⚡ Promo Diskon Akhir Tahun | diskon 30% + 20% dan bonus eksemplar up to 10

Lihat Selengkapnya

4+ Perbedaan Topik, Judul dan Tema Dalam Karya [Lengkap]

perbedaan judul dan topik

Dalam karya tulis, pasti mengenal istilah topik, judul, dan tema kan? Nah, kali ini kita bahas perbedaan topik, judul dan tema lengkap dalam sebuah novel, cerpen dan karya tulis ilmiah lainnya.

Kamu merasa bingung membedakan apa yang disebut topik, judul dan tema? Jika iya, sepertinya ada banyak teman. Banyak yang tidak bisa membedakan diantara ketiganya. Sementara untuk para penulis, baik itu penulis fiksi ataupun non fiksi, penting sekali membedakan ketiga hal tersebut. 

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas contoh topik dan judul serta tema. Di Bagian akhir juga ada tabel perbedaan antara topik dan judul.

Baca Juga: Manfaat Mengulas Buku

Mengenal Topik

Mengenal pengertian topik dalam sebuah karya tulis termasuk didalamnya judul dalam novel, cerpen ataupun karya ilmiah.

1. Apa Itu Topik

topik adalah gagasan atau ide atau pemikiran yang bertujuan untuk membantu penulis mengembangkan ke dalam laporan karya ilmiah/tulisan atau penelitian. Topik adalah bagian pertama yang harus ditentukan oleh peneliti ataupun penulis. 

Sebelum melanjutkan membaca, ada kabar baik buat kamu, buknes lagi ada promo PDKT bareng Bukunesia, Diskon hingga 50% dan bonus eksemplar up to 10. Baca lebih lanjut yuk!

Ciri topik dipilih berdasarkan sifat umum, yang masih butuh dikembangkan lagi. Meskipun topik masih bersifat umum, topik mampu mencakup seluruh isi tulisan. 

Topik dapat pula diartikan sebagai pokok pembicaraan yang diambil oleh penulis untuk membangu mengembangkan ulasan. Dimana topik mencakup keseluruhan isi tulisan, yang mampu menjawab pertanyaan. Topik dapat ditulis dalam kata atau kalimat singkat.

2. Syarat Topik 

Adapun syarat topik yang harus dipenuhi. Yaitu harus menarik perhatian si penulis. jika penulis tidak memiliki daya tarik terhadap topik tersebut, maka akan menyulitkan selama proses penulisan pada nantinya. 

Syarat topik juga harus dikuasai dengan baik oleh penulis. Jika penulis tidak menguasai apa yang akan ditulis, maka akan terasa sulit saat menyelesaikannya. 

promo akhir tahun bukunesia

Topik yang dipilih harus lebih sempit dan terbatas. Adapun tips selama memilih topik, pastikan memilih topik yang sifatnya mengandung kontroversi. Saat mengambil topik, pastikan pula memilih topik yang hangat, bisa mengambil peristiwa nasional maupun internasional.

3. Contoh Topik

  • Kebersihan Sekolah (cakupan lebih luas dari judul)
  • Gender (cakupan bisa ke gender feminine ataupun maskulin)
  • Pemanasan global (memiliki cakupan lebih luas, bisa mengulas tentang dampak pemanasan global, bisa juga fokus penyebab pemanasan global dan masih banyak lagi fokus yang bisa diangkat)

Mengenal Tema

Mengenal pengertian tema dalam sebuah karya tulis termasuk didalamnya judul dalam novel, cerpen ataupun karya ilmiah.

1. Apa Itu Tema

Tema dapat diartikan sebagai pokok pikiran dasar yang melatarbelakangi munculnya ide atau gagasan. Dimana tema sebagai dasar yang digunakan untuk mengembangkan tulisan. 

Tema dapat pula diartikan sebagai latar belakang yang mendorong penulis ingin menuliskan topik. Jika dianalogikan dalam sebuah bangunan, tema adalah pondasi rumah. Dengan kata lain, tema menjadi landasan dasar yang menjadikan tulisan atau karya kamu akan memiliki dasar yang bagus atau tidak. 

Sebuah tulisan yang dilandasi oleh tema yang matang, tentu hasil tulisannya pun juga lebih matang, kritis dan lebih menarik untuk dinikmati oleh pembaca.

2. Syarat Tema 

Adapun syarat tema yang harus dipenuhi dalam membuat sebuah tulisan. Diantaranya harus menarik perhatian penulis. Tema yang menarik pasti lebih memotivasi penulis untuk mengulas dan membedah lebih lengkap. Tema juga harus dikuasai oleh penulisnya, karena dasar inilah yang akan memberikan semangat kepada penulis untuk bersedia terjun kelapangan menggali data yang bersifat terbarukan. 

Tema yang baik memiliki bahan yang memadai. Jika bahan dianggap kurang, maka penulis wajib menggali lebih banyak data lewat kajian literatur, penelitian atau mungkin melakukan observasi. Syarat terakhir, pastikan tema harus dibatasi ruang lingkupnya. Tujuannya agar tidak terjadi pembahasan yang terlalu luas dan melebar kemana-mana, sehingga tidak menemukan titik fokus yang ingin disampaikan.

3. Contoh Tema

  • Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Petani di Lereng Merapi
  • Peran Pendidikan Terhadap Masa Depan Masyarakat Di Pedesaan

Mengenal Judul

Mengenal pengertian judul dalam sebuah karya tulis termasuk didalamnya judul dalam novel, cerpen ataupun karya ilmiah.

1. Apa itu Judul? 

Sementara yang disebut judul adalah kalimat depan yang menggambarkan secara ringkas isi dan maksud tulisan. Adapun yang menyebut judul dengan tajuk. Judul merupakan batasan masalah yang diangkat penulis yang ditulis di bagian paling awal. 

2. Syarat Penulisan Judul 

Adapun syarat penulisan judul. Pastikan judul ditulis menggunakan huruf kapital di bagian awal kata. Jika judul menggunakan konjungsi, interjeksi dan preposisi, maka judul ditulis menggunakan huruf kecil. Tidak berhenti disitu saja, jika dalam penulisan judul ditemukan kat ulang (reduplikasi) dan dwilingga  pada kata dasarnya, maka semua harus ditulis menggunakan huruf kapital setiap awal kata. 

Pastikan juga, judul ditulis menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Judul yang baik ditulis tidak lebih dari sembilan kata.

3. Contoh Judul

  • Kapolres Bantul : Gerak-gerik Ibu Korban Mencurigakan
  • Berjalan-jalan di Kota Yogyakarta
  • Cerai-berai Kotaku

Perbedaan Topik dan Judul

Setelah mengetahui tentang judul, topik dan tema di atas. mungkin ada diantara kamu yang masih bingung membedakan secara spesifik di antara ketiganya. Nah, berikut daftar tabel perbedaan antara judul, tema dan topik.

TopikJudul
Topik berisi gambaran umum dari sebuah tulisan yang hendak dikembangkan. Judul secara spesifik menggambarkan garis besar karya tulis atau karangan. 
satu topik dapat digunakan untuk banyak jenis tulisan/ulasanJika mengambil topik yang sama, maka setiap karya harus memiliki judul yang berbeda. 
topik bersifat umum, dan memiliki jangkauan lebih luas. Judul bersifat spesifik, karena menggambarkan isi keseluruhan yang diulas
topik memuat pokok permasalahan yang hendak diulas.Judul hanya model spesifik dari topik, yang sifatnya sudah dipersempit atau sudah lebih difokuskan.

Itulah beberapa contoh dan judul topik. Meskipun sepele dan singkat, semoga sedikit ulasan ini cukup memberikan gambaran dan manfaat.  (Irukawa Elisa)

Baca Juga Artikel Terkait

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis