Penerbit Buku Digital: Pengertian & Tips Memilih Penerbit

Penerbit Buku Digital
Sedang banyak yang mencari Penerbit Buku Digital. Apa itu penerbit buku digital dan bagaimana tips memilih penerbit yang benar? Simak yuk!

Sedang banyak yang mencari Penerbit Buku Digital. Apa itu penerbit buku digital dan bagaimana tips memilih penerbit yang benar? Kali ini Bukunesia bakal bagikan pengertian, penjelasan dan memilih penerbit buku digital yang berkualitas dan bisa diandalkan.

Buku digital atau eBook semakin populer sebagai media digital yang banyak digunakan, terutama oleh generasi Y (usia 25-40 tahun). Penerbit buku digital menjadi industri yang berkembang pesat dan semakin dibutuhkan.

Apa itu Penerbit Buku Digital?

Penerbit buku digital merupakan penerbit yang menerbitkan buku melalui media elektronik dan dapat dibaca oleh pembaca dengan format epub atau pdf. Penerbit buku digital juga disebut sebagai penerbitan ebook online.

Penerbit ini menerbitkan buku melalui media elektronik, dengan format epub atau pdf. Selain itu, penerbit buku digital juga menghasilkan berbagai bacaan digital seperti majalah, perpustakaan digital, dan katalog digital. Meskipun berbeda format, sistem kerja penerbit buku digital tidak jauh berbeda dengan penerbit buku cetak.

Pentingnya Buku Digital Sehingga Harus Terus Naik

Banyak sekali tujuan dan fungsi untuk mendukung literasi penerus bangsa ketika ada buku digital yang berkualitas yang diterbitkan oleh penerbit berkualitas juga. Sebab, dengan mengikuti zamanlah adalah cara efektif supaya budaya literasi juga terjaga.

1. Kemudahan Pertukaran Informasi

Penerbit buku digital berperan sebagai platform untuk memudahkan penulis dan pembaca dalam menulis dan membaca buku tanpa perlu membeli versi fisiknya. Dalam era digital ini, penerbit membantu memfasilitasi pertukaran informasi dengan lebih mudah, cepat, murah dan akuntabel.

Bahkan semua yang berbasis digital bisa dilakukan tracking secara cepat karena berdasarkan data yang realtime. Oleh karena itu, udah sangat tepat apabila Anda memilih buku digital disamping buku cetak alias fisik.

EBOOK SPESIAL UNTUK PENULIS FEBRUARI

2. Wadah Penulis yang Terjamin

Dengan adanya buku digital, proses penerbitan akan jadi lebih murah sebab tidak harus mencetak secara fisik. Untuk penjualan juga lebih mudah ditambah dengan banyaknya platform penjualan ebook seperti Google Book atau bisa dijual sendiri melalui website.

ad inserter captain halim

Selain itu, plagiasi akan sangat terlihat dengan adanya buku digital ini sehingga bagi penulis yang suka plagiasi bisa ditegur bahkan bisa dikenakan pasal-pasal hak cipta. Hanya penulis buku yang berkualitas saja yang akan bertahan.

3. Efektivitas Media Pembelajaran

Kadang, bagi dosen untuk membagi sumber referensi harus kesusahan dan memilih-milih dengan mahalnya buku cetak. Namun, dengan adanya buku digital ini, proses pembagian akan lebih mudah dan pastinya harga buku bagi mahasiswa juga lebih terjangkau.

4. Mudah Dibawa

Kemudahan bagi pembaca dan ini juga menguntungkan penulis, yaitu kemudahan buku digital dibawa. Sebab, hanya perlu dibuka melalui PC ataupun melalui smartphone saja. Kalau membaca buku cetak (fisik) akan keberatan dan bahkan repot.

Namun, pengalaman membaca buku tetap akan dirasakan secara penuh ketika membaca buku cetak.

Panduan Memilih Penerbit Buku Digital

Ada beberapa hal yang bisa dicek sebelum Anda menerbitkan buku digital di penerbit buku.

1. Pastikan Ada ISBN

Mengapa harus ada ISBN? Sebab, dengan adanya ISBN yang memiliki kode unik ini, buku-buku yang sudah diterbitkan akan bisa dijual secara komersial baik nasional maupun internasional. Selain itu, akan minim dilakukan plagiarisme.

2. Menyediakan Format E-Pub

Kedua, pastikan layanan yang diberikan tidak hanya menyediakan ebook dalam bentuk PDF, tetapi juga menyediakan dalam bentuk E-Pub. Format e-pub sudah menjadi standar utama untuk penerbit buku digital yang ada di Dunia.

3. Komplit dengan Proofreading

Buku digital yang baik tidak asal diterbitkan. Penerbit yang baik adalah yang punya layanan proofreading sehingga ada proses mengoreksi naskah yang tertulis. Kualitas dijamin dan tidak akan ada masalah multitafsir dalam sebuah buku.

Nah, kalau di Bukunesia ada layanan menerbitkan buku digital alias menerbitkan ebook. Layanan yang diberikan juga lebih dari tips yang sudah dijelaskan di atas. Berikut beberapa fasilitas yang diperoleh penulis jika menerbitkan ebook di Bukunesia.

  • Buku Ber-ISBN
  • Proofreading
  • Lay Outing Naskah
  • Desain Cover
  • Ilustrasi untuk pemasaran
  • Audio Khusus
  • Dijualkan di seluruh platform ebook Bukunesia
  • dan masih banyak lagi.
Fasilitas Menerbitkan Ebook

Proofreading

ebook

Lay Outing Naskah

Desain Cover

ISBN

Free ISBN

Pemasaran Ketika Ambil Paket Ebook

Ilustrasi

Include setting format cetak

Gaya Lay Out Khusus

Audio Khusus

File menarik khusus yang ada di file buku

Akses copy 10 pcs ke platform ebook mitra

dijualkan di website

Dijualkan di seluruh platform ebook Bukunesia

*Syarat & Ketentuan berlaku

Gimana, Tertarik Menjadikan Bukumu Dalam Versi E-book di BUKUNESIA? Jika tertarik dan mau tau penawaran eksklusif menerbitkan buku digital di Penerbit Bukunesia, bisa mampir ke halaman khusus berikut ini: Penerbit Buku Digital.

MAU PANDUAN MENULIS BUKU FIKSI GRATIS?

Dapatkan secara gratis, ebook panduan menulis buku novel, buku biografi, buku fiksi dan non fiksi beserta dengan tipsnya di sini.

Panduan Menulis
EBOOK GRATIS
Artrikel Terkait