logo penerbit bukunesia

Pengertian, Struktur, Ciri dan Contoh Antalogi Cerpen

Pengertian Hingga Contoh Antologi Cerpen
promo tahun baru 30%

Antologi cerpen merupakan sebuah karya sastra yang dapat dinikmati oleh pembaca karya sastra. Sama halnya seperti karya sastra yang lain, antologi cerpen juga diciptakan oleh seorang penulis yang mana memiliki tujuan, salah satunya untuk menghibur dan tujuan lain di dalamnya.

Tetapi, apa itu antologi cerpen? Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut dan lebih jelas mengenai apa itu antologi cerpen, simak penjelasan mengenai antologi cerpen secara jelas di bawah ini.

Apa itu Antologi Cerpen

Secara umum pengertian antologi merupakan buku yang berisi tentang kumpulan karya sastra yang sejenis. Karya sastra tersebut bisa merupakan karya esai, puisi, atau cerpen. Di dalam karya sastra yang dikumpulkan menjadi satu buku tadi, memiliki tema yang sama yang kemudian dibukukan menjadi satu dan diterbitkan di dalam satu buku.

Biasanya di dalam antologi terdiri dari beberapa penulis dengan hasil karya yang memiliki tema yang sama. Akan tetapi, ada juga buku antologi yang hanya berisi satu penulis saja, sehingga ada berbagai jenis dan berbagai macam antologi. Buku antologi ini bisa dibuat melalui kerja sama beberapa penulis, bisa juga dibuat melalui lomba atau sayembara yang beberapa karya terbaiknya dipilih dan karyanya dijadikan satu ke dalam buku antologi.

baca juga Cara Membuat Cerpen Tentang Diri Sendiri Beserta Contohnya

Ciri–ciri Antologi Cerpen

Untuk membedakan antologi cerpen dengan antologi karya sastra lainnya, tentu saja ada ciri-ciri yang membedakan. Berikut adalah ciri-ciri antologi cerpen yang perlu Anda ketahui.

1. Berbentuk Buku

Seperti yang kita ketahui, antologi merupakan sekumpulan karya sastra yang ditulis dalam satu buku atau dibukukan. Artinya, antologi cerpen ini berbentuk sebuah buku.

2. Berisi Kumpulan Cerpen

Berbeda dengan antologi jenis lainnya, antologi cerpen ini berisi kumpulan cerpen yang ditulis satu orang penulis atau lebih. Ada pun berikut ini merupakan ciri-ciri cerpen sebagai pembeda antologi cerpen dengan antologi pada karya sastra lainnya.

a. Ceritanya fiktif

Cerpen memiliki ciri yang pertama yakni berisi cerita fiktif atau rekaan yang mana tidak terjadi di dunia nyata dan hampir seluruh cerpen menceritakan kisah fiksi sehingga tidak benar-benar terjadi. Meski begitu, cerpen ditulis semirip mungkin dengan kejadian nyata.

b. Fokus pada satu cerita

Berbeda dengan cerita bersambung dan cerita lainnya, cerpen memiliki fokus pada satu jenis cerita saja. Ini membuat cerpen bisa dibaca sekali duduk dan disukai karena penyampaian ceritanya to the point dan tidak bertele-tele.

c. Penokohannya sederhana

Di dalam cerpen, penokohan yang diceritakan sederhana. Satu cerpen biasanya memiliki panjang kurang dari 10.000 kata sehingga di dalamnya tidak akan terlalu banyak tokoh yang disoroti di dalam cerita.

d. Jumlah kata pendek atau singkat

Seperti yang sudah disebutkan, cerpen biasanya memiliki panjang kurang dari 10.000. Idealnya, cerpen hanya memiliki panjang 300 – 500 kata saja. Namun bisa juga lebih panjang, tetapi tidak lebih dari 10.000 kata.

e. Habis dibaca sekali duduk

Dengan demikian, maka cerpen bisa habis dibaca sekali duduk sehingga tidak perlu waktu panjang dan berhari-hari untuk menyelesaikan cerpen tersebut.

Struktur Antologi Cerpen

Agar Anda bisa membuat atau menulis antologi cerpen, maka Anda harus memahami apa saja struktur yang ada di dalam antologi cerpen. Berikut merupakan struktur pada antologi cerpen.

1. Cover

Struktur pertama di dalam antologi cerpen adalah cover untuk buku antologi cerpen yang di dalamnya memuat judul buku antologi dan berbagai ilustrasi yang menggambarkan bagaimana isi di dalam buku tersebut.

2. Kata Pengantar

Di dalam antologi cerpen, dimuat kata pengantar yang berisi tentang rasa syukur dan ucapan terima kasih dari penulis serta beberapa kalimat penunjang lainnya yang digunakan oleh para penulis untuk mengantarkan pembaca membaca bagian buku selanjutnya.

3. Daftar Isi

Di dalam antologi cerpen terdapat daftar isi buku yang berisi petunjuk halaman bagi pembaca agar dapat mengetahui isi konten atau isi buku secara keseluruhan dan juga letak halaman yang ingin dicari.

4. Isi

Bagian paling penting adalah isi antologi cerpen yang berisi tentang kumpulan cerpen-cerpen pilihan dari satu atau lebih pengarang yang terkumpul di dalam buku antologi cerpen.

Contoh Antologi Cerpen

Di bawah ini merupakan beberapa contoh antologi cerpen yang ada di Indonesia.

1. Menyerah Bukan Pilihan (Kumpulan Cerpen MAN Kota Batu oleh Dwi Fitriawati, dkk)

2. Hanya Imajinasi (Kumpulan Cerpen oleh Naomi Lesmana)

3. Cerpen Pilihan Kompas 1994 – Lampor

4. Air Akar (Finalis Cerpen Kompetisi Menulis Tulis Nusantara 2012 oleh Tulis Nusantara)

5. Riwayat Negeri yang Haru (Cerpen Pilihan Kompas 1981)

6. Cerita dari Timur (Sebuah Antologi Cerpen oleh Citra Rizcha Maya, dkk)

7. Kumpulan Cerpen Bos Baru (Oleh Agung Vazza)

8. Antologi Cerpen Stop or Never

9. Antologi Cerita Anak Muslim di Mancanegara (Stories of Young)

10. Orang-orang Pinggiran

11. Cinta Tak Ada Mati (Oleh Eka Kurniawan)

12. 11:11 (Oleh Fiersa Besari)

13. Tukar Takdir (Oleh Valiant Budi)

Bagimana? apa kamu sudah memiliki beberapa cerpen yang kamu hasilkan sendiri? Jika iya kamu bisa menjadikan buku kumpulan cerpen atau antalogi cerpen seperti penjelasan diatas.

Nah waktu yang pas banget sekarang bukunesia sedang ada promo akhir tahun dimana kamu bisa nerbitin dengan diskon hingga 50% dan bonus gratis eksemplar 10. Baca lebih lanjut mengenai promonya

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis