7 Cara Membuat Judul Buku Yang Menarik dan Contoh

Cara Membuat Judul Buku
Judul buku memiliki faktor penting untuk sebuah buku memiliki value yang tinggi. Pahami, panduan dan cara membuat judul buku yang menarik.

Unsur penting yang harus dimiliki seorang penulis tidak sekedar fokus pada pengembangan ide gagasannya saja. Tetapi juga perlunya pintar membuat judul buku yang menarik. Lalu seberapa penting judul pada karya penulis? Dan bagaimana cara membuat judul buku yang menarik? Jawabannya ada di artikel. Baca sampai selesai. 

Apa Pentingnya Judul Buku?

Tidak banyak penulis pemula yang tahu, jika judul memiliki peran penting. Judul buku yang menarik mampu mendorong calon pembaca penasaran dan akhirnya membeli buku kamu. Berikut pentingnya judul buku yang menarik untuk penulis ataupun untuk penerbit. 

Bagi Penulis

Kita bahas pentingnya membuat judul buku yang menarik untuk penulis. Setidaknya ada banyak manfaat yang akan dirasakan penulis. diantaranya adalah branding diri, mendapatkan popularitas dan membuka peluang bagi penulis untuk menghadiri acara seperti seminar, talkshow atau resensi. 

1. Branding diri 

Branding adalah membangun persepsi seseorang terhadap diri kita. Jika kita menginginkan orang lain mempersepsikan sebagai penulis yang produktif, maka personal branding yang ditonjolkan pun juga sebagai penulis yang aktif menulis. Sebenarnya ada banyak personal branding yang bisa dicitrakan. Bisa dari aspek kemampuan, kepribadian, persepsi positif maupun dari kemampuan lainnya. 

2. Popularitas 

Ketika berhasil menjual buku dengan judul yang menarik, dan penjualan buku laris manis. Maka mudah sekali mendapatkan popularitas. Ketika popularitas berhasil di dapatkan, maka akan banyak orang baru yang ingin mengenal lebih dekat. 

Bahkan ada yang memberi apresiasi. Bentuk apresiasi pun berbeda-beda. Ada yang secara tidak langsung membantu mempromosikan karya, memberikan barang atau memberikan semangat agar tetap berkarya.

3. Membuka peluang untuk mengisi seminar/talkshow/resensi 

Ketika judul yang menarik dilengkapi dengan isi yang menarik juga. Maka tidak hanya mendapatkan popularitas saja. tetapi juga akan mendapatkan peluang lebih besar untuk mengisi dalam acara seminar, talk show ataupun resensi buku. Tentu saja, ini kesempatan yang luar biasa. 

Karena secara tidak langsung, saat mengisi sebuah acara dan berbicara di depan panggung kita akan belajar tentang public speaking. Belajar bagaimana berinteraksi diskusi dengan orang audience dan pastinya pengalaman yang tak terkira.

Bagi Penerbit

Ternyata dampak membuat judul buku yang menarik tidak hanya berpengaruh pada penulisnya saja. tetapi pihak penerbit buku pun juga mendapatkan keuntungan juga loh. Sebagai berikut. 

1. Meningkatkan penjualan buku 

Sudah pasti pihak penerbit pun juga akan ikut merasakan keuntungan seperti meningkatkan hasil penjualan buku. Ketika pihak penerbit berhasil menjual buku sesuai target, atau mungkin melebihi dari target awal yang ditetapkan. Maka penerbit bisa mencetak ulang buku tersebut. Dari hasil penjualan ini yang nantinya akan mempengaruhi omset penerbit itu sendiri. 

2. Popularitas 

Ternyata ketika judul buku menarik dan terjual laris, tidak hanya pihak penulis yang mendapatkan popularitas. Tetapi juga pihak penerbit juga akan mendapatkan popularitas. Hanya saja dampak popularitas yang dirasakan penerbit dan penulis sedikit berbeda. 

3. Banyak Sumber Daya Penulis Banyak Yang ikut menerbitkan

Salah satu dampak popularitas penerbit yang paling menonjol ada pada animo penulis buku. Dimana banyak penulis yang tertarik menerbitkan buku mereka. Tentu saja pihak penerbit akan senang ketika mendapatkan sumber daya penulis buku yang berkualitas, kritis dan karyanya selalu laris. 

4. Buku Laku, Royalti makin besar dan makin terkenal

Siapa yang menyangka jika hanya berawal dari judul buku yang menarik, mampu mempengaruhi daya tarik calon pembaca. Sehingga buku menjadi laku keras dan menjadi best seller. Ketika buku best seller, sudah pasti pihak penerbit mendapatkan keuntungan besar, dan penulis pun juga akan mendapatkan royalti yang besar. Jadi semakin banyak hasil penjualan, semakin banyak pula royalty yang akan diterima. 

Itulah beberapa pentingnya judul buku yang menarik yang ternyata memberikan keuntungan positif untuk penulis dan penerbit. Baik keuntungan material maupun nonmaterial. 

Artikel Penting: 4 Contoh Kerangka Cerpen Lengkap!

Cara Membuat Judul Buku Yang Menarik

Melihat keuntungan yang akan diperoleh di atas, pastinya penulis pemula juga menginginkan peruntungan seperti di atas bukan? Tenang, ada beberapa tips membuat judul yang menarik yang perlu diperhatikan. 

1. Judul Ditulis Paling Akhir

Mungkin pernah membaca tips membuat judul buku ada di bagian awal? Sebenarnya tidak ada yang salah dalam membuat judul di awal ataupun di akhir. Hanya saja bagi pribadi saya sendiri lebih mudah membuat judul di bagian akhir penulisan.

Alasan menulis judul di bagian akhir cukup sederhana. Memudahkan kita untuk membuat rangkuman yang diformulasikan dalam sebuah judul. Dimana judul yang kita tentukan benar-benar mewakili isi dari seluruh pesan yang ingin disampaikan. 

2. Judul Tidak Panjang dan Bertele-Tele

Cara membuat judul buku yang menarik sama seperti halnya membuat judul pada artikel ataupun tulisan berita. Yaitu ditulis menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Hindari penulisan berita yang panjang dan bertele-tele. Karena judul dibuat memang untuk mengundang rasa penasaran bagi calon pembaca. 

3. Buat Judul yang Menggugah

Maka dari itu, pentingnya untuk membuat judul yang menggugah. Salah satu caranya sengaja menciptakan misteri ataupun daya tarik tersendiri. Biasanya masing-masing penulis yang sudah berpengalaman memiliki cara dan triknya sendiri-sendiri dalam merumuskan judul yang menggugah. 

4. Buatlah Judul yang Tidak Umum di Masyarakat (Paradox)

Jika dari tips cara membuat judul buku yang menarik di atas kurang menjawab rasa penasaran, maka kamu bisa menggunakan tips ini. Yaitu membuat judul yang tidak umum. Masyarakat lebih tertarik dengan sesuatu yang tidak pernah mereka tahu atau yang jarang dibicarakan dalam keseharian. Jika terasa masih sulit, penulisan judul dapat dilakukan dengan membuat paradox. 

5. Gunakan Kosa Kata yang Baru

Bakat seorang penulis tidak dapat dipungkiri dipengaruhi oleh wawasan yang dimilikinya. Tidak hanya wawasan dalam menyimpan informasi. Tetapi juga kemampuan kosakata juga akan menentukan penulis mampu melahirkan judul yang keren. 

Jika diperhatikan di karya buku-buku yang laris di toko buku. Mungkin inti judul buku biasa saja jika dituliskan menggunakan bahasa umum. Namun jika judul tersebut dirangkum atau disajikan menggunakan kosakata yang jarang digunakan, sehingga terasa lebih asing, justru semakin meningkatkan daya tarik buku tersebut. 

6. Masukkan Latar supaya lebih mudah dipahami

Adapun cara membuat judul buku yang menarik lainnya, yaitu memasukan latar agar mudah dipahami. Seringkali pembaca butuh petunjuk untuk menciptakan imajinasi dan bayangan mereka. Oleh karena itu, tidak ada salahnya dalam membuat judul menyertakan latar agar mudah diimajinasikan dan dipahami.

7. Gunakan Nama Karakter (Opsional)

Jika buku yang ditulis ternyata adalah buku fiksi, maka cara membuat judul yang menarik dapat mengambil nama karakter. Agar buku semakin menarik perhatian dan minat, bisa didukung dengan desain cover, sehingga semakin menarik dan membuat penasaran. 

Itulah tujuh tips cara membuat judul buku yang menarik, yang bisa coba kamu praktekan. Bagi yang pemula, mungkin terasa kaku dan sulit. Tapi tetap tenang, karena kemahiran sejalan dengan jam terbang.

Baca juga: Anatomi Buku, Pengertian dan Struktur [Update]

Contoh Judul Buku Yang Menarik

Dari ulasan seputar judul buku yang menarik di atas, rasanya kurang lengkap jika belum diberikan contohnya. Sebagai gambaran dan contoh, berikut beberapa contoh judul buku 

1. Contoh Buku Novel

Judul : Bapak Jejak-Jejak Di Kebun Karet 

Penulis : M. Rawa El Amady 

Judul : Bertemu Di Ruas Buku

Penulis : Nur Amin

2. Contoh Buku Motivasi

Judul Buku : Data Untuk Membangun Diri Dan Desa 

Penulis : Willy Hendria 

3. Contoh Buku Self Development

Judul Buku : Darwis Triadi Sangguru Jalani Hidup Mengabdi Profesi

Penulis : Atok Sugiarto

Itulah beberapa contoh judul buku yang menarik. Mungkin kamu salah satu penulis yang ingin memiliki buku sendiri, dan ingin memiliki buku yang diterbitkan? Berharap karyanya bisa memberikan manfaat yang tidak jauh berbeda dengan yang sudah disebutkan di atas. 

Teruntuk kamu yang ingin menjadi seorang penulis buku, yang selama ini belum mendapatkan penerbit yang pas dan cocok. Kamu bisa menerbitkan buku sendiri di penerbit bukunesia. Tentu saja kamu pun akan mendapatkan banyak keuntungan. Tunggu apalagi? Segera terbitkan buku kamu sekarang disini: Layanan Menerbitkan Buku.

Penulis: Irukawa Elisa, Editor: Yusuf Abdhul

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait
PROMO TERBIT BUKU