Penerbit Buku Biografi & Autobiografi

Penerbit Buku Biografi
Ingin menulis biografi seorang tokoh atau menulis autobiografi Anda sendiri? Penerbit Bukunesia merupakan penerbit buku biografi pilihan.

Apakah ada penerbit yang fokus menerbitkan biografi? Ya, Ada. Bukunesia adalah jawabannya. Jadi buat Anda yang punya ketertarikan untuk menerbitkan buku biografi, bisa banget menerbitkan di sini. 

Akhir-akhir ini buku biografi lebih menarik untuk teman bacaan. Alasannya sederhana, karena belajar dari kesuksesan orang lain, kita juga bisa belajar semangat juang seseorang dalam menghadapi masalah. Tapi sayang banget nih, ternyata bagi masyarakat umum banyak yang sering salah kaprah mengklasifikasikan apa itu biografi dan apa itu autobiografi.

Lalu apa itu buku biografi dan autobiografi? Kita akan satu persatu dan lengkapnya di artikel ini ya. Di akhir artikel kita juga akan kupas tuntas manfaat buku biografi. Jadi baca sampai selesai ya. 

Apa Itu Buku Biografi? 

Biografi berisi kisah peristiwa yang menceritakan tentang kondisi perjalanan hidup yang dialami oleh orang lain. Dimana seseorang yang diceritakan umumnya adalah tokoh-tokoh yang terkenal, memiliki nama atau seorang tokoh publik figur yang cukup dikenal.

Maka tidak heran jika teknis penulisan buku biografi menggunakan sudut pandang orang ketiga. Sementara untuk penggunaan bahasa yang digunakan lebih banyak yang menggunakan bahasa yang normal, baku dan lebih objektif.

Karena buku biografi ditulis mengandalkan kisah atau cerita seorang tokoh, maka penulis perlu melakukan wawancara langsung. Sementara jika tokoh yang akan ditulis sudah meninggal dunia, maka penulis bisa mewawancarai pihak keluarga yang masih hidup, dan penulis juga perlu melakukan penelitian untuk menggali informasi tentang tokoh yang akan diangkat. 

Apa Itu Buku Autobiografi? 

Sementara yang disebut autobiografi adalah kisah hidup seseorang dalam hal ini adalah kisah hidup si pengarang. Perbedaan yang paling menonjol autobiografi dan biografi ada pada user atau orangnya. Autobiografi kisah hidu ditulis langsung oleh si pengarang. Sementara biografi ditulis oleh orang lain. 

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

Oleh sebab itu, pada penulisan autobiografi banyak yang menggunakan sudut pandang orang pertama. Sementara untuk penulisan autobiografi sama dengan biografi, yaitu menceritakan perjalanan hidup si penulis. 

ad inserter captain halim

Adapun tujuan dari penulisan autobiografi, yaitu menyampaikan pengalaman hidup dan menuliskan pencapaian yang sudah dialami oleh si penulis. Tentunya, diharapkan hasilnya akan memberikan wawasan dan manfaat bagi pembaca.

Manfaat Memiliki Buku Biografi Untuk Diri Sendiri 

Tahukah Anda jika membaca buku biografi ada banyak hal yang akan Anda rasakan manfaatnya. Penasaran bukan apa saja sih manfaat yang akan dirasakan? Kamu bisa temukan jawabanya sebagai berikut. 

1. Terlihat Ketokohannya 

Manfaat yang tidak kalah penting dari memiliki buku biografi adalah, akan semakin menonjolkan ketokohannya. Dimana popularitas nama si tokoh dan si penulis juga semakin menonjol. Karena memang isinya menonjolkan pada “sosok subjek”. Maka tidak heran jika buku biografi juga sering dimanfaatkan untuk ajang kampanye atau promosi bagi tokoh-tokoh yang akan mencalonkan diri. 

2. Punya Legacy Untuk Masa Depan 

Apa yang kita baca, dan apa yang kita percayai akan mempengaruhi pola pikir dan menentukan sikap kita. Begitupun ketika Anda membaca buku biografi. Ketika Anda membaca buku biografi yang sifatnya membangun, inspiratif dan memotivasi, maka secara tidak langsung kita akan terbawa. 

Minimal kita memiliki warisan berupa pengalaman hidup. Meskipun itu bukanlah warisan (legacy) yang sifatnya turun temurun yang diberikan oleh keluarga kita. Setidaknya kita mendapatkan legacy berupa pengalaman hidup yang sangat mempengaruhi dan menentukan masa depan kita. 

Mungkin saja, sebelum membaca buku biografi, kita memiliki perasaan minder. Setelah membaca buku biografi, kita menjadi memiliki kekuatan dan perspektif yang berbeda yang mampu mengubah kita menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan berani mengambil keputusan. Dimana dua hal ini dasar mengubah keputusan kita di masa yang akan datang. 

Sementara dari perspektif penulis, biografi sebagai warisan yang dapat diturunkan ke generasi berikutnya. Kita tahu bahwa kita tidak bisa mengubah Negara secara besar-besaran. Tetapi kita bisa mengubah dari cara paling sederhana dan kecil, yaitu menulis buku biografi. Karena apa yang kita tulis hari ini akan menjadi memoar dan catatan penting di masa yang akan datang. 

3. Apresiasi Pencapaian 

Tidak hanya itu saja, membaca dan memiliki buku biografi juga akan memberikan apresiasi pencapaian. Kita tahu bahwa tidak semua orang bisa mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan selama ini. Bukan karena tidak mau, terkadang ada perasaan yang membuat diri kita sulit untuk mengapresiasi pencapaian-pencapaian kita.

Atau ada yang merasa bahwa selama ini tidak ada hal-hal yang dicapai, karena menganggap itu hal yang biasa dan lumrah. Setidaknya dengan membaca buku biografi, kita akan diingatkan bahwasanya kita pun sebenarnya juga sudah mencapai keberhasilan yang selama ini kita anggap sepele. 

Paling tidak dengan kehadiran buku biografi lebih mengingatkan akan pencapaian-pencapain yang selama ini tidak begitu diperhatikan. 

4. Sharing Knowledge ke Generasi Penerus 

Sudah barang pasti jika memiliki buku biografi bagi seorang penulis adalah pengalaman yang paling menyenangkan. Setiap penulis yang mampu menyelesaikan satu karya buku besar, pasti akan memiliki rasa kepuasan dan kebahagiaan yang tidak bisa terdefinisikan.

Apalagi jika apa yang ditulis memiliki wawasan, pengetahuan bagi pembaca. Bagaimana pun juga, menulis buku biografi tanpa  disadari sebenarnya kita pun sudah sharing knowledge ke generasi berikut. 

Dimana kita sedikit memiliki andil untuk mentransformasi atau sebagai jembatan penghubung ilmu pengetahuan. Kita tahu, bahwa ilmu pengetahuan itu harus diturunkan ke generasi berikutnya. Karena ilmu pengetahuan adalah warisan. Jika ilmu pengetahuan hanya digunakan untuk sendiri, maka generasi kita tidak tahu dan dikhawatirkan akan terjadi degradasi dan kemunduran.

Selain buku bentuk fisik, bisa juga buku diterbitkan dalam Ebook. Anda bisa perdalam pengetahuan dalam artikel “Penerbit Buku Digital: Pengertian & Tips Memilih Penerbit“.

5. Royalti dari Penerbit 

Sekali dayung dua, tiga pulau terlampaui. Setidaknya itulah yang akan dirasakan oleh penulis buku biografi ataupun autobiografi. Selain nama Anda dikenal oleh pecinta buku, Anda juga akan mendapatkan keuntungan berupa royalti dari penerbit. 

Memang royalty uang buku tujuan utama memberikan kebahagiaan, namun dengan royalty yang kamu dapatkan akan membantu urusan dapur agar tetap ngebul. Atau dapat pula digunakan untuk modal penulisan buku selanjutnya. 

Itulah beberapa manfaat memiliki buku biografi. Dari beberapa manfaat di atas, hanyalah beberapa dari sekian banyak manfaat yang akan dirasakan penulis. Dimana masing-masing penulis akan merasakan pengalaman mereka sendiri-sendiri.

Baca juga: Jasa Penerbitan Buku ISBN, Eksklusif & Terpercaya

Dimana Menerbitkan Buku Biografi? 

Barangkali Anda pun tertarik ingin menerbitkan buku biografi? Namun masih kurang percaya diri untuk menerbitkannya? Atau anda sudah memiliki naskah buku biografi, namun tidak tahu harus kemana menerbitkan buku yang amanah, dan kerja sat set? Tenang! Anda bisa menerbitkan buku biografi di Bukunesia. Di sini Anda bisa menerbitkan buku biografi atau pun autobiografi dengan pelayanan ramah. 

Jadi, daripada bingung mau menerbitkan kemana, dan belum yakin dengan reputasi penerbit lain. Lebih baik menerbitkan disini. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan disini. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa spoiler di Layanan Penerbitan Bukunesia.

(Irukawa Elisa)

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait