logo penerbit bukunesia

Kata Kata yang Bisa Meningkatkan Motivasi Menulis

n kata-kata yang bisa meningkatkan motivasi menulis
promo tahun baru 30%

Untuk dapat meningkatkan menulis, selain dibutuhkan strategi dan teknik juga dibutuhkan kata kata yang bisa meningkatkan motivasi menulis. Meskipun hanya sebatas kata, kata-kata ini mampu membangkitkan dan meningkatkan motivasi menulis. Baru setelah itu penulis perlu membangun strategi dan teknik menulis.

Mulai dari proses merangkai ide, gagasan, tulisan, dan sampai mampu menyampaikan isi dan juga ide ke dalam sebuah tulisan. Bagi penulis yang membutuhkan kata-kata motivasi agar semangat menulis bangkit, simak beberapa kumpulan kata untuk meningkatkan motivasi menulis di bawah ini.

baca juga Cara Mudah Menemukan Ide Menulis Cerita

Kata kata Meningkatkan Motivasi Dalam Menulis

berikut adalah kumpulan kata kata yang mungkin bisa membangkitakan semangat kamu dalam menulis novel, cerita, atau bahkan menulis buku:

1. “Seorang penulis profesional adalah seorang amatir yang tidak berhenti.” – Richard Bach.

2. “Tidak ada air mata di penulis, tidak ada air mata di pembaca. Tidak mengherankan bagi penulis, tidak mengherankan bagi pembaca.” – Robert Frost.

3. “Tulisan yang baik adalah mengingat detail. Kebanyakan orang ingin melupakan. Jangan lupakan hal-hal yang menyakitkan atau memalukan atau konyol. Ubah itu menjadi cerita yang menceritakan kebenaran.” – Paula Danziger.

4. “Kita menulis untuk mencicipi hidup dua kali, pada saat ini dan dalam retrospeksi.” – Anais Nin.

5. “Kamu tidak perlu mengubah apa pun yang kamu bangun di tengah malam untuk menulis.” – Saul Bellow.

6. “Tidak ada paksaan di dunia ini yang lebih kuat daripada dorongan untuk mengedit dokumen orang lain.” – HG Wells.

7. “Jika kamu tidak dapat menjelaskan sesuatu dengan sederhana, kamu tidak cukup memahaminya.” – Albert Einstein.

8. “Aku tidak peduli jika pembaca membenci satu di antara ceritaku, selama dia menyelesaikan bukunya.” – Roald Dahl.

9. “Amatir duduk dan menunggu inspirasi, sisanya dari kita bangun dan pergi bekerja.” – Stephen King.

10. “Menulis itu mudah. Kamu hanya perlu menatap selembar kertas kosong sampai tetesan darah terbentuk di dahimu.” – Gene Fowler

11. “Seorang penulis yang baik tidak hanya memiliki semangatnya sendiri, tetapi juga semangat teman-temannya.” – Friedrich Nietzsche.

12. “Sebagai seorang penulis, kamu tidak harus menilai, kamu harus mengerti.” – Ernest Hemingway.

13. “Jika kamu ingin menjadi seorang penulis, kamu harus melakukan dua hal di atas segalanya: banyak membaca dan banyak menulis.” – Stephen King.

14. “Kata-kata bisa seperti sinar-X jika kamu menggunakannya dengan benar – kata-kata itu bisa menembus apa pun. Kamu membaca dan kamu tertusuk.” – Aldous Huxley.

15. “Isi kertasmu dengan napas hatimu.” – William Wordsworth.

16. “Kebanyakan penulis menganggap kebenaran sebagai milik mereka yang paling berharga, dan karena itu paling ekonomis dalam penggunaannya.” – Mark Twain.

17. “Buku memilih penulisnya; tindakan penciptaan tidak sepenuhnya rasional dan sadar.” – Salman Rushdie.

18. “Tidak ada guru yang lebih baik dalam menulis selain membaca. Dapatkan kartu perpustakaan. Itu investasi terbaik.” – Alisa Valdes.

19. “Tidak ada apa-apa untuk menulis. Yang kamu lakukan hanyalah duduk di depan mesin tik dan berdarah.” – Ernest Hemingway.

20. “Menjadi penulis yang baik adalah tiga persen bakat, 97 persen tidak terganggu oleh internet.” – Anon.

21. “Jika kamu mulai dengan keras, kamu tidak akan berakhir dengan rengekan.” – TS Eliot.

22. “Menulis itu mudah. Kamu hanya perlu menatap selembar kertas kosong sampai tetesan darah terbentuk di dahimu.” – Gene Fowler.

23. “Seorang penulis sedang bekerja saat dia menatap ke luar jendela.” – Burton Rascoe.

24. “Kamu tidak bisa menunggu inspirasi. Kamu harus mengejarnya.” – Jack London.

25. “Imajinasi seperti otot. Aku menemukan bahwa makin banyak aku menulis, makin besar tulisan itu.” – Philip Jose Farmer.

26. “Kata setelah kata demi kata adalah kekuatan.” – Margaret Atwood.

27. “Tidak ada penderitaan yang lebih besar daripada membawa cerita yang tak terkatakan di dalam dirimu.” – Maya Angelou.

28. “Jika kamu tidak bernapas melalui tulisan, jika kamu tidak berteriak secara tertulis, atau bernyanyi secara tertulis, maka jangan menulis karena budaya kita tidak ada gunanya untuk itu.” – Anais Nin.

29. “Momen paling menakutkan selalu tepat sebelum kamu mulai.” – Stephen King.

30. “Tidak ada hukum untuk novel. Tidak pernah ada, dan tidak akan pernah ada.” – Doris Lessing.

31. “Tidak ada akhir yang nyata. Itu hanya tempat di mana kamu menghentikan ceritanya.” – Frank Herbert.

32. “Jika Anda menunggu inspirasi untuk menulis, Anda bukan seorang penulis, Anda adalah seorang pelayan.” – Dan Poynter.

33. “Tidak ada aturan tentang cara menulis. Terkadang datang dengan mudah dan sempurna: terkadang seperti mengebor batu dan kemudian meledakkannya dengan muatan.” – Ernest Hemingway.

34. “Bagiku, menulis adalah eksplorasi; dan sebagian besar waktu, aku terkejut ke mana perjalanan itu membawaku.” – Jack Dann.

35. “Sebagian besar bahan dasar yang digunakan penulis untuk bekerja diperoleh sebelum usia 15 tahun.” – Willa Cather.

36. “Menjadi penulis yang baik adalah tiga persen bakat, 97 persen tidak terganggu oleh internet.” – Anon.

37. “Penulis kreatif selalu lebih besar dari penyebab yang mereka wakili.” – EM Forster.

38. Tidak ada akhir yang nyata. Itu hanya tempat di mana kamu menghentikan ceritanya.” – Frank Herbert.

39. “Momen paling menakutkan selalu tepat sebelum kamu mulai.” – Stephen King.

40. “Tujuanku adalah menuliskan di atas kertas apa yang aku lihat dan apa yang aku rasakan dengan cara terbaik dan paling sederhana.” – Ernest Hemingway.

41. “Musuh utama kreativitas adalah akal sehat.” – Pablo Picasso.

42. “Tulis apa yang tidak boleh dilupakan.” – Isabel Allende.

43. “Mari kita menjawab buku tinta dengan buku daging dan darah.” – Ralph Waldo Emerson.

44. “Writing is a form of therapy; sometimes I wonder how all those who do not write, compose or paint can manage to escape the madness, melancholia, the panic fear which is inherent in a human situation.” – Graham Greene.

45. “Everybody walks past a thousand story ideas every day. The good writers are the ones who see five or six of them. Most people don’t see any.” – Orson Scott Card.

46. “Doing it all the time, whether or not we are in the mood, gives us ownership of our writing ability. It takes it out of the realm of conjuring where we stand on the rock of isolation, begging the winds for inspiration, and it makes it something as do-able as picking up a hammer and pounding a nail. Writing may be an art, but it is certainly a craft. It is a simple and workable thing that can be as steady and reliable as a chore.” – Julia Cameron.

47. “I write to discover what I know.” – Flannery O’Connor.

48. “You should write because you love the shape of stories and sentences and the creation of different words on a page. Writing comes from reading, and reading is the finest teacher of how to write.” – Annie Proulx.

49. “When asked, ‘How do you write?’ I invariably answer, ‘one word at a time’.” – Stephen King.

50. “A person is a fool to become a writer. His only compensation is absolute freedom. He has no master except his own soul, and that, I am sure, is why he does it.” – Roald Dahl.

Gimana setelah membaca beberapa atau bahkan semua kata kata motivasi menulis diatas? udah ada keinginan untuk menulis ? atau cuman kekumpul motivasi tapi gak gerak gerak? ahaha

It’s Okay, yang penting kamu sudah membaca kata kata yang bisa meningkatkan motivasi menulis diatas setidaknya ada motivasi sedikit sedikit.

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis