Mudah, 3 Langkah Cara Membuat Novel di HP

Membuat Novel di HP

Cara membuat novel di HP – Ingin menjadi penulis novel tapi terkendala oleh sarana seperti laptop atau komputer? Di era teknologi canggih seperti sekarang, sarana yang tidak mendukung jangan dijadikan alasan. Masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan, yaitu menulis novel lewat HP.

Eh, sudah paham bahasa dalam novel kan? kalau belum, pahami dulu pada artikel khusus ini ya, tentang unsur kebahasaan novel.

Jadi, jangan jadikan keterbatasan sebagai alasan. Kamu tetap bisa menulis menggunakan sarana yang ada, misalnya HP Android.

Kamu pun bisa menulis dimana saja dan kapan saja tanpa terkendala oleh laptop atau komputer yang dari segi bentuk lebih besar. Lantas bagaimana cara membuat novel di HP? Sebelum kita ulas lebih lengkap, kamu harus tahu terlebih dahulu pentingnya menulis novel. 

Mengapa Menulis Novel Itu Penting

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat novel di hp, ada beberapa alasan penting dan manfaat. Jika kamu memiliki impian menjadi seorang penulis, itu bagus banget. Saat kamu menjadi seorang penulis, kamu tidak hanya menguntungkan diri kamu sendiri, tetapi bagi banyak keuntungan lain.

Diantaranya kamu memiliki keterampilan dasar menulis. Menulis adalah keterampilan dasar yang wajib dikuasai sedari kecil. Saat kecil, menulis yang diajarkan cukup bisa menuliskan huruf dan kata. Namun ketika kamu menjadi seorang penulis novel, kamu memiliki kepuasan tersendiri. 

Meskipun sekedar menulis, ternyata menulis novel juga dapat menjadi bukti sejarah atau menununjukan peradaban. Contoh, karya ananta toer yang berisi kritik dan menceritakan masyarakat pada kala itu.

Sejarah bisa jadi novel? Yups, bisa banget loh. Gimana caranya? kalian bisa lihat pada

Atau ada juga cerita centini yang mana cerita centini yang kita baca di era saat ini, terjemahan dari karya sastra di abad V-IX, yang mana cerita aslinya masih menggunakan bahasa sansekerta. Dari alur, cara penyampaiannya pun menjadi bukti pada masa-masa abad V-IX.

Adapun tujuan lain, selain memberikan manfaat bagi orang lain, juga dapat bertujuan sebagai sarana komunikasi, bukti keahlian, sarana untuk mengembangkan diri, menghasilkan uang, menyalurkan hobi, menjadi terkenal, meningkatkan konsentrasi dan masih banyak lagi yang akan kamu rasakan.

Cara Menulis Novel Dengan HP

Setelah mengintip seberapa penting dan manfaat membuat novel. Ternyata HP di jaman sekarang sudah tidak mau kalah dengan alat elektronik seperti laptop ataupun komputer. Sekarang bermodal HP kamu tetap bisa maksimalkan untuk menjadikan barang tersebut bermanfaat.

Baca juga: Tips Membuat Pembukaan Novel yang Menarik

Ada banyak aplikasi yang dapat di unduh secara gratis di google play store. Diantarannya beberapa aplikasi yang akan kita ulas. Penasaran, gimana cara membuat novel di HP lewat aplikasi yang ada? Langsung saja simak sebagai berikut.  

1. Dengan Aplikasi Note/Word

Setiap HP Android dapat memasang aplikasi note atau word. Dimana aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk menulis novel. Buat kamu yang belum pasang aplikasi ini, langsung intip caranya di bawah. 

1.1 Download Aplikasi Note/Word

Sebelum mendownload, pastikan jika memori HP Android kamu cukup. JIka memory full, kamu bisa membersihkan terlebih dulu. Berikut cara download 

  • Buku google play store 
  • Ketik di kolom pencarian, dan ketik note atau word 
  • Biasanya akan banyak pilihan, kamu bisa pilih yang kamu suka. 
  • Setelah berhasil di pilih, kamu bisa langsung klik Install. 
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.  Biasanya kamu akan diarahkan untuk login, kamu tinggal masukan saja login
  • Setelah itu aplikasi siap untuk digunakan 

1.2 Menulis Setiap Pertanyaan atau Menulis Per Bab

Setelah memasang aplikasi, cara membuat novel di hp selanjutnya adalah membuat kerangka atau membuat pertanyaan. Kumpulkan sebanyak mungkin pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan dicari jawabannya dan yang akan di kembangkan menjadi sebuah cerita. 

Saat membuat pertanyaan, kamu bisa menuliskan di kertas corat-coret, atau bisa juga langsung di lembar kerja aplikasi note. Setelah semua pertanyaan terjawab, kamu bisa menuliskannya dalam bentuk per bab.  Penulisan dari bab ke bab ini memudahkan penulis agar bisa menulis secara rapi dan terstruktur. 

1.3 Kumpulkan Part Yang Telah Ditulis

Cara membuat novel di hp barulah dilanjutkan dengan mengumpulkan bagian-bagian. Nah, ada bagian perkenalan tokoh, karakter. Nah dibagian inilah dibutuhkan pembukaan novel yang menarik. Kamu bisa baca di ulasan sebelumnya tentang “Contoh Pembukaan Novel”. 

Di bagian ini kamu bisa menuliskan semua daya imajinasi. Kelebihan menulis di HP adalah, kamu bisa menulis dimana saja saat ada waktu luang. Dari segi waktu, tentu saja lebih efektif dan efisien. 

1.4 Editing di PC/Laptop Supaya Detail

Cara membuat novel di hp yang terakhir, jika penulisan novel di HP dirasa sudah cukup. Maka butuh finishing. Nah, di bagian ini kamu bisa melakukan editing di PC atau laptop. Tujuannya agar lebih fokus, dan detail. 

Bagaimana jika tidak punya PC atau laptop? Kamu bisa tetap bisa melakukan editing. Hanya saja ada keterbatasan ruang. 

2. Menggunakan Blogger

Adapun cara membuat novel di HP dengan cara berbeda. Yaitu dengan cara menulis novel lewat blogger. Blogger adalah website gratis yang bisa kamu manfaatkan. Jika blog kamu mendapatkan pengunjung banyak dan mendapatkan pembaca banyak, kamu bisa mendapatkan uang lewat adsanse yang kamu pasang di blog tersebut loh. 

Semakin penasaran bukan gimana cara memiliki web blogger? Langsung saja berikut penjelasan lengkapnya. 

1.1 Buka Blogger.Com 

Cara membuat novel di hp dengan sarana blogger sangat mudah dilakukan. Kamu bisa langsung ketikan blogger.com. setelah itu kamu akan diarahkan untuk membuat blog baru. Kamu cukup klik “Buat blog baru”. nah, kamu akan diarahkan untuk membuat nama alamat blog.  

1.2 Buat Alamat Blog dan Nama Blog

Setelah masuk di halaman blogger.com kamu cukup mengikuti perintahnya. Yaitu perlu menuliskan alamat blog atau nama blog sesuai keinginanmu. Saat menentukan nama blog, pastikan nama adalah nama yang sekiranya banyak dicari orang dan meyakinkan. 

Karena banyak pembaca yang merasa ragu mengklik alamat blog kamu hanya karena dari segi nama kurang meyakinkan dan terkesan serampangan. Jika kamu sudah naik level bermain blogger, kamu bisa membelikan domain agar tidak menjadi blogspot, tetapi menjadi .com. Tujuannya untuk menjaga reputasi calon pembaca dan lebih terkesan bahwa kamu serius. 

1.3 Mulai Membuat Pos Baru (1 Pos 1 Bab)

Blog buatanmu sudah bisa digunakan. Kamu sudah bisa menuliskan novelnya. Sehari bisa menuliskan satu bab. Dari bab satu hingga bab selanjutnya. Awalnya tidak ada pembaca, namun tetaplah konsisten menulis. Karena setelah tiga bulan biasanya mulai terlihat pengunjungnya. 

1.4 Kumpulkan Beberapa Pos dan Jadikan 1 Buku

Jika sudah terkumpul banyak di blogger, dan kamu ingin membuatnya dalam sebuah buku. Kamu bisa satukan tulisan yang ada di blog dengan cara copy paste ke ms Words, dan lakukan editing. 

Proses editing dari aplikasi ke bentuk buku fisik itu berbeda. Setidaknya kamu harus mengedit dan memperhatikan sedetail mungkin. Karena pihak penerbit tidak akan menerima naskah yang asal-asalan. Penerbit akan menerima naskah yang benar-benar sudah rapi, baik, dari segi ide unik dan bisa dipahami oleh pembaca. 

1.5 Editing dan Tambah Ilustrasi

Di tahap editing kamu juga boleh menambahkan ilustrasi juga loh. Fungsinya agar tulisan menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Ilustrasi terbukti efektif menarik perhatian dan mengurangi rasa bosan bagi pembacanya. 

3. Menggunakan Aplikasi Penulis Novel

Cara membuat novel di HP masih ada rekomendasi lagi. Pernahkah kamu mendengar Wattpad? Fictum? Ternyata ada beberapa aplikasi yang khusus untuk menulis novel. Banyak penulis-penulis terkenal dan besar yang mengawali karir menulis novel dari sana loh. 

Aplikasi penulis novel paling umum dan paling banyak digunakan untuk saat ini ada wattpad. Namun ada beberapa aplikasi penulis novel lain, sebagai berikut. 

a. Wattpad

Wattpad adalah aplikasi yang sudah didirikan sejak 2006 yang lalu. Aplikasi ini banyak tidak hanya dimanfaatkan untuk menulis novel saja, tetapi juga untuk menulis cerpen, puisi. Jadi buat kamu yang ingin menjadi penulis dan ingin saling follow sesama penulis, bisa masuk ke aplikasi satu ini.

b. Fictum

Selain wattpad, ada platform menulis online lain yang disebut dengan fictum. Bisa dibilang cara bergabung ke fictum cukup ketat, tidak sebebas wattpad. Cara bergabung ke fiktucum seperti alur mengjukan naskah ke penerbit. 

Jadi kamu harus memiliki naskah minimal 5.000 kata. Kemudian kamu perlu mengirimkan ke email editor mereka. Selama 10-15 naskah kamu akan di cek dan seleksi. Jika lolos, kamu baru bisa bergabung ke aplikasi menulis novel online ini. Oh iya, masih ada satu lagi, di sini juga kamu akan mendapatkan kontrak juga loh.

c. Noveltoon

Berbeda lagi aplikasi noveltoon. Nah, aplikasi lebih mirip seperti dengan wattpad. Bedanya, jika wattpad kamu bisa menulis novel sekaligus bisa membaca karya orang lain. Sementara pada noveltoon hanya diperuntukan untuk membaca novel gratis. Dimana ada ratusan ribu karya yang karyanya bisa kamu baca secara secara gratis dan banyak berbagai macam genre. 

Tapi tenang, kamu juga bisa tetap menjadi bagian penulis di dalamnya. Menariknya dari aplikasi satu ii, author atau penulis berbakat akan mendapatkan pendapatan lewat hasil iklan. Selain dari iklan, kamu penulis juga bisa dapatkan uang berdasarkan reward dan banyak sedikitnya jumlah pembaca.

Ingin tau cara menulis di NovelToon? Yuk baca panduan lengkapnya di Cara Menulis Novel di NovelToon.

d. Storial.Co

Pernah dengar storial.co? Jadi strorial.co adalah penerbit buku yang kemudian memiliki portal online. Portal online inilah yang digunakan untuk mempublikasikan karya penulis secara online, agar pengguna online juga dapat menikmatinya. 

Tenang, setiap penulis akan mendapatkan royalti dari hasil karya yang ditulis dan karya yang dibaca secara online kok. Hanya saja buat yang ingin bergabung di sini, alurnya tidak semudah dan sebebas menggunakan wattpad. 

Itulah empat cara jenis aplikasi online menulis dan membaca novel. dari keempat rekomendasi di atas, aplikasi yang saya sarankan untuk pemula bisa menggunakan wattpad. Karena cara bergabungnya mudah. mulai dari penulis pemula hingga penulis professional ada di sana. Tidak ada ketentuan tulisan yang begitu berarti, sehingga kamu bisa belajar sambil eksplore di sana. 

Itulah cara membuat novel di hp. Semoga sedikit ulasan ini memberikan referensi, dan gambaran buat kamu untuk memulai menjalani karir sebagai penulis. Ingat, kunci keberhasilan dan kesuksesan terletak pada ketekunan, selalu bangkit dan menulis, dan menulis. (Irukawa Elisa)

Rangkuman Menulis dengan HP

Menulis novel di HP
Menulis novel di HP

Artikel Terkait

Bagikan Artikel ini

Facebook
Twitter
LinkedIn

Penulis