ini membuatnya merasa menyesal dan menyebabkan luka pada hati Hanna. (Penulis: Tyas Wening).

Baca juga artikel lainnya

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis