Genre Cerpen (Cerita Pendek) dan Penjelasannya

macam macam genre novel

Menulis cerpen itu sangat mudah jika mengetahui tipsnya. Hal pentingnya, menentukan genre cerpen yang cocok untuk ceritamu nanti sejak awal. Namun, kalian sudah tau apa belum sih genre cerita pendek itu apa saja?

Jarang sekali yang membahas tentang cerita pendek apalagi masalah genre. Sebelumnya, kita bahas dahulu mengenai pengertian cerpen itu sendiri. Menurut KBBI, cerpen adalah cerita yang panjanganya tidak lebih dari 10.000 kata dan mudahnya adalah bisa dibaca habis dalam sekali dulu.

Makanya, dalam sebuah cerpen biasanya tidak banyak konflik yang dimunculkan dan hanya memiliki satu tujuan akhir saja dan langsung memiliki pesan yang bisa dipelajari sekali baca saja.

Baca juga: Cara Membuat Kerangka Cerpen

Macam-Macam Genre Cerpen

Nah, berikut ini beberapa jenis genre cerpen yang bisa kalian pilih dalam menulis cerita pendek yang menarik dan banyak peminatnya ya.

1. Cerpen Horor

Cerita pendek yang menggunakan genre horor biasanya bertujuan untuk memberikan cerita yang menakutkan, menegangkan dan pastinya bisa memberikan perasaan yang was-was karena hal horor dekat dengan kita.

2. Cerita Romansa/Romance

Cerita ini pasti banyak sekali peminatnya yang baca. Sebab, dengan cerita yang pendek maka akan mudah untuk mengetahui ending dari ceritanya. Dalam cerita romansa, akan menceritakan tentang seorang wanita dan pria yang ingin mencari kebahagiaan hidup dan melengkapi dalam sebuah cinta dan asmara.

Akhir cerita pastinya tokoh utamanya akan memperoleh kebahagiaan bersama pasangan terpilihnya.

3. Cerpen Science Fiction

Cerita science fiction adalah cerpen yang menggabungkan antara cerita fikisi tetapi tetap mempertahankan logika secara ilmiah berdasarkan hasil penelitian atau riset-riset. Selain hanya cerita yang memukau, cerita bisa dinalar dengan baik oleh sang pemabaca.

Dalam membuat cerita seperti ini, kemampuan penulis tidak hanya mengandalkan alur cerita tetapi juga kemungkinan faktor ilmiah yang risetnya juga akan lama. Namun, jika jadi sebuah cerita pasti tidak akan mengecewakan.

Apa bedanya? Jika dalam cerita fiksi biasa hanya mengandalkan sihir, hal gaib dan lainnya sedangkan di cerita fantasi ilmiah ini lebih nyata adanya.

4. Cerpen Sejarah

Cerita sejarah adalah cerita yang menyandur atau bahkan memberikan kritikan pada sejarah-sejarah yang telah terjadi. Cerpen ini menarik karena bisa membuka wawasan bagi pembaca dengan pengemasan dan sudut pandang yang berbeda dan tidak kaku.

Seorang penulis erpen sejarah pastilah dia memiliki kemampuan sebagai ahli sejarah dan memahami apa saja keterkaitan antar sejarah yang terjadi. Sebab, cerpen sejarah ini sifatnya fakta dan tidak hanya bayangan fantasi saja.

5. Cerita Detektif

Cerita untuk memecahkan teka-teki yang muncul dari adanya kejadian. Biasanya cerita ini bertajuk kejahatan dan pembunuhan. Nah, kejahatan inilah yang akan diselesaikan dengan memecahkan masalahnya.

6. Cerpen Cerita Inspiratif

Cerpen inspiratif ini berisi cerita-cerita motivasi, ekonomi, cinta, hubungan, keluarga ataupun prestasi. Dalam isi cerita bisa dengan menceritakan orang lain ataupun cerita pribadi dan pengalaman pribadi.

Cerita inspiratif ini bisa berasal dari catatan harian lo. Nah, penting kan menulis catatan harian bagi diri sendiri itu. Bisa jadi novel ataupun menjadi cerita pendek. Pahami bagaimana cara Menulis Buku Harian.

7. Cerpen Religi

Cerita pendek yang membawakan nuansa religi dan keagamaan baik dalam cerita inspirasi ataupun cerita romasa.

8. Cerpen Komedi

Cerpen komedi ini dalam bentuk pendek (fiksi singkat) bisa berupa sebuah anekdot. Nah, apabila ceritanya panjang maka baru disebut dengan cerita pendek.

Tema dan objek yang jadi pembahasan bisa dari pengalaman pribadi ataupun melihat masalah dan gejala sosial yang ada di masyarakat.

Pengen menulis cerpen yang baik, benar dan pasti menarik? Silakan ikuti Panduan Lengkap Menulis Cerpen A-Z

Nah, itu yang bisa aku jelaskan tentang macam-macam genre cerpen beserta penjelasan singkatnya. Kumpulan cerpen yang telah kalian tulis, bisa untuk diterbikan menjadi buku lo. Bagaimana caranya? Silakan lihat website Penerbit Bukunesia atau hubungi admin@bukunesia.com

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis