Menulis Cerpen Dapat Uang? Mudah, Ini Caranya

cara menulis cerpen dapat uang

Menulis cerpen dapat uang memang dapat dilakukan dengan beberapa cara. Selain mengirimkan cerpen ke media offline, seperti surat kabar, tabloid. Bisa juga dengan mengirimkan tulisan secara online, yaitu ke media elektronik seperti website, ebook. 

Nah, buat kamu yang merasa bingung dan tidak tahu bagaimana mendapatkan uang dari menulis cerpen. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba. 

Cara Mendapatkan Uang Dengan Menulis Cerpen

Hanya dengan menulis cerpen dapat uang yang banyak itu banyak sekali caranya. Di era teknologi canggih seperti sekarang, cara mendapat uang dari menulis cerpen lebih mudah dibandingkan masa-masa dulu. Langsung saja simak caranya berikut ini. 

1. Mengirim Ke Media

Cara mendapat uang dari menulis cerpen yang pertama adalah dengan mengirimkan cerpen. Kamu bisa mengirimkan lewat media online ataupun lewat secara offline. Pertanyaannya adalah, bagaimana sih cara pengirimannya dan seluk beluknya? Kamu bisa simak ulasannya berikut ini. 

a. Media Online

Sekarang jamannya digital. Segala sesuatu dapat di onlinekan dan kamu tetap bisa mendapatkan cuan. Caranya bagaimana? Jadi kamu hanya perlu mengamati medianya terlebih dahulu. Karena tidak semua media online akan memberikan honor bagi cerpen yang dimuat. 

Nah, agar tidak terjadi miss komunikasi. Maka kamu perlu melakukan observasi media online. Jika perlu, dan berani, tidak ada salahnya kok kamu menanyakan ke admin yang siap melayani.

Oh iya, sepanjang yang saya ketahui, honor di media online dan honor media offline, jumlahnya lebih banyak media offline. Jika saya ada yang salah, kamu bisa komen di kolom komentar ya untuk berbagi share pengalaman. 

Meskipun media online tidak menjanjikan honor yang besar, ada satu kelebihan menawarkan cerpen secara online. Yaitu masalah tingkat persaingan dan potensi dipublikasikan lebih berpeluang. Media online lebih mudah ditembus dibandingkan dengan media offline. Media offline memiliki aturan seleksi lebih ketat dibandingkan dengan media online. 

b. Media Offline dan Majalah

Entah kenapa, secara pribadi lebih greget mendapat uang dari menulis cerpen dengan cara mengirimkan secara offline. Kategori offline adalah mengirimkan cerpen ke surat kabar, majalah atau tabloid. Mungkin karena ada rasa kebanggaan tersendiri ketika cerpen berhasil lolos seleksi redaksi. 

Sebagai informasi, tulisan bisa diterima atau dipublikasi sebuah media offline itu sesuatu hal yang sulit. Apalagi jika jangkauan media yang kita sasar adalah skala nasional, seperti surat kabar Kompas. 

Sementara buat kamu yang ingin mencoba dari tahap paling awal. Maka bisa mengirimkan cerpen dengan cara mengirimkan ke media local. Kenapa media local? Karena tingkat persaingan cakupannya masih orang lokal. 

Mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan mengirim ke media jumlahnya beragam dan bervariatif. Tentu saja media nasional akan memberikan honor lebih besar dibandingkan dengan honor media lokal. Dari dua media itu aja, kita sudah bisa banget dengan menulis cerpen dapat uang. Jadi, yang utama adalah berani.

2. Menulis di Platform Berbayar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Jika mendapatkan uang dari menulis cerpen lewat online, belum tentu portal online memberikan honor. Maka ada cara yang bisa kamu tempuh, agar bisa mendapatkan cuan. Jadi kamu bisa mengirimkan cerpen kamu di platform berbayar.  Maka setiap karya yang terpublikasikan juga akan mendapatkan honor dari hasil iklan atau semacamnya. 

Apalagi di jaman sekarang semakin banyak variasi platform yang berbayar hingga platform yang gratisan. Dengan kata lain, semua tergantung dari jangkauan informasi yang kita peroleh. Semakin luas jangkauan, pasti semakin banyak pilihan yang bisa dicoba. 

Ada juga platform yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan menulis kamu. Misalnya, kamu bisa menulis di wattpad. Banyak penulis-penulis novel yang bukunya dilirik oleh penulis, hingga mengantarkan si penulis mendapatkan pemasukan. 

Memang saat menulis di wattpad kamu tidak mendapatkan apa-apa. namun jika kamu memiliki follower dan tulisan dan gagasan yang disampaikan memang menarik, maka bukan tidak mungkin kamu bisa mengawali karir di dunia tulis menulis. Selain wattpad, kamu juga bisa menulis cerpen di blog. Jika view blog kamu tinggi, kamu juga dapat menghasilkan uang dari adsense.

3. Lomba Menulis Cerpen

Cara mendapat uang dari menulis cerpen yang sering aku lakukan 15 tahun yang lalu. demi bisa membayar biaya sekolah, aku sudah mencoba peruntungan nasib dengan mengikuti lomba menulis cerpen. 

Terutama buat kamu yang masih pelajar atau mahasiswa. Cara ini wajib kamu coba. Apa yang saya rasakan, cara ini memberikan banyak sekali pengalaman baru diluar diri saya pada kala itu. Jadi tidak semata-mata akan mendapatkan cuan jika menang. 

Tetapi kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat. Diantaranya, melatih mental dan sportifitas diri. Setidaknya kita tidak lagi loyo atau rendah diri saat mengetahui bahwa tidak bisa memenangkan perlombaan tersebut. 

Dari segi pengalaman, kita pun akan bertemu banyak orang, kenalan baru. Biasanya saat pengumuman kemenangan, ada beberapa panitia penyelenggara yang mengadakan workshop atau sarasehan. Di sana akan bertemu banyak orang, akan mengetahui perkembangan dunia dan masih banyak lagi. 

Oh iya, semakin sering ikut lomba menulis untuk mendapat uang dari menulis cerpen, ternyata akan mengarahkan kamu pada siklus perlombaan. Semakin kamu merasa dan mengetahui formula menulis untuk perlombaan, akan memudahkan kamu untuk menulis dan memenangkan perlombaan tersebut.

Jika ingin menulis cerpen yang baik, bisa ikuti panduan: Panduan A-Z: Menulis Cerpen yang Benar

4. Mencetak Buku 

Jika ketiga rekomendasi mendapat uang dari menulis cerpen di atas sudah pernah kamu coba, dan kamu ingin mencari cara lain. Maka kamu bisa membuat blog sendiri. Kemudian isi blog berisi tentang hasil karya cerpen kamu. 

Tulis dan tulis, sampai banyak jumlah cerpen. Setelah cerpen banyak, maka kamu bisa melakukan kompilasi atau mengumpulkan cerpen ke dalam satu judul. Kemudian kamu bisa mencak kumpulan cerpen menjadi karya buku. 

Lantas kemana harus menerbitkan buku kumpulan cerpen? Kamu bisa mengirimkannya di bukunesia. Kenapa harus di sana? alasannya mudah. Selain karena pelayanan ramah, kamu bisa menerbitkan buku dengan harga yang lebih terjangkau. 

Siapa tahu ini salah satu jalan mengantarkan kamu menjadi penulis sejati. Di penerbit bukunesia, kamu juga bisa mencetak buku sesuai kemampuan si penulis. Kemudian hasil penjualan bisa kamu jual, dan kamu pun akan mendapatkan uang. Semakin tinggi penjualan kumpulan cerpen kamu, semakin tinggi pula keuntungan yang didapat. 

Itulah beberapa tips mendapat uang dari menulis cerpen. Oh iya, ada satu lagi tambahan. Ketika kamu Menjadi penulis, entah itu penulis cerpen, puisi atau penulis nonfiksi. Kamu tidak sekedar mendapatkan uang. Tetapi juga bisa melatih kemampuan otak, memiliki kemampuan berfikir lebih matang, analitis logis dan pandai dalam menyelesaikan permasalahan.

Baca juga artikel terkait berikut

Semoga berawal dari ingin mendapat uang dari menulis cerpen, bisa mengantarkan kamu menjadi penulis yang tidak semata-mata berorientasi pada uang. Tetapi, juga tetap memperhatikan tingkat kemanfaatan gagasan, ide yang disampaikan. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis