logo penerbit bukunesia

Contoh Kata Pengantar Novel, Buku Hingga Laporan

contoh kata pengantar novel
promo tahun baru 30%

Contoh kata pengantar banyak dicari oleh mahasiswa ataupun penulis buku, penulis laporan dan makalah. Umumnya dicari dalam rangka untuk mengetahui gambaran bagaimana cara penulisannya. Mengingat penggunaan kata pengantar banyak digunakan di banyak kepentingan. Maka untuk meringkas dan memudahkan kamu dalam melihat, berikut beberapa contoh kata pengantar novel, buku, makalah dan laporan. 

Contoh Kata Pengantar Novel

Contoh kata pengantar novel memiliki cara penyampaian yang beragam yang sangat bervariasi. Ada yang menuliskan kata pengantar novel seperti menuliskan kata pengantar laporan. Ada juga yang ditulis menggunakan tampilan yang lebih dinamis lebih akrab. 

Memang sedikit berbeda menuliskan kata pengantar novel dengan penulisan kata pengantar untuk buku pendidikan. Jadi pengantar novel lebih beragam, dinamis dan fleksibel. Agar lebih jelas, berikut adalah contoh kata pengantar novel yang dibuat dalam bentuk sedikit bakut. 

Download Ebook Cara Membuat Novel Tembus Gramed GRATIS

Dari contoh kata pengantar novel di atas adalah contoh versi pendek. Ada juga kata pengantar yang ditulis  lebih panjang, kurang lebih dua hingga tiga halaman. Pada contoh kata pengantar di atas, dikemas dalam struktur penulisan kata pengantar secara umum dan baku. 

Baca juga Kerangka Novel: Cara Membuat dan Contoh

Jika kamu membaca kata pengantar buku novel yang tersebar di toko buku umum. Bentuk kata pengantar tidak begitu terlihat struktur penulisan kata pengantar. Misalnya, di bagian awal paragraf tidak melulu diawali dengan “puji dan syukur….”. Tetapi banyak juga yang langsung fokus pada pengantar tokoh atau karakter novel. 

Sebagai contoh, berikut paragraf pertama kata pengantar karya Haidar Musyafa yang berjudul Hamka 

“Meski seorang Muhammadiyah tulan, tapi Buya Hamka adalah orang yang sangat toleran terhadap organisasi lain. Pun, Buya Hamba bukan seorang ulama yang keras dan kaku. Beliau adalah seorang ulama yang lemah lembut, penuh kasih dan selalu menerima perbedaan dengan lapangan dada. Buya Hamka bukan ulama yang hanya ahli ilmu agama, tapi juga seorang ahli hikmah dan tasawuf. Buya Hamka adalah seorang ulama merangkul umat. Seorang anak bangsa yang seluruh hidupnya didedikasikan untuk kemajuan umat Islam dan Bangsa Indonesia”. 

Dari paragraf pertama saja sudah sangat jauh dari contoh yang pertama bukan? Meskipun dua contoh yang jauh berbeda, intinya sama. hanya saja pengemasannya saja yang berbeda. 

Contoh Kata Pengantar Buku

Setelah melihat contoh kata pengantar novel, berikut adalah contoh kata pengantar buku, yang tentu saja berbeda dengan contoh kata pengantar novel. 

Dari contoh di atas menunjukan bahwa buku tersebut merupakan buku ajar yang diperuntukan untuk mahasiswa, guna membantu memudahkan mahasiswa belajar di jurusan Sistem Informasi Manajemen. Dari contoh di atas pun bukan contoh baku yang harus kamu ikuti. 

Berbicara tentang jenis buku, ada banyak jenis buku. Kebetulan contoh di atas adalah buku yang didedikasikan untuk mahasiswa/akademisi. Ada juga buku referensi, buku motivasi dan buku umum. Tentu saja jenis buku akan mempengaruhi bentuk kata pengantar. 

Salah satunya contoh kata pengantar buku versi lain, yang dikemas tidak terlalu baku mengikuti struktur penulisan kata pengantar. Berikut contoh satu paragraf awal kata pengantar dari buku berjudul Hebatnya HIpnosis Anak karya Asep Herna. 

“Siapa pun Anda, apakah seorang ibu, ayah, kakak, guru, Anda sedang memegang buku yang tepat karena kini atau kelak Anda pasti membutuhkannya. Buku ini mengulas tuntas mekanisme pikiran anak, membahas tingkat kesadaran anak, membongkar dahsyatnya potensi bawah sadar anak hingga bagaimana cara memperlakukannya, agar semua kehebatan bisa dirasakan secara nyata.

Seluruh buku ini merupakan hasil refleksi dari pengalaman saya sebagai praktisi teknologi pikiran, ketika menghadapi kasus-kasus yang berhubungan dengan puluhan ribu anak, baik di sesi terapi maupun empowerment masalah yang kerap saya lakukan di sekolah. Tentu didukung juga oleh hasil baca saya atas kumpulan buku yang berhubungan dengan teknologi pikiran tersebut”..

Dari contoh paragraf awal kata pengantar di atas, dari cara penyampaiannya pun juga jauh berbeda dengan contoh pertama pada kata pengantar buku. Kata pengantar yang kedua ini lebih enak dibaca dan lebih luas dibaca oleh pembacanya. Maksud dan tujuan penulis pun juga tetap tersampaikan. 

Jadi, kesimpulannya, penulisan kata pengantar bisa ditulis lebih eksplor, tidak terpaku pada contoh yang terlalu kaku. Dimana penulisan kata pengantar tetap perlu dilihat peruntukan buku itu sendiri. Misal untuk buku pendidikan, buku umum, buku referensi atau jenis buku apa. Jika buku tersebut diperuntukan untuk akademisi, umumnya kata pengantar dikemas lebih baku. 

Contoh Kata Pengantar Makalah

Ada yang menarik saat penulisan kata pengantar. Dua contoh di atas penulisan kata pengantar bisa ditulis lebih luwes dan dinamis. Namun pada contoh kata pengantar penulisan makalah tidak bisa demikian. Penulisan kata pengantar makalah memang harus baku dan sesuai dengan struktur penulisan kata pengantar. Berikut contohnya. 

contoh kata pengantar makalah agama

Dari contoh kata pengantar makalah mayoritas ditulis lebih baku. Hal ini karena peruntukannya memang bersifat baku karena menyangkut akademisi. Sehingga dari segi penulisan tidak bisa eksplore seperti halnya menulis kata pengantar pada novel ataupun pada buku umum. 

Contoh Kata Pengantar Laporan

Berbicara tentang contoh kata pengantar laporan, ternyata kamu perlu memperhatikan peruntukannya. Karena ada banyak sekali ragam laporan. Ada laporan kegiatan, laporan praktikum, Laporan PKL, Laporan Hasil Observasi, Laporan Percobaan, Laporan Magang, Laporan Penelitian Sederhana hingga laporan laba rugi.

Meskipun secara esensial penulisan kata pengantar menggunakan struktur yang sama, tentu saja isi di dalam dan kata-katanya menggunakan penghantar yang berbeda. Itu sebabnya, penting sekali memahami peruntukan laporan untuk apa.

Jika di contoh kata pengantar makalah ditulis secara baku, maka pada contoh kata pengantar laporan juga demikian. Dari segi struktur juga harus mengikuti dan sesuai dengan aturan baku penulisan kata pengantar. Nah, untuk melihatnya, berikut contoh kata pengantar laporan. 

Penulisan teknis kata pengantar pada laporan memang ada yang senang mengemasnya seperti di atas. Namun ada juga yang lebih senang dikemas secara langsung, tanpa memberikan poin-poin atau menyebutkan siapa saja yang diberikan ucapan terimakasih dalam bentuk powerpoint. Melainkan dikemas dalam bentuk satu paragraf. Berikut contoh laporan kegiatan. 

contoh kata pengantar laporan kegiatan

Dari contoh di atas menunjukan bahwa penulisan kata pengantar pada laporan bisa ditulis berdasarkan keinginan si penulis. 

Dari beberapa contoh kata pengantar di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap jenis kata pengantar pun berbeda-beda. Meskipun secara tampilan berbeda berdasarkan keperluan, namun secara inti atau struktur penulisannya sama. Nah, dari contoh kata pengantar di atas, semoga tidak hanya memberikan pemahaman, tetapi juga memberikan perspektif baru. Bahwasanya menulis kata pengantar itu tidak monoton begitu-begitu saja. Kamu bisa mengemas kata pengantar lebih menarik, eksplore dan tidak membosankan. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat.

(Irukawa Elisa). 

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis