Manfaat Mengulas Buku bagi Pembaca dan Penulis

Manfaat Mengulas Buku
banner-download-ebook

Ulasan buku sangat penting bagi seorang penulis dan juga pembaca. Berikut ini manfaat mengulas buku bagi pembaca buku dan penulis buku.

Pernahkah kamu mengulas sebuah buku? Jika pernah, apakah kamu menyadari manfaat mengulas buku? Ternyata saat mengulas buku, ada beberapa orang yang akan merasakan manfaat, yaitu pembaca, dan penulis. 

Lantas, apakah reviewer tidak mendapatkan manfaat? Tentu saja tetap mendapatkannya. Bahkan tidak hanya reviewer, tetapi juga penerbit buku yang bukunya kamu ulas pun juga mendapatkan manfaatnya. Lantas apa saja sih manfaatnya? Langsung simak ulasannya sebagai berikut. 

Manfaat Mengulas Buku Bagi Pembaca

Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa mengulas buku itu tidak ada manfaatnya. Ternyata manfaat mengulas buku sangat memudahkan pembaca untuk beberapa alasan sebagai berikut. 

1. Bahan Pertimbangan Pembaca Lain

Mengulas buku ternyata memberikan kemudahan bagi pembaca untuk mengetahui tentang isi buku secara garis besar. Jadi pembaca memiliki gambaran untuk menjadi bahan pertimbangan apakah buku sesuai dengan keinginan atau sebaliknya. 

Banyak calon pembaca yang tidak ada waktu untuk ke toko buku dan melihat review buku secara langsung. Maka tidak heran bagi pecinta buku, lebih memilih membaca review buku sebelum membeli. Dari segi waktu, calon pembaca juga tidak perlu ke toko buku terlebih dahulu hanya mengintip sampel buku yang sudah dibuka. 

2. Membaca dan Memahami Isi Buku

Salah satu manfaat mengulas buku bagi pembaca membantu memahami isi buku. Setidaknya ini sangat diperlukan bagi calon pembaca yang mencari kepastian isi bahsan. Karena terkadang, judul buku tidak sesuai yang diinginkan pembaca. 

Contoh kasus. Judul buku SEPERTI buku pendidikan. Saat dibaca, ternyata isinya adalah buku fiksi. Tentu saja bagi calon pembaca yang terlanjur membeli, karena buku disegel dan tidak bisa melihat bagian dalam, akan merasa sangat kecewa. Bukunya itu sendiri pun tidak lagi bisa dimanfaatkan sesuai tujuan awal. Jadi, manfaat mengulas buku itu sangat penting. tujuannya agar calon pembaca tidak merasa kecewa. 

3. Melatih Beropini

Disadari atau tidak disadari, setiap kali membaca review buku, akan mengarahkan pembaca untuk berpikir lebih kritis terhadap sebuah buku. Pembaca pun jadi belajar bagaimana cara menilai buku yang menarik, dan menjadi lebih selektif. 

Pentingnya melatih pikiran untuk beropini tidak sekedar bebas berpendapat. Tetapi merangsang sistem saraf otak menjadi analitis, lebih aktif dan kritis terhadap banyak hal. Tidak hanya untuk ulasan buku saja. 

4. Membuka Cakrawala Pengetahuan

umumnya, ulasan buku hanya ditulis secara singkat. Meskipun ditulis secara singkat, review buku juga bermanfaat untuk mengasah cakrawala pengetahuan yang membaca. Meski ulasan buku ditulis singkat, biasanya dikemas lebih padat tanpa mengurangi unsur pengetahuan yang bersifat informatif.

5. Belajar Menulis

Bagi calon pembaca yang memiliki minat menulis, ulasan buku juga dapat dijadikan sebagai media belajar menulis buku review buku yang baik dan menarik itu seperti apa. reviewer pemula, tentu saja butuh contoh untuk memberikan gambaran terkait bagaimana cara penyajian ulasan buku, dan unsur apa saja yang perlu dituangkan disana. 

Itulah beberapa manfaat mengulas buku bagi pembaca. Mungkin selama ini ada yang menganggap ulasan buku tidak begitu penting bagi pembaca, ternyata memiliki peranan yang tidak kalah penting bagi pembaca di luar sana. 

Manfaat Mengulas Buku Bagi Penulis

Sebelumnya sudah mengulas manfaat mengulas buku bagi pembaca. belum afdol jika tidak diulas juga manfaat mengulas buku bagi penulis. Nah, berikut beberapa pengalaman manfaat review buku bagi penulis. 

1. Membantu Branding Penulis 

Ketika ada yang mengulas buku, sebagai penulis tentu sangat terbantu banyak. Salah satunya membantu penulis membangun personal branding. Jika ulasan buku positif, maka penulis pun akan mendapatkan penilaian dari masyarakat secara positif. Berlaku sebaliknya. 

Tentu saja, sebagai penulis pasti akan merasakan senang ada yang mau mengulas karya mereka. Dari pihak peresensi pun akan dikenal oleh penulisnya. Jadi, yang mendapatkan manfaat tidak hanya penulis tetapi juga si peresensinya. 

2. Meningkatkan Hasil Penjualan dan Royalti Penulis 

Adapun manfaat mengulas buku bagi penulis, yaitu mampu meningkatkan hasil penjualan buku. Ketika buku yang direview berhasil mendapat perhatian besar bagi pembaca. maka dengan sendirinya hasil penjualan buku juga akan tinggi. 

Ketika hasil penjualan tinggi, maka penulis pun juga mendapatkan royalti lebih tinggi. Sementara untuk para peresensi, akan mendapatkan manfaat juga. Misalnya hasil review yang banyak dibaca, juga akan menarik perhatian pembaca penasaran siapa sih peresensi yang mampu menuliskan dengan baik. 

3. Membuka Peluang Penulis Menjadi Pembicara 

Ketika hasil ulasan buku tersebar secara luas, dan banyak yang tertarik. Maka, penulis pun juga bisa mendapatkan dampak lain. Misalnya, penulis mendapatkan tawaran menjadi pembicara tentang tema atau topik buku yang ditulis. 

Manfaat ini yang saya rasakan sendiri. Ketika jangkauan buku meluas, peluang dan tawaran menjadi pembicara, baik untuk kepentingan talkshow, seminar ataupun bedah buku akan terbuka lebar. Tentu ini sebuah apresiasi yang luar biasa. 

Dimana kekuatan preview mampu memperluas jangkauan buku. Sehingga buku menjadi lebih banyak diketahui oleh banyak orang, dan memiliki peluang dibeli pun juga tinggi. 

4. Membantu Meningkatkan Popularitas Penulis 

Secara tidak langsung, penulis pun juga akan merasakan manfaatnya, karena popularitasnya juga ikut terangkat. Itu sebabnya, setiap penulis harus bersyukur dan berterimakasih kepada mereview buku. 

Itulah beberapa manfaat mengulas buku bagi pembaca dan penulis buku. Dari manfaat mengulas buku di atas, dapat disimpulkan bahwa. Untuk menjadi orang besar itu butuh bantuan orang lain. Pentingya peresensi mereview buku penulis untuk membantu memperkenalkan karya ke pembaca. 

Oh iya, sebagai reviewer buku, juga mendapatkan keuntungan dari hasil ulasannya loh. Jika ulasan buku diterbitkan di surat kabar, maka pereview buku akan mendapatkan honor. Bukti terbit di surat kabar juga dapat diajukan ke penerbit buku yang direview, maka pereview juga akan mendapatkan honor/bingkisan dari penerbit, sebagai bentuk terimakasih.

Jadi, manfaat mengulas buku tidak hanya untuk pembaca dan penulis saja. Tetapi bagi reviewer buku dan penerbit buku juga mendapatkan manfaatnya. Buat yang ingin jadi reviewer buku, bisa baca di artikel Cara Meresensi Sebuah Buku yang Benar. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. (penulis/Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis