5+ Cara Jadi Penulis Online Yang Menghasilkan Uang [Freelance]

cara menjadi penulis online menghasilkan uang
banner-download-ebook

Banyak yang ingin menjadi penulis online yang bisa menghasilkan uang ataupun pendapatan tambahan. Atau yang sering banyak dikenal sekarang adalah freelance content writer. Namun, banyak yang tidak tahu bagaimana caranya. Nah, ketidaktahuan ini pula, banyak yang menulis tanpa diberi uang lelah. Padahal, jika tahu jalan dan informasinya, menjadi penulis online juga bisa menghasilkan uang loh.

Mungkin ada diantara kamu yang penasaran. Apakah cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang mudah? Jawaban relative. Bagi yang punya kemauan dan niat yang tinggi, akan terasa mudah dan ringan. Namun bagi yang memiliki niat setengah-setengah, akan terasa lebih berat. 

Salah satu alasan menjadi penulis online berat karena tidak tahu caranya dan tidak menguasai tipsnya. Maka dari itu, penting buat kamu untuk mengetahui jawabannya sebagai berikut. 

Cara Menjadi Penulis Online Yang Menghasilkan Uang

Cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang memang membutuhkan effort besar. Modal keinginan saja tidak cukup. sebenarnya ada banyak jalan menjadi penulis online Langsung saja, intip cara menjadi penulis online sebagai berikut. 

1. Menjadi Penulis Novel Online

Menjadi penulis novel online salah satunya. Meskipun tidak semua penulis novel online pemula, langsung mendapatkan uang. Setidaknya dengan semakin banyaknya pengikut, pembaca dan reviewer akan mengangkat novel kamu dilirik oleh penerbit buku.

Penulis Novel
Penulis Novel

Ketika buku yang dilirik berhasil diterbitkan, kemudian terjual laris, kamu bisa mendapatkan dan menghasilkan dari situ. Lumayan bukan? Berawal dari hobi dan iseng-iseng menulis novel online bisa menghasilkan sesuatu yang istimewa. 

Salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi penulis online ada wattpad. Oh iya, ternyata banyak penulis-penulis wattpad yang berakhir menjadi penulis novel beneran. Mungkin kamu salah satunya. 

Malah apabila mau menerbitkan novel cetak sendiri, ini menjadi hal yang sangat berkesan untukmu sendiri. Sebab, akan menaikkan pendapatanmu dan juga branding dirimu yang mahal. Terbitkan novelmu di Penerbit Bukunesia dengan menggunakan layanan POD Bukunesia, karena bisa cetak lebih murah.

2. Menjadi Penulis Artikel di Website

Jika kamu merasa tidak memiliki bakat menulis novel, dan hanya memiliki bakat menulis artikel. Tenang! Karena kamu juga bisa menjadi penulis yang menghasilkan uang. Dibandingkan menulis novel, menulis artikel memang lebih mudah, karena relative ditulis secara singkat.

Penulis Novel
Penulis Novel

Setidaknya menulis artikel tidak ditulis hingga ratusan halaman. Cukup dua sampai lima lembar sudah cukup. Bahkan, jika kamu menulis di portal website, terkadang hanya satu sampai satu setengah halaman pun sudah cukup. 

Benarkah menulis di website dapat menghasilkan uang? Jawabannya bisa. Tergantung dari masing-masing kebijakan dari website. Tidak semua website memberikan honor setiap tulisan yang masuk. Maka dari itu, kamu perlu cari tahu dahulu. Jangan salah memasukan.

Ada beberapa website yang bisa menghasilkan uang dari artikel yang kamu tulis. Misalnya ada babe, mojok, dan masih banyak lagi. Sebenarnya banyak website yang mencari penulis untuk mengisi website melalui system recruitment.

Ada pula yang system mengirimkan artikel masuk. Jika artikel sesuai, akan di publikasi dan mendapatkan fee, dan masih banyak lagi system lain. Prinsipnya setiap pemilik website memiliki kebijakan dan aturan main yang beragam.

3. Menjadi Penulis SEO (SEO Writer)

Cara menjadi penulis online yang akhir-akhir ini banyak dicari penulis artikel SEO. Tidak tanggung-tanggung, fee yang ditawarkan pun juga lumayan. Hanya saja, tidak semua penulis artikel bisa menuliskan artikel SEO. Atau mungkin, ada yang baru pertama kali mendengar artikel SEO? 

Artikel SEO adalah trik penulisan artikel guna untuk menaikan rating website dan memperluas jangkauan artikel ke pembaca. SEO itu sendiri diambil dari kata Engine Optimization yang memiliki proses kerja agar tulisan bisa masuk ke halaman pertama pencarian google. Logikanya, ketika artikel bertengger di halaman pertama pencarian google, maka potensi artikel di baca juga lebih tinggi.

Nah, cara menjadi penulis online dengan jalur menulis SEO bisa kamu pelajari lebih dalam. Karena peluang dan potensi pekerjaan ini sampai sekarang masih banyak dicari. Salah satunya adalah saya. Cukup bekerja di rumah, bisa tetap mendapatkan income. Kamu pun juga bisa, selamat mencoba. 

4. Copywriter

Copywriter adalah menulis teks untuk materi iklan, yang sudah pasti ditujukan untuk publikasi. Bentuk copywriting itu sendiri tidak melulu materi untuk iklan produk saja. Menuliskan konten berita yang bersifat informatif juga termasuk ke dalam pekerjaan copywriter juga loh. 

Sayangnya, proses penulisan materi iklan dengan menulis artikel jauh berbeda. Butuh kemampuan mengolah kata yang biasa menjadi memiliki daya tarik calon konsumen. Tujuannya, agar calon konsumen tertarik dan ingin membeli produk barang/jasa yang diiklankan. 

Nah, buat kamu yang tertarik ingin menjadi copywriter, harus mendalami ilmu dan teorinya. Karena ada trik dan cara agar kalimat memiliki ruh daya tarik bagi pembaca. Pekerjaan ini juga sekarang banyak dicari loh. Jadi, kamu masih bisa memanfaatkan peluang ini.

5. Membuat Blog dan Pasang Adsense

Buat kamu yang suka bekerja secara mandiri, dan ingin bekerja secara merdeka dan tidak ingin diperbudak dengan aturan kantor, perusahaan ataupun klien. Maka ada satu cara menjadi penulis online yang bisa kamu coba. 

Salah satunya menjadi seorang blogger. Jadi, kamu bisa menulis di blog yang kamu buat buat sendiri. kamu cukup menulis secara rutin di blog kamu. Agar blog bisa menghasilkan uang, kamu bisa memasang adsense. 

Google adsense inilah yang nantinya akan memberikan pemasukan uang. Syaratnya, kamu hanya konsisten menulis di blog milik kamu. Semakin tinggi pengunjung, semakin besar pula pendapatan adsense yang akan kamu dapatkan. Nah, untuk mendalaminya, kamu bisa belajar bagaimana membuat blog, dan cara memasang adsense di mbah google ya. 

6. Lomba Menulis Esai dan Artikel

Cara menjadi penulis online yang lain, bisa kamu lakukan dengan cara mengikuti ajang perlombaan. Banyak kegiatan yang mengadakan lomba menulis artikel dan esai. setiap pemenang akan mendapatkan hadiah uang. Ada juga yang memberikan hadiah selain uang. Misalnya memberikan hadiah barang dengan harga yang cukup mahal atau mungkin beasiswa dan masih banyak lagi.

Itulah keenam cara menjadi penulis online yang bisa kamu pelajari, dan kamu coba lakukan. Sekarang menjadi penulis online banyak dicari, karena bisa dikerjakan di rumah. Cocok buat kamu yang lebih nyaman bekerja di rumah.

Tips Jadi Penulis Online

Setelah mengetahui cara menjadi penulis online, kamu pasti merasa kesulitan merealisasikan. Selalu ada kendala. Misalnya, tidak ada waktu, bingung memulainya, mengalami mandek ide dan masih banyak lagi. Nah, berikut ada beberapa tips jadi penulis online, semoga sedikit pengalaman ini bermanfaat. 

1. Niat

Niat sudah pasti harus ada. Pastikan niat tidak setengah-setengah. Bagaimana jika tetap masih belum yakin dengan niatnya? Jawabannya hanya meyakinkan diri sendiri dan memantapkan hati. Salah satu alasan utama kenapa niat sering goyah karena ketakutan pada pikiran diri sendiri.

Banyak yang merasa takut akan gagal. Padahal, saat dijalani apa yang ditakutkan tidaklah sesederhana yang terbangun di dalam pikiran kita. Jadi, pastikan akan keteguhan niat. Karena niat besar mampu mengalah penulis online berbakat.

2. Fokus

Saat kamu memutuskan ingin menjadi penulis online, maka harus fokus. Fokus pelajari bidang yang kamu lirik. Misalnya ingin fokus menulis artikel SEO. Maka setahun sampai dua tahun pertama kamu bisa mendalami dan mempelajari banyak hal tentang artikel SEO sambil diimbangi praktek menulis.

Agar tidak terjadi distraksi, jangan toleh kanan kiri. Fokus saja pada satu jenis artikel. Baru setelah kamu menguasai satu bidang artikel SEO (misalnya), kamu bisa mempelajari cara penulisan lain. Bisa mempelajari copywriting, atau mempelajari menulis fiksi seperti novel dan cerpen.

Salah satu keuntungan memfokuskan pandangan adalah, mengasah keterampilan, menambah ilmu pengetahuan di bidangnya. Rata-rata yang mempelajari dua atau lebih, akan mengalami kebingungan.

3. Melawan diri sendiri (Disiplin)

Meskipun hanya ingin menjadi penulis online, ternyata butuh dorongan internal terlebih dahulu. Karena mewujudkan menjadi penulis online juga tidak mudah. Bagaimana ingin menjadi penulis online, jika tidak memiliki kedisiplinan, tidak memiliki konsistensi dan tidak memiliki integritas. 

Setiap perusahaan lebih memiliki seseorang yang tidak hanya bisa menulis. Tetapi juga memiliki kedisiplinan. Banyak penulis online yang bisa menulis, namun tidak banyak penulis yang bisa bekerja sesuai deadline. Sehingga merusak rasa kepercayaan perusahaan atau klien. 

Nah, salah satu cara menjadi penulis online yang disukai dan dicari banyak perusahaan atau klien adalah yang discipline. Disiplin itu orang yang keras pada diri sendiri, tetapi lunak pada orang lain. Ketika seseorang sudah memiliki jiwa disiplin, ketika mendapati perusahaan/klien yang keras, orang akan tetap mengimbangi dan dialah yang akan menjadi pemenang seleksi alam. 

4. Aktif Menjajal Peluang 

Tips jadi penulis online yang keempat, pastikan kamu aktif menjajal peluang. Sedikit cerita yang saya alami sendiri. Awalnya saya tidak pernah mengenal apa itu artikel SEO. Suatu ketika, saya mendapatkan job dari klien, dengan ketentuan penulisan seperti ini dan itu. tanpa saya tahu, ketentuan tersebut adalah trik menulis artikel SEO.

Berawal dari situlah, saya pun menjajal peluang lain, yang tanpa sengaja saya mulai familiar dengan artikel SEO. Menjajal peluang lain, saya mendapatkan klien yang menawarkan menuliskan materi iklan (copywriting) dan tanpa sengaja pula, saya mulai mempelajari ilmu copywriting.

Jadi kesimpulannya adalah, menjajal peluang itu tidak ada yang salah. Karena dengan “menjajal” justru akan mengantarkan pada kesempatan baru dan pengalaman baru yang akan membentuk kamu menjadi pribadi yang memiliki keterampilan menulis di banyak bidang. Tidak hanya di bidang copywriting saja, tetapi juga mahir menulis artikel SEO.

5. Berani Mengambil Tawaran dan Kesempatan 

Terkadang banyak calon penulis yang takut menerima tawaran dan kesempatan, karena alasan tidak memiliki pengalaman. Bagaimana kita bisa mendapatkan pengalaman? Jika setiap ada kesempatan selalu ditolak.

Banyak orang yang takut gagal. Padahal menurut saya pribadi, kegagalan itulah pembelajaran yang paling berharga. Jadi, setiap ada kesempatan yang datang, cukup hadapi, dan lawan rasa takut dan rasa ragu di dalam diri. Karena sebuah keputusan baru memang diawali ketidakpastian dan keraguan.

Ingat, apa yang kita takutkan di depan belum tentu terjadi. Apa yang kita khawatirkan di depan belum tentu seribet dan seberat yang diimajinasikan. Bisa jadi, justru lebih menyenangkan. Pesan saya, jika kamu memang suka dengan passion menjadi penulis, ambil keputusan dan enyahkan rasa takut.

Karena jika apa yang terjadi di depan kamu, bisa jadi karena ujian. Bisa juga karena memang itu jalan kamu. Jika jalan kamu memang di dunia tulis menulis, tekuni. Jangan kompromi dengan rasa takut. Biarkan Tuhan yang mengarahkan jalan rejeki kamu, tanpa harus kamu menginterpretasi dan menuntut tuhan. Karena cara Tuhan berbeda dengan akal manusia. (Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis